Suryanation MotorLand | Gudang Garam

Mengenal Klub Motor Tertua

di Indonesia

17 November 2020

 


(Sumber gambar: Kombhattrenggalek001.blogspot.com)

Halo Brads! Siapa nih diantara kalian yang jadi anggota komunitas atau klub motor? Pasti menyenangkan ya bisa punya temen-temen yang sefrekuensi dan punya ketertarikan yang sama kayak kita. Klub motor sendiri udah lama ada di Indonesia, bahkan ada klub motor tertua di Indonesia yang jadi inspirasi buat banyak klub motor masa kini loh Brads.

Klub Motor Pertama dan Tertua di Indonesia


(Sumber gambar: Motorplus-online.com)

Munculnya klub motor pertama di Indonesia ternyata udah lama banget Brads. Sekitar tahun 1915, klub motor pertama didirikan di Indonesia. Awal mula munculnya klub motor ini adalah di Batavia yang saat ini kita sebut Jakarta. Nama klub motor pertama saat itu adalah Motorfiets Rijders Te Batavia.

Klub motor pertama ini otomatis jadi klub motor tertua di Indonesia karena memang sudah berdiri di zaman Hindia Belanda, sekitar 100 an tahun yang lalu. Bahkan, faktanya pendirian klub motor tertua yang ada di Indonesia ini cuma beda 12 tahun dari pendirian klub motor tertua yang ada di dunia yaitu Yonker Motorcycle Club yang berdiri tahun 1903 di New York, Amerika Serikat. Bayangin dong Brads, itu udah lama banget ya.

Nah, sejak tahun 1915 itu, komunitas motor yang ada di Indonesia terus berkembang dan bertambah. Inilah beberapa klub motor tertua yang ada di Indonesia:

  1. Ikatan Sport Harley Davidsons (ISHD)

Klub motor ini bisa dibilang sebagai yang paling tua di Indonesia. Didirikan pada 1 Juni 1968, anggota dari klub motor ini adalah pengguna motor gede (moge) merk Harley Davidson. Anggota dari ISHD juga tersebar di seluruh Indonesia bahkan memiliki wilayah internasional di Amerika dan juga Mexico.

  1. Black Angels Motorcycle Club (BAMC)

Berdiri sejak 2 Januari 1979, klub motor ini didirikan oleh artis dan komedian legendaris Indonesia yaitu, Indro Joyokusomo (Indro Warkop). Diusianya yang memasuki tahun ke 41, persaudaraan yang ada di klub motor ini juga masih sangat kental dan kuat loh Brads. Tidak heran jika klub ini layak menjadi contoh untuk klub motor lainnya.

  1. Pecinta Montor Udhug Indonesia - Soerabaia (PEMUDI’S)

Klub motor ini resmi didirikan di Surabaya, Jawa Timur pada 22 Februari 1982 oleh 10 orang penggemar motor tua di Surabaya. Klub motor ini memiliki tujuan untuk melestarikan adanya motor-motor Inggris yang ada di Indonesia. Nah, kata “montor” sendiri adalah bahasa Jawa dari sepeda motor Brads.

Seiring berjalannya waktu, klub motor yang ada di Indonesia terus bertambah dan semakin tersebar di seluruh Indonesia. Kalau kita lihat beberapa klub motor tertua yang ada di Indonesia, tentu bisa kita lihat ya Brads betapa solid dan kentalnya hubungan persaudaraan yang ada diantara para anggota mereka sampai bisa membawa klub motor mereka ke usia puluhan tahun. Ini juga yang bisa menjadi inspirasi untuk berbagai klub motor masa kini yang ada di Indonesia.

Bergabung dengan Klub Motor Masa Kini


(Sumber gambar: Autonesian.com)

Komunitas atau klub motor masa kini, gak cuma menggunakan motor-motor keluaran terbaru loh Brads. Karena masih banyak juga klub motor antik, klasik atau motor tua yang menjadi kebanggaan mereka. Misalnya motor vespa yang punya beberapa komunitas di beberapa wilayah di Indonesia. Komunitas motor ini bahkan terus meluas hingga ke daerah lainnya. Itulah salah satu bukti bahwa komunitas motor ini memang terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Jumlahnya pun bertambah, sesuai dengan jumlah pengikutnya.

Nah, itu dia informasi tentang klub motor tertua di Indonesia Brads. Dari informasi ini, kita bisa tau kalau klub motor nggak selalu identik sama motor keluaran terbaru yang bermesin besar dan modern, tapi juga jenis motor tua yang antik dan punya keunikannya tersendiri. Sejarah klub motor di Indonesia juga menarik banget buat diikuti.