alt
Tips

5 Penyebab Motor Turun Mesin. Pahami Cara Merawat Onderdil Ini, Brads!

14 May 2023

Setuju nggak, kalau turun mesin jadi salah satu masalah yang bikin pusing para pengendara motor? 

Turun mesin adalah proses pelepasan mesin dari sasis kendaraan buat memperbaiki masalah yang terjadi. Biasanya sih, kalau motor udah harus turun mesin, kocek yang harus dikeluarin cukup besar, Brads!

Tanda-tanda motor turun mesin ini bisa dilihat dari performanya yang udah mulai hilang tenaga, suara mesin yang kasar disertai knalpot berasap putih dan pekat, bahkan sampai mogok. Sebenarnya turun mesin ini umum dialami motor-motor dengan usia pakai lebih dari 6 tahun atau yang jarak tempuhnya mencapai 60.000 km, sehingga perlu diganti. 

Tapi, usia pemakaian motor bukan jadi satu-satunya faktor. Beberapa hal ini juga bisa bikin motor lo turun mesin, Brads! 

1. Sering melewati jalan banjir

Saat menerobos banjir, air bisa masuk melalui filter udara yang bercampur dengan pelumas yang bikin turun mesin. 

Kalau air yang masuk cuma sedikit, efeknya memang nggak bakal langsung terasa, tapi perlahan, kualitas pelumasan bisa berkurang karena tercampur dengan air. Nggak cuma itu aja, komponen lainnya juga bisa baret, apalagi kalau airnya tercampur dengan debu yang bisa menyebabkan karat.

2. Jarang perawatan motor

Brads, seberapa sering lo servis motor ke bengkel resmi? Perawatan ini penting banget dan bukan sekadar ganti oli aja, tapi servis secara keseluruhan. Biasanya turun mesin terjadi kalau pengendaranya jarang atau malas servis motor. 

3. Terlambat mengganti oli

Peran pelumas atau oli cukup penting buat melumasi komponen mesin saat bergesekan sekaligus menjaga suhu kendaraan tetap stabil akibat panas berlebih dari gesekan antar komponen mesin tersebut. Namun seiring masa pemakaian motor, kemampuan pelumas sebagai pelindung komponen akan terus menurun, sehingga perlu diganti secara rutin. 

4. Modifikasi mesin berlebihan

Brads, beberapa modifikasi motor bisa bikin motor turun mesin, salah satunya bore-up yang biasanya buat ningkatin performa motor. Modifikasi bore-up yang cukup ekstrim dan sampai mengubah diameter piston dan klep ini memaksa bagian mesin untuk bekerja lebih keras dari standar pabrikannya. Ini yang bikin komponen jadi cepat aus. 

5. Jarang ganti air radiator

Keliatan sepele, tapi air radiator perannya cukup penting buat mendinginkan mesin saat bekerja. Makanya, air radiator harus selalu terisi karena kalau sampai habis bikin mesin cepat panas dan kalau udah overheating, mesin bisa ngejim. 

Perawatan Motor Biar Nggak Gampang Turun Mesin

Nggak mau kan motor sering mogok atau suaranya kasar? Ini dia yang bisa lo lakuin buat mencegah terjadinya turun mesin:

1. Perhatikan oli dan air radiator

Karena fungsinya cukup besar bagi motor, disarankan ganti oli mesin motor setiap 2 sampai 3 bulan pemakaian atau ketika sudah menempuh maksimal 3.000 km. Selain itu, air radiator juga harus selalu terisi, karena kalau sampai habis bisa bikin mesin cepat panas dan kalau udah overheating, bisa bikin mesin ngejim.

2. Hindari jalan banjir

Kalau rute yang lo lewati rawan banjir, mending cari alternatif jalan lain aja, Brads! Tapi kalau nggak ada jalan lain, dorong motor dalam kondisi motor dimatikan saat melewati jalan tersebut. Sebelum motor dinyalakan lagi, pastikan saluran udara bersih dari air, ya!

3. Rutin servis motor

Dengan servis motor secara berkala, kondisi motor jadi bisa dipantau. Jadi kalau ada komponen yang rusak atau perlu diganti, bisa ditangani dengan cepat. 

4. Hindari modif mesin yang berlebihan

Modifikasi motor emang bikin motor jadi lebih gagah dan berkharisma, tapi ingat, Brads, mengubah spesifikasi mesin berlebih juga bisa memperpendek usia komponen di dalam mesin.

Dalam mengendarai motor, kenyamanan dan keselamatan jadi hal utama. Oleh karena itu, jangan anggap sepele perawatan motor terutama bagian mesinnya. Karena kalau udah sampe turun mesin, biaya yang dikeluarin nggak sedikit, Brads!

Yuk, rawat onderdil ini dan hati-hati saat berkendara biar motor tetap aman dan nyaman digunakan. Dapetin tips-tips bermanfaat seputar perawatan onderdil motor dengan join di grup Facebook Suryanation Motorland Riders dan dapatkan juga informasi seputar acara-acara seru bersama komunitas motor se-Indonesia. 

 

 

 

Source:

https://momotor.id/news/tips-motor-turun-mesin#:~:text=Turun%20mesin%20pada%20motor%20bisa,melakukan%20perawatan%20berkala%20secara%20rutin.

https://www.gridoto.com/read/222460795/4-penyebab-motor-turun-mesin-salah-satunya-diakibatkan-kelalaian-pemilik-kendaraan

https://moladin.com/blog/mesin-motor/



 

ARTIKEL TERKAIT

...

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

...

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

...

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

...

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

...

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

...

Alasan Lo Harus Touring bareng Komunitas Motor Custom