Cara Merawat Knalpot Motor Agar Pembuangan Optimal

Cara Merawat Knalpot Motor
Agar Pembuangan Optimal

14 January 2021

 

Brads, merawat setiap bagian motor itu tidak boleh setengah-setengah, ya. Apalagi jika itu adalah motor yang digunakan untuk berkendara sehari-hari. Seperti knalpot, nih, Brads. Bagian ini terbuat dari bahan yang rentan karatan atau keropos. Makanya, penting bagi Brads untuk merawat knalpot motor agar tetap awet.


Brads pasti sudah tahu kan bahwa knalpot memiliki peran yang sangat penting pada sepeda motor. Jika tidak ada knalpot, mungkin hal pertama kali dirasakan adalah kebisingan pada suara mesin. Akibatnya, lingkungan sekitar bisa terganggu dan mesin motor bisa rusak. Selain itu, dari sisi tampilan, motor tanpa knalpot akan terlihat aneh.

Nah, biar Brads gak kelupaan, yuk disimak penjelasan mengenai peran penting knalpot motor di bawah ini:


Peran Penting Knalpot


1. Meredam suara pembakaran pada mesin

Banyak proses yang terjadi di dalam mesin ketika mulai dinyalakan. Salah satunya adalah proses pembakaran. Ketika proses pembakaran terjadi, akan ada letupan-letupan yang keluar dari mesin motor milik Brads. Di sinilah knalpot berperan meredam bunyi tersebut agar tidak mengeluarkan suara yang gaduh nantinya.


2. Mengurangi polusi udara

Hasil dari proses pembakaran di dalam mesin tidak hanya suara yang bising, namun satu hal lagi yang harus Brads ketahui adalah mesin akan mengeluarkan udara yang tidak sehat ketika proses pembakaran terjadi. Knalpot akan menyaring udara tersebut, alhasil polusi udara tidak terjadi lagi.


3. Memperindah tampilan motor

Pernah, gak sih, Brads membayangkan sepeda motor diproduksi tanpa knalpot? Tentu saja akan mengurangi keindahan tampilan motor milik Brads. Nah, makanya produsen knalpot memproduksi banyak pilihan knalpot untuk menambah daya tarik pada sepeda motor.

Setelah mengetahui fungsi penting dari knalpot, sudah seharusnya Brads mulai memperhatikan kondisi knalpot motor. Karena, knalpot rentan terkena karatan atau keropos. Caranya tidak hanya melalui perawatan rutin, tetapi Brads harus menghindari penyebab knalpot motor menjadi karatan. Biar lebih jelas lagi, yuk simak penyebab knalpot motor menjadi karatan melalui penjelasan di bawah ini:


Penyebab Knalpot Karatan


1. Terkena air hujan

Air hujan adalah penyebab utama knalpot motor kesayangan Brads terkena karatan. Apalagi di saat musim hujan seperti ini. Kebanyakan dari pengendara motor, lupa membersihkan kembali sepeda motor dengan air setelah terkena air hujan. Alhasil, bagian leher knalpot akan menimbulkan karat yang mengganggu performa dan tampilan motor Brads nantinya.


2. Tidak pernah dibersihkan

Seberapa sering, sih, Brads mencuci sepeda motor? Tidak ada yang salah dengan mencuci motor. Malahan, hal tersebut baik untuk motor dengan penggunaan rutin setiap harinya. Tekstur dan bentuk jalan yang akan ditemui tidak bisa diprediksi. Brads bisa saja menemukan jalanan dengan genangan air ataupun kering. Genangan air sekecil apapun apabila mengenai bagian knalpot motor akan menyebabkan karatan juga, lho. Untuk itu, secara berkala bersihkan motor kesayangan Brads dengan baik, ya.


3. Usia knalpot

Ternyata salah satu penyebab knalpot karatan adalah usia pemakaian yang telah bertahun-tahun. Memang, karatan disebabkan oleh umur pemakaian tidak dapat dihindari, namun dengan melakukan perawatan yang baik, semakin lama kemungkinan knalpot motor akan terkena karat. Nah untuk itu Brads perlu mengetahui cara merawat knalpot motor agar lebih awet.


Cara Merawat Knalpot Motor Agar Lebih Awet


1. Membersihkan lubang buang knalpot

Membersihkan lubang buang silincer knalpot secara berkala wajib untuk dilakukan. Setidaknya, Brads perlu melakukannya sekitar 2 bulan sekali secara rutin. Biasanya bahan yang digunakan untuk membersihkan lubang buang ini menggunakan oli. Fungsinya mencegah terjadi kebocoran dan keropos pada leher knalpot. Brads dapat melakukan ini dirumah sendiri tanpa memakan waktu yang lama.


2. Memanaskan motor tidak terlalu lama

Memanaskan motor sebenarnya sangat baik untuk performa mesin. Namun, jangan lakukan hal ini terlalu lama ya Brads. Dampak yang bisa terjadi yaitu knalpot akan menjadi karatan dan keropos. Jika ingin knalpot awet cukup lakukan pemanasan mesin selama 1-2 menit saja.


3. Selalu periksa kebocoran pada knalpot

Paking pada knalpot sangat rentan bocor akibat usia pemakaian. Untuk itu Brads cukup melakukan pengecekan secara rutin. Apabila ada baut yang kendor cukup eratkan saja, jika memang harus diganti, maka lakukanlah penggantian baut agar performa knalpot tetap bagus.


Jadi seperti itu Brads, mengetahui peran dan cara merawat knalpot motor itu sangat penting bagi pengendara motor. Kondisi yang terjadi akibat kelalaian merawat knalpot dapat merugikan banyak hal nantinya. Tetap rawat knalpot motor kesayangannya, ya, Brads!