Suryanation MotorLand | Gudang Garam

Berikut Ini Beberapa Alat

dan Cara Untuk Custom Helm Sendiri

17 November 2020

 

Halo Brads! Seiring dengan semakin berkembangnya zaman, helm untuk anak-anak motor ini semakin bervariasi karena munculnya helm custom dengan beragam desain. Kalian juga bisa banget punya custom helm sendiri loh Brads, apalagi sekarang banyak banget jasa layanan custom helm dengan desain terbaik.

Selain berfungsi sebagai pelindung kepala, ternyata helm juga sudah termasuk ke dalam bidang fashion yang mempunyai pasarnya sendiri. Semakin keren motif dan model helm, maka akan semakin pede juga orang yang memakainya. Jadi, gak heran kalau pasarnya helm custom saat ini juga ikut dan terus berkembang pesat. Pokoknya, kalian bisa banget deh mengkreasikan helm custom sesuai keinginan kalian.

Bentuk-bentuk helm ini bisa disesuaikan lagi dengan tujuan kalian saat touring Brads. Karena rute touring itu gak melulu soal medan yang terjal dan berliku. Tapi jalanan di perkotaan atau pedesaan juga bisa jadi pilihan. Nah, kalo udah gitu artinya kalian harus bikin custom helm sendiri yang memang khusus dibuat untuk perjalanan touring tersebut.

Alat, Bahan, dan Cara Membuat Helm Custom Sendiri

(Sumber gambar: Naikmotor.com)

Kalian bisa bikin custom helm yang keren sesuai dengan keinginan dan memilih corak dan warna yang cocok sama kepribadian kalian. Desain custom helm ini, juga bisa jadi bentuk ekspresi diri dan kreatifitas kalian Brads. Jati diri kalian juga bisa kalian tuangkan dari bentuk atau corak warna dan desain custom helm kalian.

Contohnya, buat kalian yang punya kepribadian hangat, suka bergaul, dan ceria, kalian bisa bikin desain yang mengandung unsur warna kuning. Kuning identik sama kesan ceria, bahagia, dan hangat. Kalian bisa pakai warna ini di desain helm yang kalian bikin. Seru banget ya Brads!

Nah, jika kalian ingin membuat helm custom sendiri, ada beberapa hal yang diperlukan seperti alat dan bahannya Brads. Berikut ini alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat helm custom sederhana:

Helm
Pilox beraneka warna, dengan warna yang bisa disesuaikan dengan selera.
Isolasi kertas
Amplas kasar dan halus.
Koran.
Spidol permanen aneka warna yang bisa kalian sesuaikan dengan selera (untuk referensi, kalian bisa pakai merk Uni Posca, Toyo Tire, atau Snowman Permanent)
Air.
Obeng plus.
Skotlet.
Gunting.
Topi helm.

Beberapa alat dan bahan ini sifatnya relatif ya Brads. Bisa semuanya dipake atau bisa juga disesuaikan dengan model, motif, dan corak helm yang kalian bikin. Intinya, kalian bebas berkreasi dan memanfaatkan bahan dan warna yang ada di sekitar kalian. Cara custom helm juga terbilang gampang Brads, inilah beberapa langkah yang harus kalian tempuh:

1. Melepaskan Bagian Dalam Helm dan Mengamplas Helm


(Sumber gambar: Tempo.co)

Awali proses dengan melepas bagian dalam helm atau busa yang ada di dalamnya, jangan lupa lepas juga bagian kaca helm menggunakan obeng. Setelah helm nggak ada busa dan kacanya, pakai amplas kasar buat mengamplas helmnya. Kalian harus telaten karena proses ini memakan waktu cukup lama ya Brads. Terus amplas helm kira-kira sampai bagian cat di helm itu hilang.  Setelah warnanya hilang, pakai amplas halus untuk memperhalus permukaan helm. Kalau  sudah, cuci helm sampai bersih dan keringkan.

2. Mulai Menutup Bagian Dalam Helm


(Sumber gambar: Facebook.com)

Setelah helm kering, kalian bisa mulai menutup bagian dalam helm pakai koran dan juga isolasi. Pastikan nggak ada bagian yang terlewat ya Brads, biar catnya nggak sampai kena bagian dalam helm.

3. Pilox Helm dengan Warna Putih


(Sumber gambar: Gridoto.com)

Setelah itu pakai pilox warna putih buat dasar warna helm, aplikasikan secara perlahan dan merata. Jangan lupa ulangi beberapa kali sampai hasilnya kelihatan halus. Lalu, tunggu sekitar 3 jam sampai helm benar-benar kering ya Brads.  Kalau sudah kering, tutupi bagian samping helm (tempat dipasangnya kaca) menggunakan skotlet.

4. Mulai Kreasikan Helm


(Sumber gambar:Event Suryanation)

Setelah itu mulai kreasikan helm seperti yang kalian inginkan menggunakan pilox aneka warna dan bisa dikombinasikan dengan spidol permanen berbagai warna.

5. Finishing, Pasang Kaca Helm, dan Selesai!


(Sumber gambar: Kumparan.com)

Kalau sudah, aplikasikan pilox clear atau bening untuk finishing supaya helm custom kalian lebih mengkilap. Kemudian tunggu sampai helm benar-benar kering. Terakhir, pasang lagi busa helm di bagian dalam helm, topi helm, dan kaca helm. Voila! helm custom kalian sudah selesai Brads! Gampang kan?

Nah, itu dia informasi tentang custom helm sendiri dan beberapa peralatan yang kalian butuhkan. Coba kreasikan ide kalian di masing-masing di helm kalian ya Brads.

Selamat mencoba!