Honda Gold Wing 2021 Setelah 41 Tahun Pengembangan Tiada Henti

Honda Gold Wing 2021
Setelah 41 Tahun Pengembangan Tiada Henti

10 February 2021

 

Honda Goldwing adalah motor turing yang diproduksi Honda, dan diperkenalkan pertama kali di Cologne Motorcycle Show pada Oktober 1974. Kemunculannya ini langsung mendapat sambutan positif, dan Gold Wing menjadi populer di penjuru benua, yakni Amerika, Eropa, Australia dan Asia (Jepang).


Adalah Shoichiro Irimajiri, Honda Gold Wing project leader yang mendapat mandat untuk mengeksplor flagship motor yang baru, setelah kesuksesan CB750 superbike tahun 1972.


Sepak terjang Shoichiro Irimajiri ini juga perlu disimak. Dia adalah orang yang mendesain mesin multi-silinder Honda di MotoGP dan juga mesin V12 Honda di ajang Formula One di tahun 1960-an!


Dari sini bisa dilihat, Honda tidak main-main dalam proyek Goldwing ini. Semua teknologi baru hasil riset dan pengembangan yang dilakukan bisa dipastikan akan dihadirkan di sini.


Jadi wajar jika selama sejarah produksinya yang diawali tahun 1975 sampai sekarang, Goldwing telah mengalami banyak sekali perubahan.



 

Secara garis besar, dari awalnya yang mengusung mesin 999cc, 4 silinder sebaris membengkak menjadi 1,832cc, 6 silinder sebaris pada 2001.


Dan setelah 11 tahun, pengembangan teknologi dan fiturnya sudah sampai pada aspek keamanan dan kenyamanan pengendara.


Lihat saja tahun 2012, Goldwing punya fitur baru seperti sistem pengereman ABS (anti-lock braking system), cruise control, gir mundur elektrik, airbag (opsional), tebeng angin yang dilengkapi pemanas dan bisa disetel, bagasi, sandaran pada jok penumpang, SATNAV atau sistem navigasi yang menggunakan satelit, dan juga sistem audio dengan 6 spiker yang dilengkapi radio dan konektivitas MP3/iPod. Bisa dibayangkan betapa canggihnya motor ini. Lantas seperti apa pengembangan untuk tahun 2021 ini?



 

“Honda selalu mendengarkan para customer-nya. Itulah fakta yang melatarbelakangi model terbaru kami,” buka Lee Edmunds, Senior Manager of Powersports Marketing for American Honda.


Lebih lanjut Lee Edmunds mengatakan, pengembangan yang dilakukan menggambarkan permintaan orang-orang yang setiap hari mengendarai motor ini. “Jadi itulah kenapa, sebagai hasilnya, motor ini terus berkembang menjadi lebih baik lagi. Dan kami selalu menunggu konsumen untuk merasakan perubahan ini.”


Perubahan atau pengembangan yang dimaksud pada Goldwing 2021 ini mengacu pada tujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam menempuh perjalanan jauh dengan bermotor.



 

Kita mulai dulu dari rangka, sebab ini yang membadakan Honda Gold Wing 2021 ini dengan generasi sebelumnya. Gold Wing 2021 menggunakan rangka baru Twin Tube Pipe yang terbuat dari alumunium dan diklaim lebih ringan dibandingkan rangka sebelumnya.

 



Kemudian untuk bagian suspensi memakai suspensi depan Double Whisbone layaknya sebuah mobil. Inovasi tersebut menjadikan Honda Gold Wing sebagai motor pertama di dunia yang memakai suspensi Double Wishbone. Sedangkan untuk bagian belakang memakai suspensi Pro Arm dengan sistem Pro-Link yang dikontrol melalui sistem komputer.


Berikutnya soal mesin 1.833cc yang diusungnya. Masih menggunakan mesin 6 silinder sebaris (flat six horizontal), dengan empat katup per silinder (bukan dua seperti pada umumnya). Dimensi mesin ini jauh lebih kompak dan lebih ringan 6.2kg.



 

Namun demikian mesin ini mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 92.9 kW pada 5.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 170 Nm pada 4.500 rpm.


Tenaga dan torsi yang besar ditunjang dengan sistem transmisi canggih yang tidak akan kita jumpai pada motor touring lainnya.


Transmisi menggunakan teknologi 7-speed automatic DCT yang biasanya digunakan pada mobil sport. Lalu ada pula 4 pilihan Riding Mode yang terdiri dari Tour, Sport, Rain, dan Economy. Setiap modenya terintegrasi pada bagian suspensi yang menggunakan teknologi Electronic Preoload Suspension, sehingga kita bisa menyesuaikan dengan kenyaman berkendara dan kondisi jalan yang kita lalui.

 



Selain itu, Honda juga menyediakan fitur Cruise Control baru yang berguna untuk mejaga kecepatan konstan saat mengendarai Honda Gold Wing. Juga sistem throttle-by-wire yang dioptimalkan teknologi Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang memudahkan pengendara menyesuaikan torsi mesin juga dimiliki motor ini.


