Fungsi dan Perbedaan Antara Handguard dengan Lever Guard

Fungsi dan Perbedaan Antara
Handguard dengan Lever Guard

07 January 2021

 

Riding aman adalah kunci dari perjalanan yang menyenangkan Brads, tapi bukan hanya cara mengemudi yang safety, perangkat kendaraan juga harus mendukung. Misalnya kayak piranti handguard motor yang biasanya terpasang di ujung setang. Nah Brads, tau gak sih fungsi utama dari handguard ini apa?  

Handguard sendiri sekarang makin dibutuhkan Brads apalagi kalau kita menempuh perjalanan jauh seperti touring. Apalagi handguard merupakan aksesoris yang bersifat melindungi sepeda motor dan pengendaranya.


Salah Satu Aksesoris yang Mendukung Saat Touring adalah Handguard


Salah satu kegiatan sebagai anak motor pasti melakukan touring Brads. Persiapan sebelum berangkat pun pastinya banyak sekali mulai dari, menentukan tujuan, mengecek kondisi sepeda motor sampai kelengkapan berkendara yang dipakai di badan dan di sepeda motor. Tujuannya biar perjalanan nanti tetap aman dan nyaman.


Nah Brads, sebelum berangkat touring alangkah baiknya mempersiapkan perlengkapan safety gear milik kita Bukan hanya gear yang menempel di badan yang harus sesuai aturan lalu lintas. Seperti misalnya helm, sarung tangan, riding boots sampai jaket. Namun, juga aksesoris tambahan yang bisa menunjang unsur keamanan di sepeda motor kita.

Handguard motor salah satunya, si guard yang dipasang pada bar end setang kita ini tujuannya untuk melindungi tangan sekaligus tuas kopling atau rem di sepeda motor. Terutama dalam perjalanan jauh Brads kayak touring.


Fungsi Hand Guard


Sebagai salah satu piranti keselamatan handguard motor memainkan peranan penting nih Brads buat kita. Walaupun terpasang di sepeda motor, handguard akan menjadi penolong saat nanti terjadi sesuatu. Misalnya saja karena kelelahan kita tidak siap menahan beban motor, sehingga terjadi rebah. Saat itulah, handguard berperan untuk melindungi tangan kita dan mencegah kerusakan di bagian tuas.


Fungsi handguard sendiri melihat dari posisi dan bentuknya bertujuan untuk mencegah kontak antara tangan kita dengan lingkungan sekitar. Bentuknya yang memanjang dari bar end sampai sisi setang melindungi bagian tuas kopling atau rem. Sehingga bisa meminimalisir dampak benturan dari sekitar ke tangan dan tuas.

Selain itu biasanya handguard datang juga dengan bentukan tameng, terbuat dari bahan plastik keras atau carbon yang mengikuti postur tangan saat menggenggam setang. Jadi, bukan cuma guard logam batangan yang terbuat dari besi atau alumunium alloy lurus saja.


Nah kelebihan bentuk tersebut adalah proteksi tambahan yang lebih menyeluruh kepada tangan. Apalagi kalau kita berhadapan dengan benda yang relatif kecil dan tipis. Sehingga kalau tidak terkena guard logam bisa dihalau oleh perlindungan tambahan tersebut.

 

Karena itu, saat perjalanan touring kita sebisa mungkin memasang handguard di motor Brads. Fungsinya bukan hanya melindungi kita tapi juga sepeda motor. Resiko tuas kopling atau rem yang patah bisa berkurang dengan adanya handguard. Selain itu keselamatan tangan kita juga lebih terjamin.

 

Perbedaan Hand Guard dengan Lever Guard


(sumber:gridoto.com)


Ternyata Brads, selain handguard ada juga lever guard yang bisa dipasang di bar end motor. Walaupun sekilas terlihat mirip ada perbedaan di antara kedua piranti keamanan ini, lho. Dari bentukannya saja sudah ada perbedaan mencolok.


Kalau handguard berdimensi besar dan terpasang menyeluruh dari bagian bar end hingga sekitar pangkal tuas rem atau kopling. Berbeda dengan lever guard yang hanya dipasang di ujung setang saja dan memanjang sedikit sampai sekitar ujung tuas rem. Serta lebih ramping dan ringan, jadi seperti tanduk kecil gitu, Brads, di ujung setang.


Nah, tujuannya adalah untuk melindungi tuas kopling atau rem dari benturan dengan sekitar sehingga, resiko patah tuas bisa dikurangi lagi. Biasanya lever guards sendiri terpasang di motor bertipe sport, yang juga mengejar aerodinamis di kecepatan tinggi.

 

Kalau handguards sendiri biasanya terpasang di motor tipe trail dan adventure untuk melindungi rider dari benturan dengan sekitarnya. Makanya bentuknya lebih besar dan berat dari lever guard Brads.


Kalau buat touring atau perjalanan jauh tuh lebih cocok menggunakan handguard motor, lho, Brads! Alasannya karena handguard memiliki fungsi perlindungan yang lebih menyeluruh. Bukan hanya tuas tapi tangan kita juga aman dari benturan.