Galih Pratama Axial Garage Jakarta Dari Jualan Barbek Hingga Bengkel Restorasi

Galih Pratama Axial Garage
Jakarta Dari Jualan Barbek Hingga Bengkel Restorasi

15 February 2021

 

Bengkel yang ada di Kawasan Ciledug, Tangerang ini banyak diidentikkan dengan motor-motor trail klasik dan restorasi motor lawas. Padahal menurut Galih Pratama owner bengkel yang bernama Axial Garage ini, dia tidak pernah merencanakan untuk fokus ke sana.

 

“Basic-nya, saya ini adalah pedagang jual beli barang bekas, yang kebetulan suka main motor tua,” buka Galih yang mengaku mulai kenal motor tua seperti BMW R35 1953 pada tahun 1999.


Dari sini Galih punya banyak teman dengan ketertarikan yang sama, yakni motor tua. “Tahu sendiri kan, kalau sudah ngumpul, bahasan yang seru itu soal barang-barang motor tua ini. Mulai parts orisinal motor miliknya, atau alternatif penggantinya, parts ori punya motor lain, atau opsi terakhir parts custom yang meski jarang, tapi bisa juga di-mix-and-match-kan,” jelas Galih yang punya motto, cheap bike for Sunday atau pada intinya motor custom buat rinding hari Minggu atau libur itu gak harus mahal.

 



Keinginan Galih menyediakan komponen-komponen lawas ini makin besar ketika secara kebetulan dikirim orang tuanya ke Jogja. “Jadi sejak 2003 - 2004 itulah saya mulai hunting barang-barang lawas, untuk kemudian dijual di Jakarta,” kenang pria kelahiran Jakarta 23 Juli 1985 ini.

Dari sinilah, Axial Garage kemudian berdiri tahun 2006 dan langsung dikenal sebagai bengkel restorasi. Dan seiring perjalanan waktu, banyak teman-teman Galih ini yang mulai suka turing adventure pakai motor-motor lawas. Karena butuh kenyamanan, seringkali motor-motor lawas ini dimodifikasi  menjadi scrambler. Atau ada juga yang basisnya sudah scrambler, tinggal dibenahi aja suspensinya.

 



“Nah beberapa beranggapan paling enak buat adventure itu motor trail dengan aplikasi suspensi yang lebih enak. Dari sinilah kemudian banyak yang minta dibuatkan motor trail tua,” kisah Galih. Bisa diterka, itulah kenapa Axial Garage ini kemudian juga diidentikkan dengan bengkel trail klasik atau trail tua.

Paling baru, Axial Garage ini sekarang dikenal giat mengkampanyekan kegiatan flat track atau dirt track. “Ya karena menurut saya dan teman-teman yang ada di Jakarta, kegiatan olahraga off-road yang paling murah dan mudah itu ya flat track. Nggak terlalu sulit juga nyiapin motor buat olahraga fun race ini,” kata Galih yang siap dimintai konsultasi, bagaimana bikin motor atau restorasi yang murah, atau sesuai budget  itu.

Untuk informasi seputar kegiatan Suryanation Motorland yang terkini bisa langsung follow akun Intagram @Suryanation_motorland.

 

 

Galih Pratama

@axialgarage

Jl. Tanah Seratus no. 7 Ciledug, Tangerang