alt
Tips

Motor Custom untuk Pemula

29 April 2023

Tren motor custom makin menggeliat dalam beberapa tahun belakangan di kalangan pecinta motor dan otomotif. Kontes motor custom dan gathering pecinta motor custom juga udah banyak diselenggarakan. Selain buat kontes, motor custom juga udah banyak dipakai buat sehari-hari. Di kota-kota besar seperti Jakarta, motor-motor custom ini udah cukup sering ditemui. 

Buat lo yang masih pemula dan pengen custom motor yang bisa sekalian dipakai buat menunjang mobilitas, emang nggak bisa bebas pilih style sesuai yang lo mau. Hal ini karena nggak semua motor custom bikin pengendaranya nyaman. Sementara motor custom yang akan dipakai sehari-hari disarankan yang mengedepankan faktor kenyamanan, terlebih kalau lo tinggal di Jakarta dengan kondisi lalu lintas yang cenderung padat. Dalam hal ini, style motor custom yang cocok dipakai buat harian adalah Jap Style, Scrambler, dan Brat Style yang punya basis sama, yaitu dari segi kenyamanan.

 

1. Jap Style yang cocok buat lalu lintas Jakarta

Buat lo yang tinggal di kota besar kayak Jakarta, aliran Jap Style bisa jadi pilihan yang pas. Ukuran ban yang besar dan punya rangka yang lebih pendek ini bikin posisi berkendara lebih nyaman. Ciri khas motor Jap Style adalah tangkinya yang semi-trail dan pakai jok tunggal dengan posisi yang lebih rendah dari tangki. Menariknya, lo nggak perlu ngeluarin budget yang banyak buat bangun motor custom ini, karena harganya cukup terjangkau dan prosesnya tergolong cepat. 

 

2. Scrambler yang fleksibel di jalan aspal dan non-aspal

Walaupun motor Scrambler mirip dengan Cafe Racer, tapi dari sisi kenyamanan, aliran ini lebih unggul. Scrambler memang dibuat untuk pemakaian di jalanan aspal dan non-aspal, jadi cocok banget buat lo yang tinggal di kota, tapi sering melipir ke daerah pedesaan. 

3. Style buat si petualang

Brat Style sekilas juga mirip dengan Cafe Racer. Bedanya, Brat Style mempunyai jok yang lebih datar dan panjang yang lebih cocok dipakai sehari-hari, serta bisa digunakan untuk boncengan. Motor ini juga enak buat dipake touring, jadi bikin lo tetap nyaman saat bertualang.

Motor Custom yang Nggak Rekomen untuk Dipakai Harian

Kalau tiga aliran di atas cocok buat dipakai harian, ada satu aliran yang justru nggak direkomendasikan, yaitu Cafe Racer. Walaupun banyak digandrungi bikers muda, tapi Cafe Racer nggak disarankan buat pemakaian harian. Alasan yang pertama dari sisi desain. Motor ini punya sumbu roda belakang yang lebih pendek dari ukuran aslinya, jadi lebih mudah terkena cipratan saat melewati genangan. 

Kedua, motor ini bikin posisi berkendara jadi lebih membungkuk, sehingga kurang nyaman. Emang, sih, konsepnya seperti motor balap, tapi kalau dipakai di jalanan Jakarta yang macet, pasti bikin sakit pinggang. 

Punya motor custom itu emang bikin berkendara jadi lebih percaya diri dengan tampilan motor yang beda dari biasanya. Namun, kenyamanan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan terlebih jika motor custom tersebut bakal dipakai buat sehari-hari. Pastiin lo pilih style motor custom yang sesuai sehingga nggak mengganggu kenyamanan lo dalam berkendara dan beraktivitas sehari-hari. Nggak mau kan lagi kerja sambil pegal-pegal karena naik motor yang nggak sesuai?

 

Buat lo yang pengen tau lebih jauh soal motor custom, lo bisa cek di sini buat liat motor custom hasil kolaborasi Suryanation Motorland dengan para builder terbaik di Indonesia. 

 

Source: 

https://oto.detik.com/modifikasi-motor/d-4221966/apa-tipe-motor-custom-yang-asyik-buat-harian

https://www.liputan6.com/otomotif/read/2443300/dua-gaya-modifikasi-sepeda-motor-yang-nyaman-buat-harian

https://kumparan.com/kumparanoto/hindari-modif-motor-gaya-cafe-racer-untuk-harian-bisa-sakit-pinggang/full

https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/muhammad-imam-birawa-1/jenis-jenis-motor-custom-mana-yang-cocok-dengan-karaktermu 

ARTIKEL TERKAIT

...

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

...

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

...

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

...

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

...

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

...

Alasan Lo Harus Touring bareng Komunitas Motor Custom