alt
Tips

Awas! Jaga Setang Motor Agar Tetap Stabil

14 September 2022

Kestabilan motor sangat dipengaruhi kondisi setang. Apabila setang motor goyang, maka akan menganggu kenyamanan berkendara dan bersiko membahayakan keselamatan kita, lho, Brads! Untuk itulah kita harus segera memperbaiki setang motor yang goyang sehingga berkendara menjadi lebih aman dan stabil melewati berbagai medan jalan.

Secara umum, Brads pasti menduga bahwa setang motor goyang biasanya dikarenakan motor pernah jatuh atau mengalami kecelakaan selama berkendara. Ternyata motor yang pernah jatuh atau mengalami kecelakaan bukanlah satu-satunya penyebab dari setang motor goyang, lho! Terdapat berbagai penyebab dari setang motor kita yang goyang. Itulah mengapa kita perlu mengetahui penyebabnya.

Setelah kita tau penyebabnya, tentunya kita dapat menghindari hal-hal tersebut agar berkendara terasa lebih aman. Nah, berikut hal-hal yang wajib Brads perhatikan ketika setang motor mulai goyang, ya!

 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Setang Motor Goyang

1. Cek kondisi velg

Brads harus mengecek kondisi velg, karena velg merupakan komponen yang berhubungan langsung dengan jalan. Biasanya masalah utama tidak stabilnya motor saat dikendarai berasal dari velg yang bengkok. Velg yang bengkok ini biasanya terjadi karena pengendara terlalu sering menghantam lubang yang dalam. Velg yang bengkok dapat mempengaruhi handling dan kenyamanan.

2. Periksa komstir

Komstir adalah salah satu komponen motor yang berada di antara setang dan bagian roda motor. Brads dapat memeriksa komstir yang ada di sumbu antara segitiga garpu depan. Komstir ini merupakan perangkat penting dalam pengendalian motor. Salah satu tanda ketika komstir mengalami kerusakan adalah setang terasa berat atau bergetar saat berada di kecepatan tinggi.

3. Cek garpu penghubung setang dan shockbreaker

Pada motor biasanya terdapat segitiga yang menghubungkan antara setang dan shcokbreaker. Jika dibuka, terdapat garpu yang ada di kanan dan kiri. Ketidaksejajaran antar garpu inilah yang menyebabkan setang terasa goyang.

4. Cek laher roda

Laher roda atau bearing pada roda ini berada tepat pada bagian tengah roda yang bertugas untuk menerima beban dari putaran ban. Periksalah laher roda yang terdapat di tengah roda bagian depan, biasanya jika laher bermasalah maka ban depan terasa seperti goyang. Inilah kenapa ketika laher mengalami kerusakan, maka motor menjadi tidak stabil. Gak heran banyak yang menduga bahwa masalah ada pada setang motor.

 

Tips Mencegah Kerusakan pada Setang Motor

Nah, jika Brads sudah mengetahui penyebab-penyebab setang motor goyang seperti di atas, Brads kini dapat menghindari masalah-masalah di atas dengan melakukan hal-hal berikut ini:

1. Sebisa mungkin hindari lubang di jalanan

Seperti yang diketahui, terlalu sering menghantam lubang yang terlalu dalam dapat mengakibatkan kerusakan pada beberapa komponen motor, lho! Tidak hanya velg, melainkan juga komstir, leher roda, dan garpu penghubung.

Selain itu, menghantam lubang terlalu dalam ini juga dapat mempertinggi risiko Brads jatuh saat berkendara. Duh, tentunya Brads gak mau hal ini terjadi kan!

2. Pelan-pelan saat melewati polisi tidur

Menghantam polisi tidur atau tidak memperlambat laju kendaraan ternyata akan berakibat terhadap kerusakan pada laher roda juga, lho, Brads! Melakukan speed trap atau menghantam polisi tidur dengan kecepatan tinggi akan mengakibatkan terjadinya suspensi pada bagian ban, sehingga laher pada roda akan mengalami kerusakan. Itulah kenapa setelah menghantam polisi tidur, biasanya motor menjadi lebih goyang.

3. Gunakan aksesoris stabilizer stang

Stabilizer stang adalah sebuah aksesoris motor yang berfungsi meredam getaran yang terjadi pada setang motor. Kehadiran aksesoris ini akan membuat setang motor menjadi lebih stabil ketika berkendara dalam kecepatan yang tinggi.

4. Servis secara berkala

Hal yang tidak boleh Brads lupakan adalah untuk melakukan servis secara berkala. Manfaat dari servis berkala ini tidak hanya dapat membantu Brads mengetahui komponen-komponen motor apa saja yang rusak, tapi juga dapat mencegah kerusakan pada motor Brads. Jangan sampai, ya, Brads hanya servis motor ketika mengalami kerusakan!

 

Nah, ternyata kestabilan setang motor dapat kita hindari kan! Jangan lupa untuk ikuti tips-tips menghindari kerusakkan pada setang motor di atas agar berkendara lebih aman, ya, Brads!

ARTIKEL TERKAIT

...

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

...

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

...

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

...

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

...

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

...

Alasan Lo Harus Touring bareng Komunitas Motor Custom