Inilah Tips Memilih dan Merawat Sarung Tangan Motor

Inilah Tips Memilih dan
Merawat Sarung Tangan Motor

04 December 2020

 

Hai, Brads! kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat sekarang ini memaksa kita menggunakan sarung tangan motor ketika berkendara. Jika tidak, beberapa hal tidak menyenangkan akan terjadi pada tangan nantinya. Seperti kulit belang, iritasi, atau mungkin penyakit berbahaya lainnya yang akan menyerang kulit.

Tidak hanya itu, di tahun 2020 ini dunia baru saja diserang oleh virus Covid-19 yang sangat berbahaya. Salah satu cara mencegah penyebaran virus ini, WHO menganjurkan untuk menjaga kebersihan tangan. Nah, untuk itu penggunaan sarung tangan sangat penting, agar memutus rantai penyebaran Covid-19.

Fungsi sarung tangan


Apabila terbiasa mengabaikan penggunaan sarung tangan, beberapa resiko cedera selama berkendara bisa saja terjadi. Karena dari sisi keselamatan saat berkendara, sarung tangan memiliki manfaat yang sangat penting, di bawah ini adalah fungsi sarung tangan untuk keselamatan:


1.         Melindungi tangan dari lecet

Ketika berkendara dengan jarang tempuh yang jauh, tangan akan bekerja lebih keras dari biasanya. Apabila tidak menggunakan sarung tangan, bagian telapak tangan akan lecet akibat gesekan keringat. Dengan menggunakan sarung tangan, keselamatan tangan akan terlindungi, Brads.


2.         Melindungi tangan ketika cuaca dingin

Tidak ada yang tahu, kapan harus berkendara di malam hari. Apabila dihadapkan dengan situasi tersebut, sarung tangan sangat diperlukan. Fungsinya, menjaga suhu tangan ketika cuaca dingin di malam hari.


3.         Melindungi tangan dari cedera

Kecelakaan ketika berkendara adalah hal yang harus kita hindari. Namun, jika itu terjadi, sarung tangan sangat berfungsi melindungi tangan dari cedera serius. Untuk itu, selalu gunakan sarung tangan ketika berkendara, baik itu jarak dekat maupun jarak yang jauh.


Tips memilih sarung tangan



Sarung tangan memiliki bentuk dan fungsi yang beragam, lho, Brads. Coba saja kunjungi toko-toko penjual perlengkapan motor terdekat, begitu banyak pilihan yang tersedia. Mulai dari yang berbahan kain biasa, hingga sarung tangan yang dilengkapi fitur-fitur canggih. Nah, agar tidak salah memilih sarung tangan, di bawah ini beberapa tips memilih sarung tangan:


1. Pilih ukuran yang sesuai

Jika Brads adalah tipe yang mendahulukan kenyamanan, sebaiknya pilih sarung tangan yang sesuai dengan ukuran tangan. Biasanya, sarung tangan terbagi atas tiga ukuran, Medium, Large dan X-Large. Untuk lebar, sekitar 9, 10, dan 11 cm.


2. Pilih model sarung tangan

Ada dua jenis sarung tangan, yaitu model full finger dan half finger. Umumnya, pengendara motor lebih banyak menggunakan sarung tangan full finger. Alasannya, keamanan dan kenyamanan lebih baik ketimbang half finger.


3. Pilih bahan yang nyaman

Sarung tangan yang beredar di pasaran, umumnya berbahan kulit, kain dan karet. Tetapi, bagi pengendara aktif, sarung tangan yang terbuat dari kulit menjadi pilihan utama karena lebih nyaman dan flexibel walaupun harga yang ditawarkan cukup mahal. Sedangkan bagi pengendara dengan intensitas sedang, lebih sering menggunakan sarung tangan berbahan kain.


Cara merawat sarung tangan

Sarung tangan juga butuh perawatan, loh! Brads pasti tidak mau mengalami gatal setelah menggunakan sarung tangan, bukan? Nah, untuk itu, penting bagi kita pemilik sarung tangan untuk menjaga dan merawatnya. Berikut adalah beberapa cara merawat sarung tangan agar tetap awet :


1. Rutin mencuci

Sarung tangan digunakan pada tempat terbuka dan telah menyentuh banyak benda. Siapa yang bisa memastikan kalau sarung tersebut bersih dari kuman-kuman. Untuk itu, cucilah sarung tangan secara rutin sesuai keperluan. Brads dapat mengatur sendiri jadwal ideal mencuci sarung tangan sesuai kebutuhan. Maksimal sekali dalam seminggu.


2. Jemur ditempat yang teduh

Setelah mencuci sarung tangan, biasanya sarung tangan akan melewati proses pengeringan. Menjemur sarung tangan di bawah terik matahari sangat tidak disarankan. Alasannya, sarung tangan akan cepat rusak dan kusam apalagi sarung tangan berbahan kulit.


3. Jangan pinjamkan sarung tangan  

Selain menjaga sarung tangan dari resiko rusak, tidak meminjamkan sarung tangan kepada orang lain juga dapat melindungi kita dari penyebaran penyakit. Jangan sampai ya, Brads! karena sarung tangan berfungsi menjaga kita dari penyakit, bukan menyebarkan.


Jika brads tidak sempat membeli sarung tangan motor di toko perlengkapan, membeli sarung tangan yang di pinggir jalan juga tidak masalah. Tetapi hanya untuk sementara, ya Brads. Jika ingin lebih aman dan nyaman, gunakanlah sarung tangan yang lebih berkualitas.