Menanti Harley-Davidson 350cc

Menanti Harley-Davidson 350cc

15 February 2021

 

Pertengahan tahun 2020 lalu sempat beredar gambar paten Harley-Davidson 350 cc yang merupakan proyek kolaborasi bersama Qianjiang (QJ) Motor, Cina.

Secara spesifik dikabarkan, target kolaborasi ini adalah memasarkan produk premium Harley-Davidson kelas menengah di Cina dan Asia, dengan menggunakan basis QJ350. Motor tersebut mengandalkan mesin paralel twin berdaya 36 dk. Dan kabarnya segera diperkenalkan ke publik.

 



Dan awal tahun 2021 ini, tepatnya 7 Januari lalu kembali beredar gambar motor cruiser bermesin V-Twin yang dikeluarkan sendiri oleh QJ Motor melalui social media, dan kembali mengindikasikan bahwa motor ini bisa jadi adalah unit yang akan dipasarkan dengan mengusung nama besar Harley-Davidson.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pihak QJ Motor telah menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Harley-Davidson, untuk menjadi partner dalam produksi dan pengembangan motor yang menyasar market Asia.

Keduanya telah terikat kontrak untuk memproduksi motor dengan kapasitas mesin ukuran kecil dan menengah demi mengejar biaya produksi dan harga jual yang murah. Hal seperti ini belum pernah dilakukan Harley-Davidson yang dikenal dengan motor-motor cc gedenya, sehingga publik juga merasa aneh ketika melihat logo H-D atau stiker Sportster 300 pada tangki bahan bakar motor semacam ini.

 



Ya, sesuai dengan info yang beredar, motor ini nantinya mengusung mesin dengan kapasitas kisaran 350cc. Tidak ada data lebih lanjut tentang hal ini. Selebihnya hanya dugaan bahwa mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 30 hingga 35 bhp.


Selain itu, gambar yang diedarkan sendiri oleh QJ Motor menunjukkan konsep mesin dengan sistem pendingin cairan (bukan udara), sehingga ditafsirkan motor ini disiapkan untuk memenuhi regulasi sistem emisi EURO.


Juga dari gambar itu tampak bahwa styling modelnya menyerupai Harley Sportster. Tangki model tear drop, setang rendah, jok tunggal yang menyatu dengan fender belakang, semuanya diduga mengambil dari desain motor yang bermarkas di Milwaukee, Amerika.



 

Desain ini tampak berbeda dengan yang beredar Juni 2020 lalu. Saat itu banyak yang menduga, motor Harley-Davidson ini merupakan turunan dari Benelli 302S, yang juga dibuat oleh QJ Motor.


Dugaan ini muncul dari desain sasis dan swing arm-nya. Juga mesin kapasitas 338cc yang didapat dari penggabungan silinder blok Benelli 500cc dengan crankcase stroke pendek yang digunakan pada Benelli 300cc.


Pada saat itu juga disampaikan perencanaan launching yang akan dilakukan pertengahan tahun 2020 lalu. Namun sampai sekarang belum ada kelanjutan. Besar kemungkinan perencanaan ini buyar gara-gara pandemi COVID-19.


Untuk informasi seputar kegiatan Suryanation Motorland yang terkini bisa langsung follow akun Intagram @Suryanation_motorland.

 

Foto: visordown.com, cycleworld.com, visordown.com