BUILDER MOTOR CUSTOM ASAL BELANDA YANG PASSIONATE

BUILDER MOTOR CUSTOM ASAL
BELANDA YANG PASSIONATE

01 December 2020

 

Ironwood Motorcycles adalah bengkel custom bike yang ada di Belanda, dan didirikan oleh builder motor custom bernama Arjan Van Den Boom tahun 2012. Bengkel ini fokus pada modifikasi, dan juga membangun motor untuk segala model.


Memang motor-motor karya Arjan ini sulit sekali ditebak. Kadang dia bermain café racer atau scrambler yang simpel dan klasik, tapi terkadang dia bisa juga bermain mengejutkan dengan streetfighter yang sporty dan futuristic.




Tim Suryanation Motorland Committee bersama para pemenang pada tahun 2018 lalu sempat berjumpa dengan Ajan Van Den Boom. Dalam perjalanan keliling Eropa ini, Tim Committee Suryanation Motorland sekaligus menyambangi garagenya ironwood Motorcycle yang berlokasi di kota Almere beberapa kilometer dari Amsterdam, Belanda.



“Setelah punya SIM pertama kali, saya jadi senang naik motor super sports bikinan Jepang. Menikung rebah sampai lutut mengenai aspal jadi mainan baru saya, baik di jalan raya maupun trek balap. Tapi setelah beberapa kali alami kecelakaan, dan salah satunya hampir mencelakakan hidup saya, akhirnya tahun 2012 itu, saya putuskan putar haluan ke custom motor,” buka Arjan yang mulai demen bongkar-bongkar moped dan skuter sejak umur 15 tahun.


Kebetulan tahun 2012 itu, budaya custom culture semakin digemari di Eropa. “Saya langsung suka dengan motor-motor custom, art, fashion dan gaya hidupnya,” lanjut Arjan yang akhirnya berhasil merampungkan project pertamanya Honda CB550 1979 bratstyle tahun 2013.




Sebenarnya Arjan punya kesempatan berkarir di industri otomotif. Dia sempat bekerja untuk VANMOOF, perusahaan sepeda di Belanda selama 8 tahun. Bahkan sekarang ini, Arjan menjadi project leader untuk sebuah manufaktur OEM turbocharger, yang mengharuskannya melakukan meeting dengan banyak orang di Amerika maupun Asia. 


“Tapi saya merasa duduk seharian di depan laptop kurang menantang. Kepala saya terus bekerja, tapi tangan saya tidak bisa melakukan apa-apa…” ungkap Arjan.

Dari sinilah Arjan merasa perlu membebaskan kreativitas dalam dirinya. Untuk itu, dia selalu meluangkan waktu beberapa jam setelah bekerja untuk melakukan hal yang disukainya, memperbaiki, meng-custom dan bahkan mambangun ulang motor lawas. 


Hal itulah yang dilakukannya sampai sekarang. “Saya bukan yang terbesar atau terbaik. Saya hanya mencoba membuat karya seni. Tapi dengan cepatnya fan base saya di Instagram hingga 40K followers, sepertinya saya sekarang masuk lima besar bengkel terbesar di Belanda,” senyum Arjan yang kini telah menjadi langganan pabrikan untuk custom project, terutama BMW.




Baginya, motor custom memiliki nilai yang lebih dibandingkan motor dalam keadaan standart. Ia juga berpendapat jika custom proses merupakan pekerjaan mengubah besi tua menjadi emas! Arjan van den Boom berprinsip kalau setiap motor garapannya harus memiliki desain dan karakter yang unik untuk membedakan dirinya dengan builder lainnya.


Sebagai pria yang berani hidup dengan passion, Arjan adalah sosok yang tepat untuk dijadikan sumber inspirasi. Tak heran jika tim Committee Suryanation Motorland pernah mengunjungi bengkelnya pada tahun 2018 lalu, untuk melihat dari dekat, bagaimana Arjan Van Den Boom mewujudkan mimpi-mimpinya. (*)