Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Mencuci Helm

Hal-hal yang Perlu Kamu
Perhatikan Sebelum Mencuci Helm

11 December 2020

 

Hai, Brads ! pernah ga sih merasa tidak percaya diri karena menggunakan helm yang bau apek? Jika pernah, sebaiknya brads harus mengatasi hal tersebut secepatnya. Caranya mudah kok, solusinya cukup dengan mencuci helm.

Namun, mencuci helm terlalu sering itu juga dapat menyebabkan beberapa interior helm akan rusak, lho, Brads. Agar tidak salah langkah, Brads harus tetap berhati-hati ketika mencuci helm. Kebanyakan dari pengendara menyerahkan helm mereka ke tempat laundry secara rutin agar helm tetap wangi.


Penyebab bau pada helm



Sebelum bercerita mengenai dampak terlalu sering mencuci helm, sebaiknya ketahui dahulu apa saja penyebab bau pada helm. Nah, di bawah ini adalah beberapa penyebab bau apek pada helm:


1. Menyimpan dalam keadaan basah

Selama berkendara, cuaca yang terik menyebabkan tubuh berkeringat, terutama di bagian kepala. Apabila Brads tidak mengeringkan helm setelah memakainya, maka keringat akan mengendap pada bagian dalam helm dan menyebabkan bau apek.

TIdak hanya keringat, helm juga sering terkena hujan, apalagi bagi Brads yang sering menggantungkan helm di sepeda motor. Apabila setelah terkena hujan tidak mengeringkan helm, bisa-bisa helm akan mengeluarkan bau apek lho.


2. Membiarkan kaca helm tertutup

Biasanya hal ini sering terjadi pada penggunaan helm half face dan full face. Membiarkan kaca tertutup setelah berkendara akan membiarkan keringat mengendap pada helm. Akibatnya helm akan bau dan tidak nyaman ketika digunakan. Sebaiknya, setelah menggunakan helm, letakkanlah helm dalam keadaan terbalik dan kaca terbuka, ya, Brads!


Hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci helm


Dua hal di atas adalah penyebab bau apek pada helm. Untuk mengatasinya, Brads perlu membersihkan helm secara rutin. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mencuci helm agar tidak merusak interior helm, ya, Brads. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mencuci helm :

1. Perhatikan busa helm atau busa pipi

Busa helm atau busa pipi terletak pada bagian kanan dan kiri helm. Interior ini terbuat dari kain yang berfungsi sebagai pelindung ketika ada getaran. Selain itu busa pipi juga berfungsi memberi rasa nyaman ketika menggunakan helm. Bagian ini sangat rentan kotor dan bau lho Brads. Apabila mencuci bagian ini terlalu sering, dapat menyebabkan busa menjadi tipis. Akibatnya, helm tidak nyaman lagi ketika dipakai.


2. Perhatikan gabus pada helm

Gabus adalah Interior yang terletak di bagian dalam helm. Biasanya, gabus terbuat dari bahan polystyrene. Fungsinya sangat penting yaitu meredam getaran apabila terjadi benturan. Nah, pada bagian ini biasanya sering mengendap bau tak sedap Brads. Apabila terlalu sering mencuci helm dan menjemurnya di tempat yang terik, gabus akan retak dan rapuh.


3. Kain atas interior pada helm

Jika Brads rutin berkendara, kain atas interior sangat penting untuk diperhatikan. Fungsinya sebagai sirkulasi udara dan melapisi helm secara menyeluruh agar merasa nyaman ketika menggunakannya. Bagian ini sangat mudah rusak dan menipis akibat terlalu sering dicuci. Untuk itu, Brads harus tetap hati-hati ketika mencuci helm, terutama helm yang telah berumur satu hingga dua tahun.


Perhatikan masa kadaluarsa helm

(www.otoflik.com)


Bau apek tidak hanya berasal dari keringat dan debu, lho, Brads. Ada faktor lain yang menyebabkan helm menjadi bau dan tidak nyaman lagi ketika dipakai. Salah satunya adalah  masa kadaluarsa pada helm itu sendiri.


Faktanya, helm hanya memiliki masa umur pemakaian sekitar dua hingga lima tahun tergantung pemakaian dan perawatannya . Apabila telah melewati masa tersebut, helm akan memperlihatkan ciri-ciri seperti bau yang mulai tidak enak dan interior pada helm yang mulai hancur. Untuk itu, daripada berusaha untuk mencucinya, lebih baik diganti saja dengan yang baru, Brads.


Nah, itulah beberapa hal penyebab bau pada helm dan hal yang mesti diperhatikan ketika mencucinya. Sebenarnya, mencuci helm itu tidak dilarang. Hanya saja, Brads perlu memperhatikan komponen-komponen yang memiliki resiko rusak setelah dicuci. Hal sederhana seperti ini sering sekali diabaikan oleh para pengendara. Alih-alih menghilangkan bau, malah membuat helm rusak dan tidak nyaman lagi digunakan. Untuk itu, mulai dari sekarang harus peduli terhadap helm kesayangannya, ya, Brads.