Suryanation MotorLand | Gudang Garam

Akhir Perjalanan Inspiratif Suryanation

Motorland di USA

09 April 2020

 


Petualangan Tim Suryanation Motorland di USA akhirnya selesai dengan sukses dan lancar. Dari petualangan ini kami merasa mendapatkan banyak pengalaman dan inspirasi berharga selaku pecinta motor custom. Rangkaian acara yang dilalui sangat menginspirasi dan memberikan banyak pengetahuan baru bagi segenap partisipan SML Ride To USA. Amerika menjadi pilihan yang tepat perjalanan kita kali ini, karena perkembangan dunia motor custom di sana yang sudah sangat maju. Mulai dari antusiasme tinggi dari penduduknya terhadap motor custom sampai pada suatu fakta bahwa negara ini memproduksi motor ternama yang menjadi salah satu pelopor budaya custom bernama Harley-Davidson. Hal ini mendorong perkembangan dunia motor custom di Amerika Serikat. Pada petualangan kita di Amerika, museum produsen motor ini menjadi destinasi pertama bagi Tim Suryanation Motorland. Di kota Milwaukee kita mempelajari seluk-beluk Motor hingga perjalanan Harley-Davidson dalam mencapai kesuksesannya saat ini. Selain terkenal dengan motornya yang bermesin besar atau yang di Indonesia akrab disebut "moge", Harley-Davison juga terkenal dekat dengan budaya motor custom. Budaya custom melekat pada motor ini sejak lama hingga akhirnya menjadi identitas kuat bagi Harley-Davidson. Saking melekatnya identitas ini, Harley-davidson mendedikasikan satu bagian dari museum ini dengan nama "Custom Culture" untuk memamerkan kultur custom populer yang berkembang pada motor ini. Setelah kunjungan ke Harley-Davidson, kita seharusnya dijadwalkan untuk menghadiri event Mama Tried Motorcycle Show 2020 yang memang jadi tujuan utama kita pergi ke Amerika Serikat. Sayang dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang kurang kondusif, acara tersebut harus diundur. Namun, hal itu tidak memadamkan antusiasme Tim Suryanation Motorland. Sebagai salah satu tenant pengisi acara kita tetap hadir dan motor-motor yang kita bawa tetap loading-in ke acara tersebut. Bertemu dengan builder-builder lain, di sana kita saling berbincang dan berdiskusi. Apresiasi juga ditunjukan pada karya-karya builder Indonesia bahkan dari co-founder Mama Tried Show, Scott Johnson. "Saya suka dengan gaya custom motor-motor dari builder Indonesia yang ada di sini. Terlihat pengerjaan yang dilakukan sangat rapi dan memiliki teknik finishing yang baik," ujar Scott.

Banyaknya permintaan akan modifikasi motor di negara ini membuka lebar peluang bagi para builder dan garage untuk menjalankan bisnisnya. Persaingan ketat membawa para builder dan garage untuk berlomba-lomba meningkatkan kualitas masing-masing. Hal ini lah yang menghidupkan kultur motor custom Amerika. Banyaknya builder-builder ternama dengan gaya dan kualitas yang baik membuat kita merasa wajib untuk mengunjungi mereka. Garage visit akhirnya diputuskan untuk menjadi salah satu rangkaian acara kita dalam petualangan ini. Garage yang kita kunjungi juga tidak sembarangan, semua berdasarkan hasil kurasi yang kita anggap terbaik. Mulai dari legenda motor custom Arlen Ness di California, Mooneyes Company, Chopper's Dave, Chabott Engineering, Sampai Powerplant Motorcycle benar-benar memberikan pengalaman inspiratif bagi Tim Suryanation Motorland. Tidak hanya diperlihatkan karya-karyanya para owner garage ini juga menagajak kita berkeliling sambil berbincang-bincang tentang pengalaman mereka di dunia motor custom.


Petualangan kita di Amerika selama lebih dari sepekan tersebut memberikan banyak sekali pengalaman dan juga wawasan baru bagi Budi Kurniawan, pemenang Suryanation Motorland Battle Medan, Lufti Ardika, pemenang Suryanation Motorland Battle Surabaya dan juga Komang Gede Santana, pemenang Committee Pick Suryanation Motorland 2019 yang ikut dalam perjalanan kali ini.
"Tujuan dari perjalanan kali ini adalah memberikan kesempatan bagi builder Indonesia untuk melihat secara langsung perkembangan dunia custom di Amerika Serikat yang merupakan salah satu kiblat dunia custom Internasional. Beberapa lokasi dan juga builder yang kami temui di sana menerima kami dengan sangat terbuka dan tidak enggan berbagi kisah pengalaman mereka hingga menjadi sukses seperti sekarang," ujar Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee. Sejak awal hadir, Suryanation Motorland punya misi untuk memajukan custom scene di Indonesia. Salah satunya dengan menghadiri event internasional seperti ini. Akhirnya di penghujung acara, kita melakukan touring motor epik di kota Los Angeles yang dipimpin oleh Bucek dan rombongan Suryanation Motorland pulang lebih cepat ke Jakarta karena alasan keamanan. Jangan lewatkan inspirasi dan keseruan lain dari Suryanation Motorland Brads! Kalian bisa cek Instagram kita di @suryanation_motorland atau youtube resmi kita di Official Suryanation Motorland dan website resmi http://suryanation.id/suryanationmotorland. Show Your Pride!!