Tips Memilih Helm Touring untuk Kenyamanan Berkendara

Tips Memilih Helm Touring
untuk Kenyamanan Berkendara

31 October 2020

 


Siapa nih Brads diantara kalian yang hobi banget touring? Kegiatan touring buat  anak-anak komunitas motor emang jadi kegiatan yang  seru dan menyenangkan banget. Apalagi kalau rute perjalanan dan medannya juga sangat menantang. Nah, perlengkapan yang nggak boleh kalian lupakan saat touring salah satunya adalah helm touring.

Helm motor touring penting banget buat melindungi keselamatan kepala kalian untuk berkendara. Supaya perjalanan yang ditempuh juga semakin nyaman dan aman. 

Kegiatan Touring dalam Mengisi Liburan


Saat liburan datang, ada beberapa orang yang memilih  touring untuk mengisi waktu liburan mereka. Seringnya, hobi touring ini dilakuin sama anak-anak komunitas motor. Biasanya rute yang dipilih juga bervariasi banget biar nggak ngebosenin.  Rute antar kota atau antar provinsi bisa jadi pilihan yang tepat. Waktu yang dihabiskan bisa sehari saja bisa juga berhari-hari lamanya loh Brads! 

Dalam melakukan kegiatan touring bagi anak-anak motor ini biasanya diberlakukan aturan yang harus dipatuhi. Salah satu dari komunitas touring biasanya dipandu oleh Road Captain  dan  tim lainnya akan mengikuti aturan di perjalanan dengan patuh. Keselamatan dalam berkendara menjadi hal yang utama agar  perjalanan kalian jadi aman dan lancar.

Touring juga bisa dilakukan sendiri atau berkelompok. Biasanya yang melakukan kegiatan touring secara berkelompok ini adalah anak-anak komunitas motor. Dengan tujuan tertentu untuk menyalurkan hobi berkendara di jalan raya. Selain menikmati pemandangan Indonesia yang indah banget di  perjalanan, kegiatan touring juga bisa membuat keindahan kebersamaan dengan tim lainnya. 

Tips Memilih Helm Touring yang Sesuai dengan Fitur yang Ada

Umumnya, para pengendara motor akan pakai helm full face saat touring supaya lebih aman. Namun, tidak menutup kemungkinan mereka juga memakai helm half face. Berikut ini beberapa cara untuk memilih helm touring yang aman dan nyaman:

1. Pilih Helm SNI

Helm berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia) merupakan helm yang memiliki standar sesuai dengan peraturan dari pemerintah. Dengan memakai SNI helm, maka kalian sudah mengikuti standar keselamatan berkendara yang ditetapkan oleh pemerintah. Lagipula, ini juga berguna untuk memberikan perlindungan yang maksimal buat kepala kalian ya Brads! 

2. Pilih Helm yang Ukurannya Sesuai dengan Ukuran Kepala

Sesuaikan ukuran helm dengan ukuran kepala Brads ya. Karena jika helm terlalu kebesaran atau kekecilan akan membuat pengendara menjadi tidak nyaman. Jadi, pastikan bahwa helm touring kalian sudah pas sesuai ukuran kepala. 

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Selalu pilih helm sesuai kebutuhan. Helm yang digunakan untuk touring ini bisa model helm full face tapi bisa juga half face. Pilihlah helm full face kalau memang perjalanan yang kalian lakukan memakan waktu lama, medan yang cukup berat, dan jauh. Tujuannya agar perlindungan di wajah dan kepala kalian bisa lebih maksimal. Tapi, kalau perjalanan tidak terlalu jauh, medan cukup mudah, dan tidak terlalu berbahaya, kalian bisa memilih helm half face supaya bisa lebih bersantai saat touring. 

Selain itu, jangan memilih kaca helm yang gelap ya Brads, supaya penglihatan bisa tetap jelas meski di malam hari. Kalian juga bisa memilih jenis helm yang memang sudah double visor, tujuannya supaya tidak silau saat berkendara di siang hari. 

Jenis Perlengkapan Touring yang Harus Diperhatikan


Lalu, apa saja sih perlengkapan yang harus dibawa ketika sedang touring? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Helm Touring 

Helm adalah hal utama yang harus kalian bawa saat touring ya Brads. Tanpa adanya helm touring, keselamatan kepala kita saat berkendara bisa terancam dan jadi sangat riskan. Apalagi kalau touring yang dilakukan memakan waktu lama dan perjalanan yang jauh.

2. Jas Hujan 

Salah satu perlengkapan  yang penting dan harus kalian bawa  waktu touring adalah jas hujan n. Apalagi kalau  Brads melakukan kegiatan touring ini di musim hujan. 

3. Pakaian Ganti dan Sepatu  yang Nyaman

Karena akan melakukan perjalanan jauh maka pakaian ganti juga tetap wajib dibawa. Selain itu  gunakan juga sepatu yang nyaman supaya perjalanan menjadi lebih aman dan tetap menyenangkan.

4. Tool Kit

Motor yang dikendarai juga wajib dijaga dengan baik, sehingga bawalah tool kit atau peralatan motor yang lengkap. Sebab, apabila terjadi kerusakan pada motor segalanya bisa diatasi dengan mudah.

5. Communication System atau Intercom 

Intercom adalah alat komunikasi yang akan ditaruh pada bagian helm anggota touring. Alat ini bakal dibutuhin banget kalau kalian touring secara rombongan. Sulitnya komunikasi pasti sering bikin rombongan pecah dan ada yang tertinggal atau terlalu jauh di depan. Nah, supaya rombongan bisa tetap solid dan teratur, kalian bisa pakai intercom ini untuk komunikasi antar anggota komunitas motor ya Brads.  

 Nah, kalau Brads sudah menggunakan helm touring yang sesuai dengan standar, kebutuhan dan kenyamanan, maka kegiatan touring ini akan menjadi kegiatan yang sangat seru tetapi tetap aman dan nyaman. Jadi, jangan sampai melupakan berbagai tips di atas ya Brads!