Tips Merawat Helm Setelah Kehujanan

Tips Merawat Helm Setelah
Kehujanan

22 January 2021

 

(https://image.shutterstock.com/image-photo/moto-helmet-drop-water-on-600w-500908810.jpg)


Brads musim hujan sudah mulai dirasakan di Indonesia, menurut prakiraan BMKG puncaknya itu ada di bulan Januari sampai Februari tahun 2021. Nah, karena kesibukan kita yang gak bisa diganggu oleh cuaca, terus daily commute yang sering naik motor. Brads sudah tahu cara merawat helm setelah diguyur hujan belum?


Naik motor sewaktu hujan itu memang harus penuh kehati-hatian Brads, selain jarak pandang yang menurun, jalan yang jadi licin terus kenyamanan kita waktu nyetir juga jadinya terganggu. Sebabnya karena apa yang kita kenakan jadi basah dan lembab, walaupun sudah menggunakan jas hujan masih ada resiko rembesan yang menembus.


Belum lagi helm kita Brad, kalau kaca helm diturunkan visibilitas makin terganggu sama bulir air yang menempel. Tapi kalau gak dipakai busa helm menjadi basah karena menyerap air hujan. Meski begitu, perjalanan harus tetap lanjut Brads, baru setelah sampai kita lakukan perawatan pada helm biar gak rusak.


Pentingnya Merawat Helm Agar Tetap Awet dan Nyaman


Motor dengan helm itu ibarat gas sama rem Brads, harus ada dua-duanya biar perjalanan kita aman. Nah, tapi kalau misalnya helm dalam kondisi kurang terawat terus juga lembab karena habis hujan, kita jadi ragu mau pakainya. Nanti kalau dipaksakan malah gak betah terus nyetir jadi gak fokus.


Karena itu Brads kita juga harus merawat helm sebagai salah satu safety gear kita. Yang namanya safety gear itu kan wajib hukumnya untuk terus nempel di badan. Jadinya harus tetap dalam keadaan optimal biar kondisinya tetap awet dan nyaman waktu dikenakan.


Apalagi di musim hujan seperti sekarang kayak gini Brads, helm butuh perhatian lebih biar gak cepat rusak. Soalnya, cipratan air hujan yang bikin basah dan lembab itu bisa membuat helm jadi bau dan berjamur kalau gak ditangani dengan baik.


Tapi cara merawatnya juga gak bisa sembarangan Brads, kalau asal malahan bisa memperparah kondisinya. Terus juga bisa menimbulkan kerusakan tambahan yang sebelumnya gak ada di helm kita. Jadinya malah keluar uang lebih untuk reparasi helm, atau malah ganti yang baru.


Nah karena itu perawatan helm jangan kita sepelekan apalagi di musim hujan. Walaupun misalnya rasa lelah dan mager muncul begitu sampai di rumah. Setelah bersih-bersih diri gak ada salahnya juga kita memberi perhatian ke helm kesayangan Brads.


Langkah paling sederhana buat merawat helm setelah menerjang hujan itu adalah, mengeringkan helm kita Brads. Dicuci memang gak wajib tetapi seenggaknya helm cepat kering biar gak menimbulkan bau dan jamur.


Cara Mengeringkan Helm Setelah Kehujanan


Hujan yang menerjang di jalan memang bikin basah helm kita Brads. Nah, usahakan begitu sampai di rumah saat setelah melepas terus menjemur jas hujan dan alas kaki, kita juga sekalian keringkan helm. Biar lebih cepat siap pakai buat riding selanjutnya.


Cara mengeringkan helm gak sulit buat dilakukan kok, yang kita perlukan hanya niat dan alat seperti obeng. Langkah pertama adalah melepaskan semua inner padding di dalam helm. Brads wajib copot bagian padding yang berada di pinggiran dan langsung terkena air. Setelah itu langsung jemur saja dengan digantung agar terkena angin atau sinar matahari.


Setelah itu baru jemur helm dengan posisi menghadap atas tapi, sebelum di jemur pastikan Brads sudah mengelap bagian luar batok. Menjemurnya juga sama seperti inner padding cukup digantung dan dibiarkan terkenan angin atau sinar matahari. Tetapi jangan terlalu lama kalau di bawah sinar matahari biar busa bagian dalam tidak cepat getas.


Kalau sudah saatnya mengelap visor atau kaca helm kalian Brads. Sederhana kok, saat kondisinya masih basah pastikan kalian lap di kedua sisi luar dan dalam. Nah, setelah kering kalian bisa aplikasikan cairan pembersih atau coating agar visor lebih bersih mengkilap serta tahan air dan debu.


Jika semua bagian di atas sudah kering Brads bisa rakit kembali helm dengan urutan seperti di atas. Begitu Brads cara merawat helm setelah kehujanan, sederhana dan gak makan waktu banyak kan.