Suryanation MotorLand | Gudang Garam

Inilah Gaya Touring yang

Unik dengan Motor Matic

17 November 2020

 


(Sumber gambar: Harapanrakyat.com)

Halo Brads! Seperti yang kita tau, kegiatan touring nggak hanya sekedar jadi kegiatan rutin yang diadakan komunitas motor. Touring juga bisa jadi ajang menyambung silaturahmi antar anggota komunitas, atau antar komunitas motor antar daerah. Nah, touring juga nggak harus selalu dilakukan dengan motor gede (moge) loh Brads, karena motor matic pun bisa menjadi kendaraan touring yang menyenangkan. Gaya touring yang unik dengan motor matic juga bisa kalian lakukan lewat beberapa hal berikut, biar bisa bikin perjalanan touring kalian jadi makin seru dan nyaman.

Gaya Touring yang Unik dengan Motor Matic


(Sumber gambar: Otoinfo.id)

Inilah beberapa gaya unik yang bisa kalian lakukan saat touring dengan motor matic:

  1. Melakukan Modifikasi ke Motor Matic

Sebelum berangkat touring, kalian bisa melakukan modifikasi ke motor matic kalian dulu loh Brads. Tujuannya biar motor jadi lebih unik dan nyaman buat dipakai. Pertama, kalian bisa meninggikan bagian kaki-kaki motor matic. Tinggikan sedikit bagian ground clearance matic supaya lebih tinggi daripada standarnya. Selain lebih bikin nyaman, modifikasi ini akan berguna supaya kalian lebih lancar kalau lewat medan yang berlubang atau bergelombang, karena motor kalian nggak akan mentok Brads.

Kedua, kalian juga bisa menambah busa jok di motor matic kalian. Dengan jok yang tebal dan empuk, perjalanan kalian waktu touring bisa jadi lebih aman dan nggak bikin pegal Brads. Selanjutnya, kalian juga bisa mengganti stang motor sama ukuran yang lebih lebar. Kalian juga menambah handguard di bagian stang motor biar pergelangan tangan kalian lebih aman dan nyaman saat touring Brads. Lalu yang terakhir, kamu juga memerlukan untuk mengganti ban saat perjalanan jauh. Ban motor yang lebih lebar akan membuat keseimbangan kamu dalam perjalanan menjadi lebih nyaman.

  1. Mengecek Kondisi Motor Matic

Cara touring motor yang baik berikutnya yang harus kalian semua lakukan yakni melakukan pengecekan terhadap kondisi motor. Hal ini wajib dilakukan agar sepeda motor tidak mengalami macet saat di perjalanan atau ada salah satu komponennya yang rusak sehingga menyebabkan kecelakaan Brads. Jika ada salah satu bagian motor yang rusak atau sudah tidak berfungsi lagi, maka segeralah memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru sebelum digunakan untuk pergi melalang buana bersama para barisan konvoi touring motor matic ya Brads.

Salah satu bagian yang harus diperhatikan di sebuah motor matic adalah bagian belt CVT (Continous Variable Transmission). Sebelum berangkat touring, pastikan kalian sudah mengecek standar pemakaian dan ketebalannya. Kalau pemakaian CVT pada motor matic kalian sudah mencapai 20.000-25.000 km, maka harus segera diganti ya Brads, karena akan sangat beresiko jika kalian tetap berangkat touring dengan kondisi CVT yang sudah mencapai angka itu.

Nggak cuma itu aja Brads, kondisi rem motor kalian juga harus dicek dulu. Perhatikan ketebalan kampas rem dan minyak rem, apabila dirasa sudah aus dan nggak nyaman saat dipakai mengerem, itu jadi tanda kalau rem kalian harus segera diganti. Dengan kondisi rem yang prima, keselamatan dan keamanan saat touring bisa lebih terjamin Brads.

  1. Pasang Box di Motor Matic

Waktu touring yang nggak sebentar, pasti bikin barang bawaan kalian juga lebih banyak kan Brads? Nah, box tambahan di bagian belakang motor matic bisa jadi solusi terbaik buat kalian yang senang melakukan touring. Hadirnya box ini bakal membantu kalian buat tempat menaruh berbagai keperluan kayak obat-obatan, jas hujan, bekal makanan dan minuman, dan baju ganti. Jangan lupa juga buat bawa helm, jaket, sarung tangan, sepatu, masker, dan kelengkapan-kelengkapan motor lainnya seperti surat-surat berkendara ya Brads.

Touring memang mendatangkan kesenangan tersendiri, tetapi jangan salah, jika bikers kurang persiapan dan tidak hati-hati, maka dapat menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan. Itulah kenapa penting buat setiap bikers atau komunitas motor yang mengadakan touring untuk punya kesadaran akan keselamatan berkendara saat touring.

Sadar Akan Keselamatan Berkendara Saat Touring


(Sumber gambar: Posmetropadang.co.id)

Salah satu kunci keselamatan dalam touring motor adalah mematuhi peraturan lalu-lintas Brads. Sebab hal ini mencerminkan kesadaran kalian akan keselamatan dalam berkendara. Sayangnya, hal ini masih sering dianggap remeh oleh para pengendara sepeda motor, termasuk yang sedang melakukan touring.

Salah satu yang paling sering dilanggar para pengendara sepeda motor saat touring adalah mematuhi lampu lalu-lintas. Padahal, jika kalian menerobos rambu-rambu ini, maka bisa jadi berakibat fatal sehingga menyebabkan kecelakaan yang sangat parah pada anggota touring loh Brads. Jadi, pastikan bahwa peraturan berlalu-lintas jenis apapun harus tetap dipatuhi saat konvoi sepeda motor ya!

Selain itu, barisan konvoi saat touring juga harus kalian perhatikan ya Brads. Selalu ingat bahwa konvoi harus dipimpin oleh road captain dan dengan menerapkan peraturan yang sangat ketat. Barisan konvoi harus ditata serapi mungkin agar tidak memenuhi jalanan. Lalu, bagi peserta yang mengalami masalah baik pada kendaraan maupun kondisi kesehatannya, maka harus berhenti berkendara atau dibonceng pengendara lain. Semua kegiatan yang dilakukan oleh peserta harus ditentukan oleh RC dengan memberikan tanda identitas tim bagi masing-masing peserta ya Brads.

Nah Brads, sekarang kalian udah paham tentang cara touring motor yang baik dan unik pakai motor matic, kan? Jangan lupa untuk selalu menerapkan semua persiapan dan cara-cara aman saat kalian melakukan touring bersama teman-teman komunitas motor kalian ya. Selalu perhatikan juga standar keamanan dan ketertiban berlalu lintas sebagai wujud ketaatan warga negara ketika mengendarai kendaraan di jalanan! Happy touring, Brads!