Penting Diperhatikan Agar Kunci Kontak Motor Awet

Penting Diperhatikan Agar Kunci
Kontak Motor Awet

28 January 2021

 

Kalau berbicara tentang perawatan motor, sering kali kita terlalu fokus hanya pada bagian mesin, sehingga gak sedikit bagian-bagian vital lainnya yang terabaikan. Padahal setiap bagian motor Brads itu sangat penting untuk diperhatikan, lho! Terutama kalau motor adalah kendaraan yang Brads gunakan sehari-hari!


Nah, salah satu bagian motor yang paling sering terabaikan adalah kunci kontak! Siapa yang menyangka kalau ternyata bagian motor yang satu ini dapat mengalami kerusakan? Salah satu tandanya adalah kunci kontak akan mulai melonggar.


Kondisi kunci kontak yang melonggar ini ternyata bukanlah masalah yang sepele, lho, Brads! Banyak kejadian para pengendara motor yang kehilangan kunci motornya dikarenakan kondisi kontak yang melonggar. Duh, kalau kunci motor sudah hilang apalagi dalam keadaan mesin masih menyala, tentu saja akan sangat repot, Brads!

Masalah lainnya adalah kunci kontak juga bisa mengalami kemacetan, lho! Tentunya Brads gak mau dong ketika akan berkendara, tiba-tiba kunci kontak malah macet dan motor jadinya tidak bisa dinyalakan?


Itulah kenapa Brads juga harus rutin melakukan perawatan pada kunci kontak. Untuk melakukan perawatan ini sebenarnya sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu. Nah, berikut tips-tips merawat kunci kontak agar lebih awet!


Tips Merawat Kunci Kontak Motor


1. Pakai Gantungan Kunci Ringan

Hal ini tampak sepele, tapi ternyata sangat berpengaruh, lho, Brads! Gak sedikit pemilik motor yang memasang gantungan kunci yang berat dan ternyata hal tersebut yang membuat kunci kontak jadi cepat longgar. Biasanya pemilihan gantungan kunci yang terlalu besar dan berat ini ditujukan agar membantu pemilik motor lebih mudah menemukan kuncinya.

Brads dapat menggunakan lanyard atau gantungan kunci yang berbahan ringan agar kunci kontak lebih awet. Jangan sampai deh ingin gaya, malah jadinya keluar biaya!


2. Semprot Cairan Contact Cleaner

Ternyata kunci kontak juga membutuhkan semprotan cairan pembersih, lho! Padahal kunci kontak juga terpapar oleh debu, terutama motor-motor yang belum atau tidak dilengkapi penutup kunci. Debu yang menumpuk inilah yang menyebabkan kunci kontak mengalami kemacetan.

Brads dapat menemukan contact cleaner yang terdapat di bengkel dan toko-toko aksesoris motor dengan harga yang terjangkau, lho! Cara menggunakannya pun tergolong mudah, yaitu dengan menyemprotkan contact cleaner ke kunci kontak. Jika cairan meleber, segera lap cairan yang berlebih tersebut.

Brads juga harus ingat, ya, untuk tidak menggunakan cairan penetran dan oli bekas. Karena kedua cairan tersebut hanya akan menambah kotoran pada kunci kontak motor Brads!


3. Jangan Paksa Kunci

Jika kunci kontak telah mengalami kemacetan, jangan pernah untuk memaksakan kunci kontak, lho, Brads! Hal ini berisiko membuat lubang kunci tambah rusak dan longgar. Jika kunci Brads mengalami kemacetan, semprotkan contact cleaner dan tunggu hingga cairan mengering lalu coba masukkan kembali kunci. Jika masih macet, coba lakukan secara berulang hingga kunci berputar normal.


4. Selalu Pasang Penutup Kunci

Setelah menggunakan motor, jangan pernah lupa untuk memasang penutup kunci kontak. Hampir semua motor buatan tahun 2012 ke atas sudah dilengkapi dengan penutup kunci. Bahkan beberapa tahun terakhir, penutup kunci ini otomatis tertutup saat kunci dilepas. Selain demi keamanan motor Brads, penutup kunci ini juga berfungsi agar lubang tak mudah kemasukan air atau debu. Sebab, air dan debu bisa menyebabkan bagian dalam lubang kunci rusak atau berkarat.


Nah, ternyata mudah kan merawat kunci kontak motor? Jadi jangan sampai Brads mengabaikan bagian motor yang satu ini, ya!