Suryanation MotorLand | Gudang Garam

Official Artworker Suryanation Motorland

2018: Cetul Leatherart

17 October 2018

 

Bikers dan pakaian kulit sepertinya tak bisa dipisahkan. Para bikers kerap menggunakan aksesoris dari kulit untuk motor maupun pakaian yang digunakan. Nah di acara Suryanation Motorland 2018 – Live to Inspire, ada salah satu booth motorcycles art tenant asal Yogyakarta, Cetul Leather Art.

Seniman kulit ini menggeluti kerajinan jok berbahan kulit yang memadukan seni ukir dengan aksesoris berbau otomotif. Dirinya memulai seni ukir sejak 4 tahun yang lalu atau lebih tepatnya pada tahun 2012, nama Cetul Leather Art (CLA) juga sudah mulai di kenal seniman dan bikers di kota Jogja.

“Pelaku custom yang tidak membangun motor seperti saya di ajang ini memberikan tempat untuk kami belajar. Belajar dengan metode trial dan eror mengharuskan biaya yang tidak sedikit,” ujarnya. Kehadiran saya di ajang Suryanation Motorland inilah yang menjadi wadah bagi pengerajin kulit agar mudah belajar dan mengembangkan kreasinya. Bagaimana dengan persaingan di industri yang sama? Bagi saya, setiap orang memiliki tangan yang berbeda, saya berharap pelaku custom untuk kedepannya akan lebih baik. Buat saya tidak akan ada persaingan karena custom scene ini berbeda.

Tahun ini Cetul akan membuat karya keren untuk Kawasaki Custom bareng Andi Akbar dari Katros Garage dan Danny Hacka untuk menghasilkan karya terbaik mereka secara live di setiap kota dalam Suryanation Motorland 2018 – Live to Inspire.