Inilah Jenis-jenis Motor Custom yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah Jenis-jenis Motor Custom
yang Perlu Kamu Ketahui

16 December 2020

 

Jenis motor custom di luar sana memang banyak Brads, paling nggak kita pasti pernah ketemu sama beberapa motor custom di jalan. Seminimalnya waktu sunmori pasti pernah barengan sama Café Racer, Tracker atau Chopper. Nah selain yang tadi, kamu udah tahu jenis motor custom lainnya belum Brads?

Brads motor custom yang banyak ditemui di jalanan datang dari berbagai aliran di dunia. Perkembangan setiap jenis aliran custom tersebut biasanya dipengaruhi sama budaya dan skena lokal para riders di sana. Terus juga ada pengaruh dari tren motorsports di jaman aliran custom tersebut berkembang nih, Brads!


Tren Motor Custom


Brads pasti masih ingat motor customnya presiden yang beraliran Chopper garapan Elders Garage yang collab sama Kickass Choppers itu. Sepeda motor custom berbasiskan Royal Enfield Bullet 350 itu dipinang seharga 140 juta, lho. Kepopuleran custom culture hingga dimiliki presiden, bisa dilacak kembali hingga tahun 1970-an Brads! Era dimana motor custom berkembang di Indonesia.


Brads, menurut catatan sejarah, motor kustom muncul di cover majalah Aktuil edisi awal 1970-an. Pada terbitan tersebut cover majalah di isi oleh penyanyi Gito Rollies, berpose dengan Yamaha XS650 yang di-chopper-kan. Ubahan radikal dari jenis cruiser bawaan pabrik menjadi chopper jadi bukti kalau custom culture di Indonesia sudah dimulai sejak lama.


Walaupun begitu, jenis motor custom yang beredar atau tampil di media massa belum sebanyak di dekade 2000-an. Bisa jadi masalahnya adalah keterbatasan informasi dan referensi untuk melakukan kustomisasi motor. Belum lagi, mencari bengkel yang berani melakukan ubahan-ubahan radikal serta spare parts yang terbatas.


Jaman sekarang, saat informasi mudah dicari tren custom culture di Indonesia makin menjamur Brads. Kita bisa mencari referensi jenis motor custom di internet yang sesuai dengan selera. Terus, menelusuri workshop mana yang mau dijadikan builder motor kita. Karena pada hakikatnya, custom culture itu mengikuti keinginan si pemilik motor, dengan acuan jenis aliran motor custom yang sudah ada.


Jenis-jenis Motor Custom


Brads jenis motor custom itu banyak banget, kalau mau bangun satu, bisa dipilih sesuai selera kalian. Apalagi, masing-masing aliran motor custom itu juga punya khas dan filosofinya sendiri. Ibarat kata, kustomisasi motor itu bukan lagi modifikasi, tapi personalisasi buat si pemiliknya. Nah Brads, kalian bisa baca nih jenis-jenis motor custom yang eksis di jalanan.


1. Café Racer