Nah yang paling menarik, Honda Gold Wing 2018 memiliki fitur Hill Start Assist yang mencegah motor mundur saat berakselerasi atau berhenti di tanjakan. Fitur Hill Start Assist biasanya dimiliki mobil SUV Honda, namun sekarang diaplikasikan pada sebuah sepeda motor.


Bukan hanya itu saja, karena masih ada fitur Tire Preassure Monitoring System untuk melihat tekanan angin pada ke dua ban Gold Wing.


Berikutnya ada Electric Screen atau tebeng angin elektris yang bisa diatur sudut dan ketinggiannya dari setang kiri. Alhasil pengendara bisa memaksimalkan perlindungan dari angin yang sangat baik, dan juga memberikan ruang dan kebebasan berkendara saat diperlukan.


Ada juga layar Dashboard TFT berwarna, dengan dimensi 7 inci yang menyediakan semua informasi untuk sistem audio dan navigasi, serta mode berkendara dan penyesuaian suspensi.



 

Informasi ditampilkan dalam segmen yang berbeda dalam urutan yang sangat fungsional, sehingga pengendara bisa mendapatkan semua data yang relevan dengan pergerakan mata yang minimum.


Kecerahan dari layar Dashboard dapat menyesuaikan secara otomatis. Pengendara juga dapat memilih dari 8 tingkat kecerahan.


Gold Wing model 2021 ini kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Pengendara dapat memanfaatkan informasi dan konten yang dipersonalisasi di dalam smartphone mereka, seperti nomor telepon dan daftar putar musik. Konektivitas Bluetooth telah diadopsi dan ada dua soket USB Type-C untuk dihubungkan.


Speaker baru hadir dan menghasilkan kualitas suara yang luar biasa dengan tampilan yang hidup. Sakelar kontrol audio untuk penumpang tersedia untuk memastikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan; sakelar terletak di bagian atas pannier kanan dan dapat digunakan untuk menyesuaikan volume, berpindah sumber audio dan fast forwarding



 

Sistem navigasi yang ditampilkan pada layar tampilan kristal cair TFT berukuran 7 inci menggunakan gyrocompass, yang artinya panduan navigasi bisa terus berjalan walaupun sedang berada di dalam terowongan di dalam pegunungan sekalipun.


Hadir pula fitur baru navigasi seperti pembatalan waypoint atau operasi instruksi ‘go home’ saat berkendara. Peta diperbarui dan juga menawarkan kemungkinan untuk memasukkan hingga 99 way point berbeda untuk perencanaan perjalanan yang lebih terperinci.



 

Gold Wing model Tour dilengkapi bagasi bagian atas lebih besar 11 liter dari sebelumnya. Dengan kata lain, total kapasitas penyimpanan bertambah menjadi 61 liter! Sebagai gambaran, bagasi ini bisa memuat 2 helm full face.

 



Masih soal bagasi, dengan memanfaatkan smart key  pengendara cukup tekan tombol yang ada di remote, maka seluruh boks dapat terbuka dengan mudah. Teknologi bukaan hidrolik ini juga memberi kenyamanan akses saat buka dan tutup bagasi.


Selain itu, sandaran jok untuk penumpang dibuat lebih rileks lagi melalui sudut kemiringannya, dari 16 derajat ke 23 derajat. Jok juga dibuat dari foam yang lebih tebal lagi, dan lebih tinggi bentuknya. Sebagai tambahan, jok juga mempunyai cover serupa dengan bahan suede atau kulit sintetis, dengan tampilan yang lebih menarik.



 

Honda Gold Wing model 2021 bakal beredar pada Februari 2021 ini di Amerika, dan menawarkan 5 model dengan range harga, dan pilihan warna bervariasi sebagai berikut:


Model                                         Warna                                                 Harga


Gold Wing Tour Air Bag DCT     Candy Ardent Red                                 $32,600

Gold Wing Tour DCT                  Candy Ardent Red, Metallic Black         $29,300

Gold Wing Tour                          Candy Ardent Red, Metallic Black         $28,300

Gold Wing DCT                          Deep Pearl Gray                                   $25,100

Gold Wing                                  Deep Pearl Gray                                    $23,900


Walau begitu, banderol motor cruiser bermesin 1.833 cc dan dual clutch transmission (DCT) versi teranyar ini pasti jauh lebih mahal ketika masuk Indonesia. Sebagai gambaran, Gold Wing model lama dibanderol Rp 1 miliaran. Maka Gold Wing 2021 kemungkinan harganya lebih mahal lagi.


Untuk informasi seputar kegiatan Suryanation Motorland yang terkini bisa langsung follow akun Intagram @Suryanation_motorland.

 

Foto: bennetts.co.uk, powersports.honda.com, motorcycle.honda.ca, honda.co.uk