alt
Tips

Komunitas Motor Terbesar juga Punya Kegiatan yang Inspiratif

28 April 2023

Brads, masih suka dapet komentar dari orang sekitar terkait kegiatan lo sebagai anggota komunitas motor? 

Realitanya, komunitas motor yang jumlah anggotanya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan, masih sering mendapat stigma buruk dari sebagian masyarakat. Kegiatan perkumpulan seperti ini biasanya dianggap buang-buang waktu, mengganggu pengguna jalan lainnya, hingga pemicu keributan.

Namun, kalau ditelusuri lebih jauh lagi, kegiatan utama komunitas motor adalah touring ke berbagai tempat. Contoh lain kalau di komunitas motor custom biasanya antar anggotanya saling sharing pengetahuan soal motor custom bahkan sampai belajar bisnis.

Dari sini, kita bisa tau kalau komunitas motor itu nggak cuma ngumpul-ngumpul di jalan doang, tapi punya banyak kegiatan positif dan inspiratif kayak beberapa contoh ini:

1. Touring

Touring itu pasti jadi agenda rutin yang dilakukan oleh komunitas motor. Bertualang menelusuri berbagai tempat dengan komunitas emang punya sensasi tersendiri yang menyenangkan. Menyatu dengan alam dan menikmati udara yang sejuk, angin, hingga sinar matahari pastinya bikin touring serasa refreshing. 

Nggak cuma itu aja, touring juga bisa membentuk dan meningkatkan solidaritas antar anggota komunitas, karena selama kegiatan berlangsung pasti ada momen buat bertukar pendapat sampai menyelesaikan masalah yang bisa jadi muncul selama perjalanan. 

Lebih dari itu, komunitas motor juga bisa menemukan hidden gem yang belum banyak terekspos, sehingga menarik banyak orang buat datang yang nantinya bisa mengangkat potensi wisata di wilayah tersebut. 

 

2. Sarana belajar tentang motor

Di komunitas motor custom, lo bisa ketemu banyak orang dan bisa saling tukar pikiran, saling memperlihatkan motor custom, dan berbagi informasi soal motor custom buat jadi bahan referensi lo. 

3. Menyalurkan hobi

Kita semua tau kalau hobi itu bisa jadi sarana buat melepas stres dan me-refresh pikiran dari penatnya kegiatan sehari-hari.

Selain touring dan melakukan custom motor, para anggota yang tergabung juga mempererat silaturahminya dengan melakukan hobi bareng, mulai dari otomotif, olahraga, dan lain sebagainya. 

4. Kegiatan sosial

Anak komunitas dikenal dengan kepekaan dan jiwa sosialnya yang tinggi, karena mereka udah biasa saling membantu antar-anggota. Banyak komunitas motor yang melakukan kegiatan sosial atau bakti sosial sebagai wujud dari kepedulian terhadap sesama manusia yang membutuhkan. Kegiatan sosial ini biasa dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti bersih-bersih lingkungan, memberikan santunan ke panti asuhan, membantu korban bencana alam, dan lain sebagainya. Kegiatan yang tulus ini pastinya memberikan banyak manfaat dan kebahagiaan bagi mereka.
 

5. Pelopor keselamatan berkendara 

Keselamatan berkendara jadi pedoman penting yang perlu bikers dan komunitas motor pegang. Karena sering touring, banyak komunitas yang mengikuti pelatihan keselamatan berkendara atau safety riding dari pelatih bersertifikat untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan. Kegiatan ini nantinya nggak cuma bisa diaplikasikan buat diri sendiri, tapi juga masyarakat dalam hal ketertiban berlalu lintas.

6. Saling berbagi informasi

Komunikasi antar-anggota komunitas dikenal sangat baik yang nggak cuma di lingkup wilayahnya aja, tapi juga seluruh Indonesia. Biasanya mereka tergabung ke dalam grup yang menjadi sarana berbagi informasi, mulai dari informasi seputar motor, touring, spare part, hingga berita pencurian motor.

8. Mengadakan event 

 

Selain touring, komunitas motor juga punya agenda lain yang rutin diadakan, misalnya hari jadi, perlombaan, maupun event lainnya yang dijalankan setiap periode tertentu. 

Nggak cuma kumpul di jalan atau touring aja, komunitas motor dan juga komunitas motor custom punya banyak kegiatan positif yang bermanfaat buat anggotanya sendiri maupun masyarakat.

Nah, buat lo yang tertarik gabung ke komunitas motor custom, lo bisa lihat motor custom Suryanation Iconic Bike di sini buat mencari berbagai inspirasi seputar motor custom yang udah ada sejak 2015. Banyak juga rangkaian event yang digelar setiap tahunnya dalam ajang Custom Bike Contest buat mengapresiasi motor custom karya builder Indonesia. Yuk, jadi salah satu bagiannya!

Source:

https://blog.eigeradventure.com/kegiatan-positif-komunitas-motor/

https://zonabikers.com/5-kegiatan-positif-komunitas-motor-yang-perlu-diketahui/

https://id.motor1.com/features/465122/kegiatan-positif-komunitas-motor/

https://kumparan.com/info-otomotif/kegiatan-anak-motor-dari-kopdar-hingga-touring-1xNmxZjWyfo/full

https://www.gilamotor.com/2021/12/3-agenda-wajib-komunitas-motor-yang-harus-dijalankan/



 

ARTIKEL TERKAIT

...

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

...

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

...

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

...

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

...

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

...

Alasan Lo Harus Touring bareng Komunitas Motor Custom