alt
Tips

Tips Menjaga Jok Custom

28 April 2023

Motor custom adalah motor yang mengalami perombakan sedemikian rupa sesuai style yang dipilih, tak terkecuali perombakan di bagian jok. Mengubah jok bawaan dengan jok custom kerap jadi pilihan para bikers biar tampilan motor jadi makin kece. Bahkan banyak yang menggunakan beberapa kombinasi warna dan material buat dapetin pola jok yang diinginkan. 

Custom jok itu boleh aja, asal tetap memperhatikan aspek kenyamanan dan keamanannya, Brads, biar nggak cuma keliatan estetik aja. Namun, gimana pun bentuk custom jok motor lo, pastinya jok tersebut harus dirawat biar nggak gampang rusak.

Nggak mau kan udah cakep-cakep modif jok, tapi malah nggak awet?

Ini, nih, tips yang bisa lo terapkan biar tampilan dan fungsi jok custom lo tetap keren dan terawat: 

 

1. Rutin bersihkan jok custom

Biasanya jok dibersihkan berbarengan saat mencuci motor secara keseluruhan. Nggak usah nunggu motor dicuci dulu. Langsung bersihkan jok motor setelah terkena hujan maupun saat terkena noda membandel, biar nggak meninggalkan bekas di kulit jok. Noda yang didiamkan terlalu lama ini bisa jadi susah bahkan nggak bisa dihilangkan.

Selain itu, jangan pakai sabun sembarangan pas ngebersihin jok motor. Pakai cairan seat cleaner yang bisa dibeli secara online maupun offline di toko peralatan rumah tangga. 

2. Gunakan lap

Jangan pakai sikat yang kasar buat membersihkan jok motor custom karena bisa merusak tekstur jok. Lebih baik pakai kain lap microfiber buat bersihin seluruh permukaannya.

3. Sabun bayi untuk menjaga kelenturan jok

Selain pakai seat cleaner, lo juga bisa pakai sabun bayi buat bersihin jok motor. Sabun bayi juga berfungsi buat menjaga kelenturan jok motor, Brads! Perlu lo ingat juga bahwa kelenturan kulit jok bikin jok terasa empuk. Kalau udah kaku, jok pasti bakal terasa lebih keras dan gampang sobek. Cara lain buat menjaga jok juga bisa dengan menambah cairan pengkilap dan pelindung bahan jok biar nggak gampang kusam. 

4. Lindungi jok dari hujan dan sinar matahari langsung

Usahain parkir motor di tempat yang teduh, yaitu yang nggak kena panas atau hujan secara langsung. Ini karena jok, terutama yang berbahan kulit, cukup sensitif dengan kondisi cuaca. Kalau terpaksa harus memarkir motor di tempat yang terbuka, lo bisa pakai cover jok motor biar jok tetap terlindungi dan awet.  

5. Perhatikan barang bawaan

Barang bawaan juga penting buat menjaga keawetan jok motor custom. Pastiin barang bawaan terutama yang ditaruh di atas jok nggak kotor, basah, atau memiliki sudut yang tajam biar nggak merusak jok. Biar lebih aman, lo bisa alasi jok dengan kardus atau terpal saat harus bawa barang di atas jok motor. Pastiin juga muatan yang lo bawa beratnya nggak berlebih biar jok nggak gampang menipis. 

Setuju nggak, kalau tampilan jok selalu bersih dan terawat bakal menambah nilai estetika motor lo, Brads? Namun, tetap perlu diingat baik-baik, ya. Selain estetika, kenyamanan dan keamanan saat berkendara juga penting, karena fungsi jok sendiri adalah untuk menopang badan. Sehingga faktor kenyamanan perlu diperhatikan biar badan nggak gampang capek saat berkendara.

Buat lo yang baru pengen custom jok, lo bisa minta pembuatnya untuk melapisi jok dengan bahan plastik biar nggak gampang rembes terkena air, terutama kalau custom jok motor lo banyak pakai jahitan. 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa lo lakuin buat merawat jok motor yang di-custom. Kira-kira lo udah ngelakuin itu semua belum? Yuk, lihat juga inspirasi custom jok dan motor-motor unik hasil kolaborasi Suryanation Motorland yang dibangun oleh para builder terbaik di Indonesia di sini.

 

Source:

https://www.gridoto.com/read/222583549/supaya-awet-begini-cara-merawat-jok-motor-custom-di-musim-hujan

https://oto.detik.com/tips-and-tricks-motor/d-4620995/nih-caranya-biar-jok-motor-yang-dijahit-tak-gampang-rembes

https://moladin.com/blog/tips-merawat-jok-motor-biar-tetap-empuk-dan-awet/

https://moladin.com/blog/tips-merawat-jok-motor-biar-tetap-empuk-dan-awet/ 


 

ARTIKEL TERKAIT

...

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

...

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

...

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

...

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

...

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

...

Alasan Lo Harus Touring bareng Komunitas Motor Custom