Suryanation MotorLand | Gudang Garam

Tim Suryanation Motorland Berkunjung

ke Bengkel Legendaris Arlen Ness Motorcycles

26 March 2020

 

Perjalanan penuh inspirasi tim Suryanation Motorland di Amerika Serikat berlanjut dengan mengunjungi bengkel salah satu legenda motor custom dunia, yaitu Arlen Ness Motorcycles. Setelah sebelumnya mengunjungi Museum Harley-Davidson di Milwaukee, Wisconsin. Mereka sekarang menempuh perjalanan lebih dari 3.000 km dari Milwaukee yang berada di wilayah Timur ke San Francisco yang berada di wilayah Barat Amerika Serikat. 

Arlen Ness Motorcycles didirikan oleh Arlen Ness, seorang builder legendaris yang juga merupakan pengusaha di bidang motor custom. Arlen Ness sendiri sampai saat ini masih tetap dikenang sebagai salah satu nama besar di skena custom dunia meskipun ia telah wafat pada Maret 2019 lalu di usia 79 tahun. Motor-motor garapan Ness terkenal memiliki karakter pada desain bodi, pewarnaan, dan juga sektor engineering yang cenderung eksperimental. Kuatnya karakter pada motor-motor garapan Arlen Ness membuat karya-karyanya sangat ikonik dan menarik. Di sana, Tim Suryanation Motorland tidak cuma diajak berkeliling gallery motornya saja, tapi juga masuk ke area workshop untuk melihat bagaimana cara pembuatan parts, servis, sampai ke proyek custom terbaru Arlen Ness Motorcycles. Bahkan, kita berkesempatan untuk melihat on going project dari Arlen Ness Motorcycles yang masih dirahasiakan. Motor yang baru selesai 60% ini nantinya akan masuk tahap finishing di ruangan rahasia yang hanya bisa diakses oleh Cory Ness, anak dari Arlen Ness yang menjadi penerus dari bengkel Arlen Ness Motorcycles.

Konsistensi dan karakter motor-motor Arlen Ness sangat menginspirasi builder-builder kita yang berkunjung ke sana. Apresiasi dan antusiasme tinggi juga ditunjukkan oleh segenap Tim Suryanation Motorland pada kunjungan ini. Komang Gede Sentana, builder dari Kedux Garage juga sempat berkomentar soal garage ini. “Tidak heran jika Arlen Ness dapat banyak penghargaan di masa lalu. Ia sangat kreatif dan juga mampu menciptakan sebuah karya out of the box. Setelah melihat secara langsung karya-karya dan proses pengerjaannya di Arlen Ness Motorcycles, referensi saya tentang motor custom jadi bertambah dan bisa menjadi inspirasi dalam membangun motor saat kembali ke Indonesia,” ujarnya.    

Penggalian Inspirasi kita di San Francisco kali ini sukses besar. Selain tim kita disambut dengan hangat oleh Cory Ness, kita juga mendapat ilmu berharga melalui diskusi inspiratif dengannya soal motor custom. San Francisco memang tujuan yang tepat dalam perjalanan kita mencari inspirasi di Amerika. Seperti kata Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee “San Francisco bisa dibilang merupakan salah satu surganya para pecinta motor. Setiap harinya di wilayah Bay Area, berbagai jenis motor bisa dengan mudah ditemui mulai dari skuter, motor chopper sampai dengan motor sport ber-cc besar. Semua berbagi jalanan yang sama. Pemandangan seperti itu tak bisa ditemui di sembarang kota di Amerika Serikat.”. 

Pencarian inspirasi Tim Suryanation Motorland gak berhenti sampe sini nih, karena kita masih akan berkunjung ke bengkel-bengkel inspiratif lainnya. Untuk detailnya, ikuti terus keseruan Suryanation Motorland 2020 di Instagram resmi kita @suryanation_motorland. Ayo brads, Show Your Pride!

Lihat Galeri