Inilah Alasan Pentingnya Pentil Pada Ban Motor

Inilah Alasan Pentingnya Pentil Pada Ban Motor

Inilah Alasan Pentingnya Pentil
Pada Ban Motor

08 December 2020

 

Brads, ketika kita bicara soal motor kesayangan, apa sih sebenarnya yang paling sering Brads perhatikan? Kondisi mesin, performa, atau tongkrongannya-kah? Sebenarnya, sebelum bicara soal tongkrongan dan performa sebuah motor, Brads sepertinya harus fokus untuk memeriksa kelengkapan parts karena selain untuk kenyamanan berkendara hal ini juga berpengaruh untuk keselamatan Brads sekalian.


Ngomong-ngomong soal kelengkapan parts, banyak banget nih perintilan atau hal-hal kecil yang seringkali kurang diperhatikan. Contohnya seperti spion, handlebar, step, sein yang sesuai dengan peraturan dan gaya yang Brads suka, dan yang paling sering dilupakan adalah tutup pentil pada ban motor. Mungkin Brads bertanya-tanya kenapa tutup pentil ban motor jadi sangat penting. Berikut bakal ada penjelasan komprehensif mengenai kenapa tutup pentil ban motor jadi sangat penting.


Pentingnya Pentil Pada Ban Motor



Mengunci Tekanan Angin

Sudah pasti Brads tahu fungsi utama dari sebuah pentil ban yaitu untuk mengunci tekanan angin dari ban yang sudah dipompa. Tanpa kehadiran sebuah pentil ban, ban akan mudah bocor atau kurang angin karena tidak ada penutup yang mengunci tekanan angin dalam ban.


Menjaga Pentil

Sebuah pentil ban biasanya terdiri dari komponen kecil yang terbuat dari logam. Sebagaimana Brads ketahui kalau logam terekspos oleh air dan kelembaban dalam waktu yang lama akan menimbulkan karat yang akhirnya akan merusak pentil dan ban. Tentunya Brads tak mau itu.


Menjaga Ban

Pentil ban tanpa tutup  bisa diibaratkan seperti sebuah perumahan tanpa petugas keamanan, siapapun bisa keluar-masuk dengan mudah. Kotoran berupa debu, pasir atau kerikil kecil dapat masuk ke dalam pentil jika tidak ada tutup yang menghadang benda-benda tersebut. Kini kita tahu kalau tutup pentil adalah petugas keamanan yang baik.


Tutup Pentil Ban dan Banjir