alt
Tips

Mulai Bikin Konten Motovlog Pertamamu! Ini Caranya

14 September 2022

Sebagai anak motor kegiatan kita buat ketemu anak-anak komunitas pasti dilakukan dengan kopdar dan sunmori Brads. Momen-momen seperti itu, biasanya memang paling ditunggu-tunggu sama kita. Apalagi kalau diabadikan dengan foto dan video. Nah momen kumpul seperti ini bisa kita jadikan kesempatan buat bikin motovlog Brads!

Sekarang motovlog dan anak motor itu sudah gak bisa dipisahkan Brads. Banyak YouTuber motor yang juga membuat konten vlog motoran sebagai menu utama mereka selain membahas serba-serbi roda dua. Terus penggemar konten seperti ini juga banyak lho, gak sedikit orang-orang yang penasaran dengan kehidupan dan budaya anak motor.

Nah inilah yang menjadikan motovlog sebagai salah satu konten yang ramai diminati. Soalnya, vlog soal motor itu menyajikan sisi personal dari kehidupan anak motor.

 

Kondisi saat ini yang membuat banyak orang membuat konten kreatif

Sebenarnya bukan hanya konten vlog motor yang sedang ramai di dunia maya, banyak juga jenis konten lain yang sering diunggah. Nah tren membuat konten kreatif memang sedang disenangi oleh banyak orang, Brads. Selain, cara dan alat yang lebih mudah untuk dilakukan, membuat konten video juga bisa membawa pundi-pundi cuan ke kantong kita.

Selain dimotivasi oleh uang, para pembuat konten video juga ada yang mengejar posisi sebagai influencer di bidangnya masing-masing. Atau pun hanya sekedar berbagi cerita soal hobi dan kesukaan yang mereka miliki. Toh untuk membuat sebuah konten di masa sekarang sudah terhitung mudah untuk dilakukan. Dengan modal handphone pun juga sudah bisa menghasilkan sebuah konten video.

Termasuk buat Brads yang mau mulai mendokumentasikan kegiatan motoran yang sering dilakukan. Kalau Brad memang mau gak perlu ragu-ragu, tinggal gas aja yang penting dilakukan. Alat yang dibutuhkan sedikit, kok Brads bisa menggunakan action camera, dudukannya, serta handphone atau laptop sebagai sarana mengedit motovlog.

Tetapi yang penting itu footage yang dihasilkan bagus, dan gak goyang Brads. Mengingat posisi mengambil gambar di motovlog itu didominasi saat berkendara. Jadi, bukan cuma rem posisi kamera pun harus pakem!

 

Tips pemasangan kamera dan pernak pernik vlog lainnya

Bermodal action camera, Brads sudah bisa mulai mengambil gambar untuk motovlog yang akan dibuat. Tentunya posisi penempatan kamera harus sesuai dan tidak boleh berguncang. Kalau pun bergerak biasanya mengikuti posisi helm yang dikenakan.

Ada beberapa posisi kamera yang Brads bisa ikuti, tempatnya berkisar di helm dan stang motor. Yuk simak posisi paling nyaman untuk meletakkan action camera saat membuat motovlog.

 

1. Samping Helm

Posisi di samping helm merupakan tempat yang tepat buat kamera Brads. Biar lebih pas Brads bisa memposisikan kamera sejajar dengan posisi dan pandangan mata, jadinya penonton juga bisa merasakan langsung dari sisi atau point of view rider. Selain itu posisi di samping helm biasanya berkontur lebih datar, tetapi akan membuat helm jadi berat sebelah.

2. Atas Helm

Posisi ini lebih stabil untuk digunakan pada helm karena beban kamera tepat berada di atas dan tengah Brad. Selain itu, sudut pandang yang dilihat oleh pemirsa pun lebih luas Brads. Tetapi hati-hati aerodinamika helm akan terganggu ketika melaju di kecepatan tinggi.

3. Dagu Helm

Posisi ini dibilang pas, karena kamera memberikan pandangan penuh ke jalan serta panel instrumen motor. Selain itu berat pun tidak bergeser banyak, dan audio dari Brad bisa terekam dengan lebih baik.

4. Tengah Stang Motor

Kalau penempatan di stang ini bisa Brads lakukan bila menggunakan kamera lebih dari satu. Kamera tambahan itu bisa dipasang di stang untuk mengambil gambar dari sudut headlamp atau pun merekam reaksi rider di jalan.

 

Karena proses shooting yang dilakukan seringnya saat berkendara, Brads wajib juga memperhatikan hal-hal selama pengambilan gambar. Biar tetap aman dan tidak melanggar aturan.

 

Yang perlu diperhatikan selama dalam perjalanan

Dalam membuat motovlog Brads wajib memperhatikan beberapa hal selama pengambilan gambar di jalan. Tujuannya agar Brads bisa senantiasa aman dan memberikan pesan yang baik kepada penonton. Simak dulu hal wajib yang harus dipenuhi kala membuat motovlog.

1. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Brads untuk hal ini memang wajib hukumnya untuk diikuti, soalnya sebagai anak motor dan influencer kita wajib untuk memberikan contoh yang baik selama berkendara kepada masyarakat. Jangan sampai hanya demi konten kita melanggar aturan yang berlaku di jalan.

2. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Kalau Brads sudah menyiapkan alur cerita yang ingin direkam, jangan sampai lupa untuk membawa dan mengatur peralatan yang dibutuhkan. Dalam prosesnya gak ada salahnya kok Brads mengajak serta teman untuk dibonceng demi keperluan mengambil gambar.

3. Rencanakan Rute Perjalanan

Nah yang ini sering kali kelewatan, jangan sampai Brads hanya asal riding saja tanpa tujuan yang jelas. Nantinya malah video yang dihasilkan terkesan asal dan gak ada arah karena hal tersebut. Lebih baik Brads rencanakan tujuan dan rute yang ingin dilewati, sembari mengambil titik-titik tempat yang bisa dieksplor lebih jauh saat merekam motovlog nanti.

 

Jadi begitu Brads sekarang sudah siap dan gak ada keraguan lagi kan untuk membuat sebuah motovlog. Ingat yang paling penting itu niat, kalau niat sudah bulat pasti segala halangan bisa dilewati.

ARTIKEL TERKAIT

...

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

...

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

...

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

...

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

...

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

...

Alasan Lo Harus Touring bareng Komunitas Motor Custom