Mengenal Sejarah Motor Custom Tracker

Mengenal Sejarah Motor Custom
Tracker

09 February 2021

 

(sumber: otorider.com)


Aliran motor custom itu bermacam-macam, ada lowrider, Thailook, chopper, bobber, tracker, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak aliran dalam mengubah bentuk motor, motor custom tracker selalu memiliki penggemar tersendiri. Soalnya, motor yang membawa serta jiwa balap dirt track ini selain sporty juga bisa dipakai adventure kemanapun kita mau pergi Brads.


Untuk mengenal lebih dalam motor custom tracker kita harus mengerti dulu sejarah dari perkembangan motor custom ini. Karena bisa dibilang aliran tracker ini lahir dari dunia motorsport alias balap dirt track yang berkembang di tahun 1900-an.


Asal Muasal Motor Custom Tracker


Motor custom tracker lahir dari era 1950-an di Amerika Serikat Brads, waktu itu balapan dirt track dengan sirkuit oval beralas tanah lagi ramai di sana. Motor-motor yang ikut ajang balap ini biasanya berasal dari naked bike yang diubah bentuknya biar bisa ikut balapan.


Brads, perubahan bentuknya yang dilakukan buat ikut balap flat track ini disesuaikan dengan kondisi balap yang akan diikuti. Seperti body termasuk tangki yang dirampingkan agar lebih ringan dan aerodinamis, riding position yang tinggi. Terus juga knalpot yang dibuat lebih tinggi, penggunaan single seater, hingga ducktail a la café racer yang meruncing dan rata.


Nah belum lagi, ban yang diganti dengan dual purpose karena penggunaan di tanah. Terus juga sektor shock breaker dipilih yang lebih cocok dengan medan. Karena dipakai di ajang balap, gak ada tuh headlamp di motor custom tracker. Posisi headlamp diganti dengan nomor punggung si pembalap. Terakhir juga penggunaan skid plate untuk melindungi mesin.


Motor custom tracker pun mengikuti spesifikasi di atas untuk bagian yang diubah. Tetapi, karena digunakan di jalan raya, penggunaan headlamp tetap dipertahankan agar tetap aman digunakan Brads.


Jenis Motor Custom Tracker yang Diminati Saat Ini


Motor custom tracker emang gak ada matinya, Brads! Selalu punya penggemar tersendiri dan cocok di mata penggemar motor lainnya bahkan orang awam. Karena itu, kalian bisa baca nih tiga jenis modifikasi motor custom tracker yang lagi hype.


1. Flat Tracker

 

(sumber: bikeexif.com)


Seperti namanya, jenis flat tracker mengikuti persis bentukan motor yang ikut ajang balap dirt track. Para modifikator yang membangun motor jenis ini berusaha keras agar hasilnya period correct dengan era balap dirt track puluhan tahun lalu.

 

Sehingga kesan retro dan melegenda muncul di hasil garapan flat tracker. Tapi ingat Brads, jenis ini gak street legal, karena persis mengikuti era keemasan dirt track. Di mana gak ada lampu, spion dan lampu sein yang menempel di motor. Cocoknya untuk kontes atau turun balap.

 

2. Street tracker

(sumber: bikeexif.com)


Kalau jenis street tracker adalah turunan dari flat tracker yang disesuaikan agar bisa digunakan juga di jalan raya. Ciri khas motor custom tracker seperti body ramping dan ban dual purpose tetap ada. Tapi, ditambahkan lampu, tempat plat nomor, lampu sein dan spion agar gak melanggar aturan.

 

3. Board Tracker

 

(sumber: gridoto.com)

 

Jenis board tracker berakar dari ajang balap di Los Angeles Motordrome, USA, yang hits pada awal 1900-an Brads. Nama board tracker muncul karena konstruksi dan bentuk motor yang ikut balap saat itu sangat sederhana.


Wujud board tracker biasanya terdiri dari frame yang rigid, fork depan dengan model girder, bentuk tangki yang lurus memanjang di bawah rangka. Serta diameter velg yang sangat lebar seperti velg sepeda. Pendeknya, motor board tracker itu kayak sepeda yang ditempel mesin buat ikut balap.

 

Aliran motor custom tracker tetap akan ramai disukai, lho, Brads! Kesan gahar dan kemampuan dua alamnya tetap jadi nilai unggul yang jadi pertimbangan untuk custom bentuk motor ini. Kalau mau bangun satu, pastikan kalian mengetahui jenis motor custom tracker mana yang kalian inginkan, ya!