Suryanation MotorLand | Gudang Garam

Inilah Cara Agar Kick

Starter Tidak Terasa Berat

20 November 2020

 

Brads, pernah gak ada di situasi di mana sudah keluarin motor dari garasi dan siap-siap berangkat tetapi ternyata electric starter tidak berfungsi dan ketika mau pakai kick starter ternyata terasa berat?  Tentunya Brads ingin agar kick starter tidak terasa berat. Alih-alih bisa berjalan-jalan dengan motor kesayangan yang dipakai di hari itu, yang ada Brads malah sakit kaki karena memaksa menggunakan kick starter atau starter yang berat.

Banyak cara untuk memastikan bahwa motor Brads tidak mengalami hal tersebut. Sebelum membahas cara agar kick starter tidak terasa berat alangkah lebih baik kalau Brads mencari tahu apa sih penyebab hal tersebut.


Penyebab Kick Starter Terasa Berat

Source: Otosia.com


1.         Kurang Pelumas

Brads pasti  paham bahwa sebagian besar masalah yang dialami motor kita diawali oleh kurangnya pelumas. Perlu diketahui ternyata fenomena kurang pelumas yang biasanya disebabkan karena malas ke bengkel atau sesederhana lupa ini punya dampak yang lumayan besar yaitu munculnya karat.

Munculnya karat dalam komponen motor tentunya tidak akan mengarah pada berita baik untuk performa dan kondisi mesin. Dampak dari karat yang ada di luar mesin seperti pada alur gir ini akan membuat kick starter terasa berat berat  atau keras, dan tidak jarang Brads mesti merogoh kocek lebih dalam hanya karena teledor dan lupa melumasi kembali. Oleh karena itu, alur gir ini mesti dilumasi kembali dan untuk memastikan semuanya berjalan dengan smooth.

2.         Busi Kotor

Penyebab kedua adalah busi yang kotor. Mungkin jika sebelumnya Brads belum mengetahui hal ini, Brads akan heran kenapa benda sekecil busi dapat mengganggu kick starter yang notabene ada di luar CVT, tapi ternyata busi memiliki peranan penting dalam kelancaran kick starter motor kita.

Busi yang jarang dibersihkan akan memiliki bekas-bekas karbon dan bahan bakar yang menghambat kemampuan busi untuk memproduksi percikan api. Dalam perihal pengapian ini, proses pembakaran yang tidak sempurna berdampak secara langsung pada kick starter motor. Mesin pun enggan menyala jika busi terlalu kotor.

3.         Efek Jarang Dipakai

Jarang dipakai, mungkin alasan kick starter terasa keras adalah karena kick starter jarang dipakai. Penyebab ini terdengar sangat sepele tapi ini adalah kenyataannya. Suatu komponen mesin yang jarang dipakai akan cenderung menghadapi kendala dan kerusakan, sepertinya pernyataan ini adalah sebuah hukum alam. Hukum alam ini juga berlaku untuk kick starter, ketika kick starter jarang dipakai maka akan muncul masalah seperti per yang kaku dan karat yang menghambat. 


Cara Agar Kick Starter Tidak Terasa Berat


Source: Unsplash.com


Dari sekian penyebab yang dituliskan di atas, ternyata Brads hanya perlu melakukan satu hal untuk mencegah atau mengatasi kick starter yang terasa berat saat digunakan. Kuncinya adalah rajin-rajin melakukan pengecekan. Pengecekan ini bukanlah hal yang sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Brads disarankan untuk secara rutin memberi pelumas pada alur gir,  dilumasi kembali dan dibersihkan. Hal ini termasuk mengecek kondisi busi dan blok mesin untuk mendapatkan performa dan sistem pengapian yang maksimal terutama ketika memanaskan motor.

Selain itu, dengan adanya kemudahan yang ditawarkan electric starter, Brads mesti tetap sesekali memanaskan motor atau untuk secara rutin menggunakan kick starter kembali untuk memastikan kondisinya. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti masalah kelistrikan yang muncul dan electric start tidak berfungsi. Itulah kenapa Brads perlu untuk merawat kick starter agar tidak terasa berat, karena pada saat-saat krusial seperti itulah Brads bisa mengandalkan kick starter untuk menjadi alternatif.