Pentingnya Electrical Box Pada Motor Custom

Pentingnya Electrical Box Pada
Motor Custom

15 January 2021

 

Pemasangan baterai atau aki pada motor custom kadang tak semudah yang dibayangkan. Apalagi bagi yang suka tampilan simple dan minimalis. Kehadiran aki, justru dianggap merusak tampilan motor.


Untuk itulah, builder motor custom biasanya membuatkan battery box atau kotak aki, yang dipasang tersembunyi. Masing-masing punya cara dan selera sendiri.

Chandra Nyala Wiranata aka Gembenk dari Sinner & Co., bengkel spesialis chopper di Surabaya, misalnya. “Kami lebih suka mengadopsi model electrical box seperti yang biasa untuk Harley-Davidson. Jadi bukan sekadar kotak aki, tapi kotak kelistrikan karena satu kotak bisa berfungsi untuk menyimpan beberapa komponen, seperti aki, CDI, dan koil,” info pria yang lebih akrab disapa Gembenk ini.


Dan meskipun disebut kotak kelistrikan, tapi jangan salah. Bentuknya nggak selalu kotak lho. Bisa juga silindris, menyesuaikan desain keseluruhan, dan atau posisinya.

“Bentuk dan ukuran electrical box harus diperhitungkan sesuai konsep dan gaya motor tersebut. Kadang electrical box juga digunakan untuk mengisi kekosongan. Karena itulah desainnya harus tepat,” jelas Gembenk.