Inilah Tanda Shockbreaker Motor Sudah Saatnya Service

Inilah Tanda Shockbreaker Motor
Sudah Saatnya Service

12 January 2021

 

Brads, jika dihitung, seberapa sering sih Brads memperhatikan kondisi shockbreaker motor? Setahun sekali, dua tahun sekali atau mungkin tidak pernah sama sekali. Setelah shockbreaker tidak berfungsi lagi alias mati, baru deh kocar-kacir ke bengkel untuk memperbaikinya. Padahal, service shockbreaker motor itu sangat penting.

Biasanya, tanda-tanda shockbreaker sudah harus di servis adalah ketika sudah tidak mampu lagi kembali pada posisi semula atau rebound. Petakanya, di saat melewati jalan berlobang atau polisi tidur, bagian pinggul bisa nyeri akibat tekanan shockbreaker yang sudah tidak berfungsi lagi. Sebulan saja bertahan dengan kondisi seperti ini, bisa-bisa Brads dirujuk ke rumah sakit, lho.

Nah, untuk itu penting bagi pengendara motor untuk menjaga shockbreaker tetap optimal selama pemakaian. Hal ini tidak berlaku hanya untuk motor matic dan bebek saja ya Brads, motor sport pun tetap harus memperhatikan kondisi shockbreaker secara rutin. Karena pada dasarnya semua motor memiliki komponen dan fungsi yang hampir sama.


Ciri-Ciri Shockbreaker Harus Di-service


Shockbreaker termasuk komponen yang berat. Umur ekonomisnya lumayan lama tergantung pemakaian. Beda dengan komponen aksesoris seperti lampu dan kelistrikan lainnya. Makanya, banyak dari pengendara lupa dan tidak sadar bahwa shockbreaker sudah harus diservis, bahkan kemungkinan terburuknya shockbreaker harus diganti. Apabila Brads merasakan beberapa hal di bawah ini, maka sudah seharusnya shockbreaker ditangani dengan segera.


1. Adanya rembesan oli




Tidak dipungkiri lagi, hal ini sering kali terjadi pada shockbreaker bagian depan dan belakang yang telah berusia lebih dari dua tahun. Bagi pengendara yang kurang aware, mungkin menganggap oli tersebut hanya gumpalan air yang menempel pada shockbreaker. Padahal, apabila shockbreaker mengeluarkan cairan berbentuk oli, itu pertanda shockbreaker harus segera diservis.


Perlu Brads ketahui, shockbreaker sendiri memiliki komponen yang bernama sil pada bagian tabungnya. Fungsinya, untuk menahan agar oli pada shockbreaker tidak merembes keluar. Karena pemakaian yang rutin, lambat laun sil akan getas dan menyebabkan oli merembes keluar. Brads tidak usah khawatir, setelah mengetahui oli shockbreaker bocor, cukup bawa ke bengkel lalu sil beserta olinya akan diganti.


2. Pegas shockbreaker tidak berfungsi

Shockbreaker yang masih berfungsi dengan sempurna akan meredam tekanan secara perlahan ketika melewati jalanan yang tidak rata. Brads bisa memastikan pegas shockbreaker sudah rusak atau belum dengan cara menekan bagian stir motor ke bawah lalu lepaskan. Apabila shockbreaker kembali ke posisi semula dengan cepat, berarti shockbreaker sudah mati dan harus segera di servis.

Kebanyakan dari pengendara memutuskan untuk mengganti shockbreaker apabila sudah tidak mampu meredam dengan sempurna. Nah, Brads punya dua pilihan yaitu melakukan servis atau mengganti shockbreaker dengan yang baru.


3. Benturan ketika melewati lobang


Pantulan keras yang tejadi ketika melewati lobang menandakan shockbreaker motor harus segera di servis atau diganti. Kasus ini sering terjadi pada shockbreaker bagian belakang. Penyebabnya begitu beragam, mulai dari seringnya memaksakan motor membawa beban yang terlalu berat, hingga usia shockbreaker yang sudah tua.

Sebagai pemilik motor, Brads pasti tahu mana beban yang pantas dibawa dan tidak. Kenali kekuatan shockbreaker, terutama motor matic. Tekanan yang mampu ditampung oleh motor matic tidak lebih dari 120-125 kg. Apabila memaksakan mengangkut melebihi batas kemampuannya, bersiaplah untuk mengeluarkan biaya besar karena shockbreaker yang telah rusak. Brads pasti tidak mau mengalami hal ini kan.


Setelah mengetahui ciri-ciri shockbreaker yang telah rusak dari uraian di atas, sudah seharusnya Brads lebih aware lagi dan tetap rutin melakukan service shockbreaker motor. Sekarang, telah banyak bengkel spesialis yang sangat recomended untuk melakukan servis. Selain bengkel kecil, membawa motor pada bengkel resmi adalah salah satu pilihan terbaik untuk motor.