alt
Tips

Panduan buat Pemula yang Ingin Merakit Motor Custom

01 September 2023

Perkembangan dunia otomotif sekarang ini udah makin pesat, nggak terkecuali motor custom. Banyak penggemar otomotif yang mulai melakukan custom untuk kendaraannya. Budaya custom ini dikenal dengan istilah kerennya Custom Culture. 

Meng-custom artinya membuat tampilan motor jadi berbeda dari tampilan standar pabrikan, yaitu diubah sesuai dengan karakter si pemilik kendaraan. Pastinya, membangun motor custom dari awal ini nggak gampang. Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum proses pengubahan dilakukan.

Berikut ini adalah panduan buat lo yang masih pemula dalam membangun motor custom sesuai yang lo inginkan: 

1. Cari referensi

Jangan buru-buru buat langsung meng-custom motor, cari referensi sebanyak mungkin, lihat trennya, dan banyakin diskusi dengan temen-temen lo yang punya hobi serupa. Kalau sudah mendapat referensi, jangan lupakan karakter yang pengen lo tampilkan dalam konsep desainnya. 

Sebagai pemula, yang harus lo tau adalah tetap menjaga keseimbangan antara estetika, kreativitas, fungsionalitas, dan efektivitas biayanya.

 

2. Tentukan bahan dan aliran custom

Mulai tentuin motor apa yang mau lo gunakan sebagai basis motor custom. Apakah memilih motor dengan kapasitas mesin yang kecil, yaitu di kisaran 150–250cc atau motor dengan kapasitas yang besar, yaitu 400–1000cc. Selain menyiapkan mesin, di tahap ini lo juga bisa menyiapkan komponen lainnya,  seperti rangka, tangki, roda, jok, dan lain sebagainya. 

Tentuin juga aliran atau style motor custom lo, Brads! Entah itu cafe racer, chopper, tracker, atau lainnya. Balik lagi, jangan cuma ikutan tren, tapi juga sesuaikan dengan selera biar bisa ekspresikan diri lo secara maksimal. 

 

3. Desain dan Detail 

Poin plus dalam membangun motor custom adalah lo juga bisa bikin sketsa motor sesuai keinginan lo dan tinggal disampaikan ke builder. Atau kalau enggak pun, nanti builder yang bakalan bikinin desainnya. Selain itu, lo juga bisa memilih komponen atau aksesori apa yang mau lo pasang di motor beserta model dan mereknya. Buat lo yang masih pemula, jangan ragu buat minta referensi dari builder, ya! 

 

4. Dimensi motor 

Dimensi motor ini berkaitan dengan postur tubuh atau kondisi fisik lo, Brads. Jangan sampai lo memilih dimensi motor yang lebih besar dibandingkan badan ataupun sebaliknya. Selain itu, perhatiin juga ketinggian motornya, ya!

 

5. Progress

Tahap eksekusi baru bisa dimulai begitu semua tahapan di atas udah disepakati oleh lo dan builder. Walaupun tahap ini udah jadi bagiannya builder, jangan sampai lepas tangan begitu aja, tetap kontrol perkembangan custom motor lo. 

Menjadikan desain atau konsep orang lain sebagai sumber inspirasi adalah sah-sah saja, tetapi inovasi akan menghadirkan perbedaan.

Bagi sebagian orang, memiliki motor custom adalah sebuah kebanggaan. Bisa dibilang, motor ini adalah identitas lo saat sedang berkendara di jalan. Buat lo yang masih pemula dan tertarik buat membangun motor custom lo sendiri, jangan lupa buat memahami panduan di atas, ya! Jangan lupa buat memperhitungkan dan mempertimbangkan segalanya. Nggak cuma konsep dan desainnya, tapi juga dari sisi fungsional dan budget. Pastikan biaya membangun motor lo nggak sampai over budget.

Biar referensi lo makin banyak, lo juga bisa kunjungi Suryanation Iconic Bike buat dapetin inspirasi motor custom dan motor-motor unik lainnya hasil kolaborasi Suryanation Motorland yang dibangun oleh para builder terbaik di Indonesia. 


 

Source: 

https://otomotif.kompas.com/read/2019/04/05/074200415/begini-langkah-yang-benar-bangun-motor-custom

https://kabarbintaro.com/tips-jika-ingin-membangun-motor-custom/

https://www.rmolsumsel.id/mau-bangun-motor-custom-ini-langkah-dan-tipsnya 

ARTIKEL TERKAIT

...

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

...

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

...

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

...

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

...

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

...

Alasan Lo Harus Touring bareng Komunitas Motor Custom