Builder Motor Custom Konsisten Di Jalur Dual Purpose

Builder Motor Custom Konsisten
Di Jalur Dual Purpose

11 January 2021

 

Tidak banyak custom garage yang berani mengambil spesialisasi motor dual purpose. Pasalnya,  segmen ini lebih mementingkan performa motor, dan skill berkendara; ketimbang estetika atau gaya.

Ditambah lagi, populasi motor dual purpose di Indonesia tak terlalu banyak karena memang pabrikan yang bermain di segmen ini tidak banyak.

Adalah Ritto Joeliando, builder asal Payakumbuh, Sumatera Barat yang buka bengkel custom di Jakarta, dan dikenal sebagai spesialis motor custom dual purpose.

“Awalnya itu bengkel milik keluarga bareng Abang sama sepupu. Iseng-iseng aja sih kita bikin motor di garasi rumah. Kalau enggak salah itu sekitar tahun 2009. Tapi waktu itu kita sudah main motor dual purpose, seperti KLX diubah jadi enduro gitu,” buka pria yang lebih akrab disapa Otir ini.




Otir sendiri mengaku lebih memilih motor dual purpose karena kebetulan hobi main off-road. Baru kemudian Otir bener-bener punya bengkel di Lebak Bulus awal 2016, dan hobi ini coba ditekuni menjadi profesi.

“Waktu itu kebanyakan bikin motor kayak model scrambler gitu. Kerjasama tukang bikin pagar untuk bikin rangkanya,” senyum Otir yang sekarang sudah punya dua partner yang membantunya dalam bidang yang berbeda.

Seringkali Otir mengaku pengin merambah ke segmen lain, chopper, misalnya yang lebih banyak peminatnya, sehingga tentu saja menghasilkan lebih banyak uang. Tapi niat ini diurungkan. “Ya, cuma sekali-kali aja bikin chopper, entar balik lagi,” kata Otir yang coba konsisten.




Konsitensi ini mulai menunjukkan hasil positif ketika budaya custom semakin berkembang menjadi gaya hidup. Pelan tapi pasti, kegiatan riding ke medan off-road atau trabasan dengan menggunakan motor custom semakin diminati. Begitu pula fun race seperti dirt track atau flat track yang juga kian diminati.


Dan Otir pun semakin yakin kalau konsistensinya bakal berbuah manis. Dari situlah niat Otir membesarkan nama bengkel, Knuckle Whack Job semakin kuat. “Bahkan kemudian saya tambahkan nama menjadi Knuckle Whack Job Custom Religion,” serius Otir.