alt
Tips

Jangan Sampai Salah Pilih Oli Motor Matic

13 May 2023

Touring terutama yang menempuh jarak jauh pakai motor matic pasti butuh persiapan motor dengan kondisi prima. Itulah kenapa sebelum touring lo perlu memeriksa seluruh komponen motor demi kelancaran dan keselamatan selama touring.

Salah satu hal yang perlu lo pastikan adalah oli atau pelumas. Fungsi oli sangat penting sebagai pelapis permukaan komponen mesin biar nggak aus, jadi mesin juga nggak gampang rusak. Selain berfungsi sebagai pelumas agar mesin nggak gampang rusak, oli juga punya fungsi lain, di antaranya:

  • Pendingin mesin

Oli berfungsi untuk menjaga suhu mesin biar tetap stabil sehingga kinerjanya tetap optimal. Ini karena gesekan-gesekan dan proses pembakaran yang terjadi di dalam mesin bisa meningkatkan suhu mesin. Suhu yang terlalu tinggi bisa menyebabkan overheat yang bikin mesin rentan rusak dan nggak bisa bekerja secara normal. 

  • Pembersih mesin 

Nggak cuma meningkatkan suhu, gesekan-gesekan di dalam mesin juga menghasilkan serpihan-serpihan logam. Fungsi oli di sini bisa membersihkan serpihan tersebut, sehingga mesin tetap bersih dan kinerja mesin tetap berjalan optimal. 

  • Anti-karat 

Oli bisa menutupi permukaan metal komponen-komponen di dalam mesin dan mencegah proses oksidasi yang bisa menimbulkan karat.

 

Oli Motor Matic Berbeda dengan Manual 

Motor matic dan manual punya mesin yang berbeda, sehingga jenis oli yang dipakai pun berbeda. Oli motor manual disebut oli basah yang berfungsi untuk melumasi mesin sekaligus girboksnya. Sementara oli motor matic disebut dengan oli kering karena hanya bersirkulasi pada bagian mesin saja. 

Selain jenisnya, ada juga perbedaan antara oli motor manual dan matic juga dilihat dari segi kekentalan. Oli motor manual mempunyai kekentalan oli yang lebih tinggi dibanding motor matic. Ini karena oli motor manual akan bekerja lebih keras buat memastikan proses perpindahan gigi bisa dilakukan sesuai kondisi jalan. Sementara oli motor matic cenderung lebih encer, karena hanya melumasi bagian mesinnya aja.

Nah, buat ngebedain mana oli motor matic dan manual, bisa dilihat pada kode JASO  (Japanese Automotive Standards Association) yang ada di kemasannya. Kode JASO MA digunakan untuk motor manual, sementara kode JASO MB untuk motor matic. 

 

Tips Memilih Oli Motor Matic

Memilih oli buat motor matic nggak boleh sembarangan, Brads, terutama kalau motor sering dipakai buat touring. Pemilihan oli harus sesuai supaya bisa bekerja dengan maksimal. Ini dia persiapan memilih oli motor matic biar touring lancar anti mogok dan rusak di jalan. 

1. Cek kode kekentalan oli

Setiap kemasan produk oli terdapat kode SAE (Society of Automotive Engineering), yaitu tingkat viskositas atau kekentalan oli.

Sebagai contoh kita pakai kode SAE 10W-40. Angka sebelum huruf “W” atau winter adalah 10, yang menunjukkan tingkat kekentalan oli pada suhu dingin. Sedangkan angka di belakang, yaitu 40 menunjukkan tingkat kekentalan oli saat mesin sedang panas. Makin besar angka pada kode SAE, maka oli makin kental. Sebaliknya, makin kecil angkanya, maka oli makin encer.

Oli yang kental biasanya dapat diketahui dari suara mesin yang terdengar halus, tapi tarikannya lebih berat dan pemakaian bensin juga lebih boros. Sedangkan oli yang encer bisa melumaskan seluruh permukaan mesin dengan cepat, sehingga performanya jadi lebih bagus. Namun, oli encer ini cenderung lebih cepat menguap, terutama di cuaca panas.

2. Sesuai usia motor

Kemasan oli motor matic juga terdapat kode API (American Petroleum Institute), yaitu kode standar untuk menentukan mutu dan kualitasnya. Kode API ditandai dengan huruf “S” yang disusun berdasarkan urutan abjad. Contohnya SN untuk tahun 2010 ke atas, SM untuk tahun 2010 ke bawah, SL untuk tahun 2004 ke bawah, dan SJ untuk tahun 2001 ke bawah. Makin tinggi huruf abjadnya, maka kualitasnya juga makin bagus, Brads!

3. Volume oli sesuai mesin

Pilih volume produk oli sesuai dengan mesin motor matic biar nggak ada sisa oli yang terbuang. Misalnya buat motor dengan kapasitas mesin 150 cc cukup gunakan oli dengan volume 800 ml.

Touring pakai motor memang menyenangkan, tapi juga butuh banyak persiapan. Selain persiapan diri, lo juga perlu mempersiapkan motor supaya dalam kondisi baik, salah satunya oli. Cek kondisi oli sebelum berangkat, apakah udah waktunya ganti atau masih cukup. Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan oli harus sesuai untuk menghindari masalah pada mesin motor matic selama perjalanan. 

Kalau semua dalam kondisi baik, touring juga lebih aman dan nyaman. Saatnya touring bareng temen-temen atau komunitas. Lo juga bisa jadi bagian dari komunitas Suryanation Motorland dan temuin bikers di seluruh Indonesia dengan join grup Facebook Suryanation Motorland Riders.

 

 

 

Source:

https://www.mobil123.com/berita/rekomendasi-oli-motor-matic-untuk-perjalanan-jarak-jauh-juni-2022/65956

https://www.gridoto.com/read/221613624/cara-memilih-oli-mesin-motor-matic-terbaik-perhatikan-kode-ini

https://www.motorplus-online.com/read/253448712/tips-memilih-oli-motor-matic-perhatikan-kode-spesifikasinya

https://automotive.evalube.com/articles/ukuran-kekentalan-oli-motor-matic/

https://www.otosia.com/motor/read/5246396/segini-harga-motor-custom-cafe-racer-tinggal-pakai-dan-tak-perlu-nambah-perintilan

ARTIKEL TERKAIT

...

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

...

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

...

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

...

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

...

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

...

Alasan Lo Harus Touring bareng Komunitas Motor Custom