Cara Memilih Sabun Cuci Agar Cat Motor Tidak Kusam

Cara Memilih Sabun Cuci
Agar Cat Motor Tidak Kusam

07 January 2021

 

Warna cat motor yang kusam memang gak enak buat dipandang, Brads! Bawaannya si motor jadi gak segar dan kurang menarik. Apalagi kalau mau dibawa morning ride jadi gak pede karena warna cat yang kusam. Karena pemakaian warna cat motor bisa menjadi kusam lama-lama, apalagi kalau sering dijemur di bawah matahari, kena air hujan dan debu.


Biasanya cuci motor jadi jalan keluar untuk menghilangkan segala kotoran yang menempel pada body. Kita bisa jadwalkan agenda cuci motor dari satu sampai dua minggu sekali. Setelah dicuci pasti motor lebih segar dan siap dibawa jalan-jalan Brads.


Eits, tapi jangan salah juga kalau aktivitas cuci motor itu bisa jadi salah satu sebab cat motor kusam, lho. Jadi bukan hanya dari lingkungan, penggunaan sabun atau shampo motor yang tidak sesuai dengan spesifikasi bisa menyebabkan kusam atau malah membuat cat menjadi pudar. Apalagi kalau motor kalian warna putih, bisa-bisa malah yellowing, Brads!


Salah Satu Penyebab Cat Motor Kusam Adalah Salah Memilih Sabun


Kegiatan cuci motor memang wajib bagi kita Brads, biar motor tetap siap dipakai dan sedap dipandang. Apalagi kalau sudah digunakan hingga berminggu-minggu, kotoran dan debu pasti menumpuk di sepeda motor. Jadinya motor kelihatan kusam dan gak terurus.


Entah dengan mencuci motor sendiri atau membawanya ke tempat pencucian, proses cuci motor pasti gak bisa lepas dari sabun yang digunakan. Ternyata Brads, sabun yang dipakai buat cuci motor itu bisa berpengaruh sama kondisi cat dari bodi motor kita. Kalau sabun yang digunakan tidak sesuai, bisa jadi malah cat motor menjadi kusam.


Pemilihan sabun untuk mencuci motor harus dipertimbangkan dengan cermat Brads. Walaupun bisa saja pakai sabun colek dan hasilnya memang bersih tetapi dalam jangka panjang bisa memperburuk kondisi cat. Karena itu pilihlah sabun khusus untuk mencuci motor, harganya yang relatif lebih mahal sebanding dengan hasil cucinya.


Penggunaan sabun khusus cuci motor juga ternyata bisa membuat bodi motor kita kusam Brads. Karena sabun cuci yang beredar di pasaran memiliki nilai Ph yang bervariasi, bisa asam (di bawah tujuh) atau basa (di atas tujuh). Ketidaktahuan kita soal kandungan Ph ini bisa membuat kusam, kalau tidak sesuai dengan spesifikasi cat motor kita. Opsi tengahnya kita bisa memilih sabun dengan nilai Ph tujuh atau netral.


Pilih Sabun dengan Nilai ph 7 atau Netral


Karena kandungan Ph dalam sabun bisa mempengaruhi cat motor kita maka, sebelum membeli kita harus liat lagi komposisi dan kandungan dalam sabun motor Brads. Jangan sampai menggunakan sabun dengan Ph yang asam, karena cairan dengan Ph asam bersifat korosif, apalagi terhadap lapisan pernis atau clear coat yang menempel di cat motor.


Kalau lapisan pernis sudah habis terkikis, maka yang selanjutnya terpapar kondisi lingkungan langsung yaitu, si cat motor. Karena sudah tidak ada lapisan yang melindungi lagi, sinar matahari, debu dan air hujan bisa langsung merusak cat motor kita Brads. Apalagi biasanya air hujan bersifat asam.


Selain itu, apabila kotoran yang menempel kita lap dengan sembarangan bisa langsung menggores cat, sehingga muncul baret halus pada bodi motor. Buat menghindari hal tersebut gunakan sabun khusus untuk mencuci motor Brads.


Karena fungsinya khusus, pasti produsen sudah melakukan riset dan pengembangan buat produknya sehingga aman digunakan untuk motor. Bukan hanya berfungsi untuk membersihkan kotoran, biasanya sabun cuci motor sudah dilengkapi dengan wax dan Ph netral, yang berfungsi juga untuk merawat lapisan cat dan pernis di body motor.


Terus juga kalian harus pilih jenis sabun yang sesuai dengan cat motor Brads, Kalau misalnya motor kalian pakai cat jenis doff, lebih baik jangan gunakan sabun yang mengandung wax. Soalnya hasil setelah dicuci nanti motor malah terlihat mengkilap. Jadinya, malah gak nyambung dengan karakter catnya Brads, motor doff kok malah mengkilap.


Jadi Brads, jangan salah pilih sabun lagi kalau mau cuci motor. Bisa-bisa malah cat motor kusam yang muncul, bukan motor yang bersih dan menawan.