Cara-cara Menyetel Kopling Motor Sendiri

Cara-cara Menyetel Kopling Motor
Sendiri

20 January 2021

 

Brads buat kalian yang punya motor manual pakai kopling, sudah tahu belum cara setelnya sendiri? Menyetel kopling motor itu hal yang relatif mudah, tetapi walaupun begitu jika salah setel bisa gak enak nanti feeling berkendaranya. Terus bisa gak masuk juga dengan gaya riding kalian sama kondisi lalu lintas yang dihadapi. Jadinya malah pegal deh tangan kita, Brads!


Sepeda motor kopling walaupun mulai tergerus populasinya di pasaran dengan serbuan matic masih memiliki penggemarnya sendiri. Biasanya kopling itu hadir di jenis motor sport atau naked bike. Umumnya karakter mesin dengan kopling itu, antara bertenaga atau torsi melimpah Brads tergantung jenis motornya.

Nah mereka yang memilih motor kopling biasanya ingin merasakan ciri khas dari motor tersebut. Soalnya kita sendiri yang mengontrol output tenaga mesin. Nah itu merupakan fungsi kopling motor Brads untuk mengatur keluaran tenaga dari mesin, sebelum disalurkan ke roda belakang.            


Fungsi Kopling Pada Motor


Brads tau gak setiap motor itu datang dengan kopling di transmisinya, bahkan sampai motor matik. Tetapi jenis koplingnya sendiri berbeda-beda walaupun memiliki fungsi yang sama. Yaitu, menjadi penghubung dan penyalur tenaga dari mesin ke transmisi hingga roda belakang.

Kopling motor sendiri terbagi dalam tiga jenis Brads, ada yang basah, kering dan sentrifugal. Nah, kopling sentrifugal ini yang sering ditemui di motor matic. Kalau kopling basah dan kering hadir di motor manual. perbedaan antara kopling basah dan kering itu terjadi di proses kerjanya, ada yang terendam oli dan tidak.

Kalau di motor kopling manual, kalian sendiri harus tahu jenis apa yang diadopsi oleh motor kalian. Soalnya ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe kopling itu Brads. Kopling basah umumnya sering digunakan oleh pabrikan motor di Indonesia. Soalnya relatif bersuara lebih halus dan lebih maintenance free dari pada tipe kering.

Hal itu karena, kopling basah direndam oli sehingga gesekan yang terjadi dengan antara plat dengan transmisi lebih halus. Tetapi efek sampingnya bisa terjadi slip kopling yang menyebabkan tenaga tidak tersalurkan maksimal ke roda.


Nah, fenomena demikian gak ada di kopling kering, karena plat langsung terhubung dengan transmisi. Sehingga tenaga yang dikeluarkan lebih raw serta banjir torsi. Tetapi downside-nya adalah kopling perlu dibersihkan secara berkala debunya, dan memiliki masa pakai sampai kampas kopling habis.


Cara Setel Kopling Sendiri Agar Nyaman Berkendara


Setelah mengerti cara kerja dan karakteristik kopling motor, tinggal tahu cara setel yang pasnya aja nih Brads. Buat setel kopling sendiri kalian harus sesuaikan dulu dengan gaya berkendara sama kondisi lalu lintas yang sering dilewati. Kalau salah setel bisa pegal-pegal nanti tangan kirinya!

Terus bukan cuma itu, kopling motor yang salah setting-nya bisa bikin bensin jadi lebih boros sama kopling selip lho. Hal pertama yang jadi pertimbangan adalah gaya riding kalian, kalau cenderung responsif dan butuh tenaga cepat, setelan kopling yang terlalu panjang gak cocok Brads. Begitu juga sebaliknya, kalau kalian prefer cruising santai setelan terlalu pendek malah bikin tangan cepat pegal.


Kondisi lalu lintas juga begitu kalau trek harian yang sering dilewati sering macet dan padat, mending setting kopling yang pas, gak terlalu pendek dan panjang. Supaya gak sering-sering tahan setengah kopling waktu merayap.

Nah, untuk menyetel kopling motor kalian tinggal menyiapkan beberapa alat Brads. Harus ada kunci ring 12 dan obeng min, kalau berbeda sesuaikan dengan motor masing-masing ya. Terus pastikan juga jarak bebas tuas kopling antara satu sampai dua centimeter dari ujung.


Langkah pertama adalah melonggarkan pengunci kopling di bagian handle. Berikutnya kalian tinggal memutar baut pengatur kopling sambil sesekali menarik tuas kopling untuk mengetahui jaraknya. Setelah mendapat settingan yang cocok di tangan, kencangkan kembali pengunci tuas kopling biar gak berubah.


Kalau masih belum pas juga, kalian bisa coba atur dari posisi baut yang dekat bak kopling. Caranya sama, longgarkan pengunci kopling, terus atur baut di kabel kopling sesuaikan dengan tuas kopling. Setelah beres kencangkan kembali baut penguncinya.


Mudah kan Brads menyetel kopling motor, ingat jangan sampai terlalu pendek soalnya bisa bikin perpindahan gigi menjadi keras. Kalau terlalu jauh juga bisa bikin kopling slip.