alt
Tips

Persiapan Motor Matic untuk Touring

12 May 2023

Sejak pandemi, kegiatan touring emang nggak sering diadakan. Namun sekarang, touring udah banyak diagendakan lagi oleh para bikers maupun komunitas motor seiring dengan kasus pandemi yang sudah mulai menurun cukup signifikan di Indonesia dan di berbagai negara lain. 

Namun, masih banyak yang menganggap kalau touring enaknya pakai motor sport. Padahal, nggak semua orang punya motor sport atau moge. Motor matic yang saat ini merajai hampir seluruh jalanan di Indonesia juga bisa banget buat dibawa touring. Kayak 7 motor matic berikut ini, nih, Brads! Dijamin touring nggak kalah nyaman dan menyenangkan! 
 

1. Vario 125/150cc

Motor matic keluaran honda ini nggak cuma enak dipakai sehari-hari aja, tapi juga buat touring. Kedua varian Honda ini dinilai lebih hemat bahan bakar dan punya bagasi yang luas, yaitu sebesar 18 liter. Pastinya bakal lebih aman buat nyimpen barang yang dibawa saat touring. 

 

2. Yamaha X-Ride

Motor matic produksi dari Yamaha ini cocok buat di segala medan dan bisa melaju dengan kecepatan tinggi di jalan bergelombang maupun aspal. Selain itu, mesin Yamaha X-Ride ini cukup tangguh dan udah menggunakan bahan bakar injeksi yang hemat. Motor ini cukup bertenaga dan layak buat dibawa touring jarak jauh dengan posisi stang motor yang bikin pengendara jadi lebih gampang mengendalikan motor.

 

3. Yamaha FreeGo

Si paling laris manis, nih,Brads!

Ada 2 fitur yang bikin Yamaha FreeGO asik dibawa touring, pertama, kapasitas bagasi yang luas, yaitu sampai 25 liter. Kedua, terdapat fitur smart key atau keyless yang bikin motor matic ini terasa premium.

Walaupun mesinnya 125cc, tapi motor matic ini enak banget buat diajak ngebut. Motor ini juga dilengkapi dengan teknologi blue core yang bikin pembakaran motor jadi makin irit.

 

4. Yamaha NMax

Yamaha Nmax jadi salah satu motor matic berukuran jumbo yang rekomen buat diajak touring jarak jauh, karena kenyamanannya dan mesinnya yang baik. Dengan kapasitas mesinnya yang mencapai 155 cc ini, bikin Yamaha Nmax lebih unggul dibanding motor lain di kelasnya. 

 

5. Honda PCX 150


Honda PCX 150 juga nggak kalah enak buat dipakai touring. Posisi stang kemudi yang pas dan mesinnya yang hemat BBM serta halus, bikin motor matic ini cocok buat lo yang pengen touring dengan dana minimalis.

 

6. Honda ADV 150

Dengan body-nya yang jumbo dan jenjang, Honda ADV 150 juga nyaman banget buat touring, terutama jarak jauh. Motor ini memiliki ground clearance yang baik, sehingga bikin lebih aman saat berkendara di medan sulit tanpa khawatir motor tersangkut di jalan berlubang maupun bebatuan.

 

7. Yamaha XMAX 250

Perjalanan touring lo dijamin jadi lebih nyaman karena nggak langsung terkena terpaan angin kencang dari depan dengan pelindung windshield di bagian depan Yamaha Xmax 250, motor ini juga dilengkapi dengan jok yang lebar dan empuk yang bikin berkendara jadi lebih nyaman dan anti pegal. 

 

Persiapan sebelum Touring Pakai Motor Matic

Touring pakai motor matic memang nggak ada salahnya, tapi motor matic di atas punya performa yang nggak kalah bagus yang bikin aktivitas touring jadi lebih nyaman. Sama kayak touring dengan motor lain pada umumnya, touring butuh persiapan ekstra, terutama memastikan kondisi motor layak dibawa touring tanpa adanya kerusakan satupun. Lo juga perlu membawa barang maupun aksesori yang bisa menunjang kemudahan dan kenyamanan saat berkendara, seperti hand guard dan phone holder, serta tool kit atau peralatan motor untuk mengantisipasi terjadinya masalah pada motor selama touring. 

Buat lo yang lagi cari alternatif motor matic yang enak diajak touring, 7 motor di atas bisa jadi pilihan. Biar touring makin asik, lo juga bisa touring bareng komunitas Suryanation Motorland, Brads!

 

Source:

https://www.suara.com/otomotif/2022/06/09/170000/5-motor-matic-paling-nyaman-untuk-jarak-jauh-cocok-untuk-touring-ini-sederet-pilihannya

https://hai.grid.id/read/073121023/nggak-kalah-nyaman-sama-motor-gede-5-motor-matic-ini-pun-enak-buat-touring 


 

ARTIKEL TERKAIT

...

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

...

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

...

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

...

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

...

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

...

Alasan Lo Harus Touring bareng Komunitas Motor Custom