alt
Tips

Biar Awet, Ini 5 Cara Merawat Spare Part Motor

10 January 2023

Sebagai pengguna dan pemilik motor, tentunya perlu mengetahui spare part kendaraannya atau biasa disebut dengan onderdil. Merawat motor dengan baik nggak cuma krusial buat keselamatan aja, brads, tapi juga bisa untuk menghemat uang karena jangka waktu pemakaian spare part yang awet. Selain itu, spare part yang berfungsi dengan baik karena dirawat bisa mengurangi risiko malfungsi yang bisa berujung kecelakaan fatal, brads. Berikut 5 cara merawat spare part motor supaya lebih awet. 

Rutin Memanaskan Mesin Motor

Memanaskan mesin motor secara rutin setiap pagi bisa menjadi salah satu cara untuk merawat spare part motor agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Cara ini berfungsi supaya oli dalam mesin dapat melumasi mesin lainnya sehingga performa mesin motor bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Memanaskan motor bisa dilakukan rutin setiap pagi minimal 5 sampai 10 menit. Jika motor lo mempunyai kick starter, sebaiknya saat memanaskan motor lebih baik menggunakan kick starter, karena jika menggunakan starter elektrik dapat mengurangi lebih banyak baterai motor tersebut. Jika lo rutin memanaskan motor, maka mesin motor akan tahan lama dan tetap bekerja.

Ganti Oli Secara Berkala

Brads, jangan lupa untuk selalu mengecek oli motor dan melakukan penggantian oli secara berkala ya, salah satu cara perawatan ini agar motor lebih awet dan tahan lama. Biasanya oli motor sudah perlu diganti di setiap 3000 sampai 5000 KM. Atau bisa memakai acuan dari kilometer harian, misalnya untuk pemakaian sekitar 20-50 kilometer sehari, penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap satu setengah bulan. Dan jika jarak tempuh di atas 50 kilometer dalam satu hari, sebaiknya ganti oli motor sebulan sekali.

Gunakan juga oli berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi motor kendaraan lo, brads, supaya spare part motor tetap terawat. 

Periksa Baterai Motor Secara Rutin

Baterai Motor juga merupakan salah satu spare part motor yang perlu diperiksa dan dirawat secara rutin, brads. Hal ini untuk mencegah terjadinya permasalahan atau bila ada kerusakan bisa segera diperbaiki. Pasalnya baterai motor sendiri berfungsi sebagai pemasok daya guna menghidupkan motor, aksesori listrik pada motor serta menjadi cadangan daya keperluan mesin.

Seperti pada lampu motor yang juga menjadi komponen penting dalam berkendara, dan lampu tersebut berputar dengan baterai. Jika lampu motor berfungsi dengan baik dan cahayanya terang, artinya baterai motor dalam keadaan maksimal.

Jangan Biarkan Bensin Kosong

Brads, saat melakukan perjalanan, jangan sampai membiarkan bensin motor lo kosong ya. Segera lakukan isi bahan bakar apabila indikator bensin mulai menuju ke posisi E. Hal ini bertujuan untuk menghindari keausan pada mesin motor, untuk menjaga spare part motor dan membuat motor mogok. 

Lakukan Servis Rutin di Bengkel

Supaya spare part motor tetap terjaga dan terawat, lo bisa rutin melakukan servis di bengkel, Brads. Servis secara berkala bisa dilakukan setidaknya setiap 3 bulan sekali agar motor lebih awet dan performa motor tetap terjaga. 

Nah, itu dia, Brads, cara-cara merawat spare part motor yang bisa lo lakukan untuk menjaga spare part motor. Dengan rutin melakukan perawatan tersebut, spare part dapat berfungsi dengan baik sehingga mengurangi risiko malfungsi yang bisa berujung kecelakaan fatal, Brads. 

Jangan lupa untuk join facebook group Suryanation Motorland Riders, brads! Karena di sana lo enggak hanya mendapatkan tips-tips bermanfaat tapi juga bisa ketemu komunitas-komunitas motor yang sering mengadakan acara-acara seru pastinya. 

ARTIKEL TERKAIT

...

Awas Kena Tilang! Hindari Modifikasi Motor yang Dilarang Ini!

...

Pilih Ban Custom yang Tepat dengan Aliran Modifikasi Lo

...

Mau makin keren? Saatnya Belajar Freestyle Motor bareng Komunitasmu

...

Check Hal-hal Yang Bakal Bikin Sunmori Kamu Makin Seru dan Aman

...

Jangan Ngaku Bikers Kalo Belum Nonton Film-Film Ini

...

Pasang Skid Plate Untuk Motor Dual Purpose