Suryanation MotorLand | Gudang Garam

Touring Motor Sesuai Protokol

di Era Pandemi

17 November 2020

 


(Sumber gambar: Otoblitz.net)

Seperti yang kalian tahu Brads, banyak banget aktivitas atau kegiatan yang harus dibatasi selama masa pandemi ini. Salah satunya, acara touring ya Brads. Acara touring motor bagi bikers itu emang mengasyikkan banget dan jadi soul atau jiwa dari komunitas motor itu sendiri. Kabar baiknya, sekarang di era new normal touring motor udah bisa diadakan, tapi harus tetep menerapkan protokol kesehatan ya Brads. 

Pro Kontra Touring Selama Pandemi 


(Sumber gambar: Facebook.comsuryanationmotorlandofficial)

Walaupun udah ada banyak komunitas motor yang mulai melakukan touring lagi di masa pandemi, tapi pro dan kontra tentu nggak bisa dipisahkan sama hal ini. Ada beberapa pihak yang pro sama acara touring motor di era pandemi karena mereka berpendapat touring ini bisa jadi ajang refreshing karena penat di rumah aja selama beberapa bulan belakangan. 

Tapi, ada juga pihak yang kontra karena menganggap kondisi masih belum aman dan bisa membahayakan peserta touring itu sendiri Brads. Jalan tengahnya, adalah touring tapi tetap menerapkan protokol kesehatan. Tujuannya biar potensi penularan covid-19 bisa ditekan semaksimal mungkin ya Brads. 

Touring With Safety: Protokol Kesehatan Touring Selama Pandemi 


(Sumber gambar: Facebook.comsuryanationmotorlandofficial)

Touring with safety harus bener-bener kalian terapin kalau mau touring di masa pandemi kayak gini. Nggak cuma perlengkapan berkendara kayak helm touring, sepatu yang nyaman, atau jas hujan aja, ada beberapa protokol kesehatan yang harus kalian patuhi: 

  1. Jangan Lupa Pakai Masker

Masker jadi barang krusial yang nggak boleh kalian lupakan. Selama touring pastikan kalian membawa masker selalu ya Brads. Selain mencegah penyebaran covid-19, masker juga bikin perjalanan kalian lebih nyaman dari debu dan angin. 

  1. Terapkan Physical Distancing 

Jaga jarak sama anggota touring kalian kalau waktu istirahat tiba. Misalnya waktu kalian istirahat buat makan, jaga jarak jangan sampai terlalu mepet ya. Biar keamanan dan kesehatan antar anggota komunitas motor terjaga. 

  1. Rajin Cuci Tangan

Kalian juga tetap harus rajin cuci tangan selama touring. Misalnya habis berkendara dalam waktu lama dan masuk waktu istirahat, sebelum makan, atau habis pegang uang atau barang lainnya. Kalau emang nggak ada fasilitas cuci tangan, kalian bisa pakai hand sanitizer. Jadi, pastikan bawa hand sanitizer selalu ya! 

Selain itu, usahakan untuk menambah waktu istirahat selama perjalanan supaya tubuh tetap dalam kondisi fit, dan nggak membuat motor bekerja lebih keras. Kegiatan touring tentu akan menguras fisik lebih banyak, dan kalian akan jadi lebih capek.

Destinasi Asyik Buat Touring Selama Pandemi 


(Sumber gambar: Gastankmagazine.com)

Ketika kalian memutuskan untuk touring, hal lainnya yang perlu direncanakan adalah tempat tujuan touring. Banyak banget loh tujuan yang seru dan bisa jadi destinasi terbaik buat komunitas motor. Jangan lupa untuk service motor dulu Brads, pastikan kapasitas mesinnya emang memenuhi dan bagus buat perjalanan jauh. Berikut ini pilihan destinasi wisata asyik untuk touring:

  1. Puncak

Nah, salah satu destinasi yang pas banget buat touring yang bisa kalian pilih dan bahkan dikenal dengan baik sama komunitas motor adalah puncak. Di sana juga banyak banget tempat wisata pilihan menarik yang cocok untuk anak bikers yang pengen refreshing. Mulai dari Curug Cilember, Telaga Warna, dan Taman Matahari. 

  1. Ujung Genteng

Salah satu destinasi asyik yang sering dijadikan tujuan touring sama anak-anak motor adalah Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat. Kalian bakal disambut sama pemandangan indah tempat ini kalau udah sampai. Dengan suasana yang masih sepi dan tenang, dijamin kalian juga bisa bakal refreshing dan lepas sejenak dari kepenatan yang ada. 

  1. Guci, Tegal 

Buat komunitas motor yang ada di Jawa Tengah, pemandian air panas Guci di daerah Kabupaten Tegal bisa jadi destinasi yang seru buat dikunjungi. Terletak di kaki Gunung Slamet, rute untuk menuju ke tempat ini sangat seru untuk ditempuh. Selain itu, suasana dan udaranya juga sejuk loh Brads. 

  1. Danau Batur, Bali 

Pulau Bali juga punya destinasi menarik buat komunitas motor loh Brads, tepatnya di Danau Batur. Daya tarik utama tempat ini adalah rute pegunungan di dalam kaldera Gunung Batur yang akan sangat menantang dan menyenangkan untuk para bikers. Selain itu, kalian juga bisa menikmati udara yang sejuk dan pemandangan serba hijau yang menyegarkan mata. 

  1. Malang Selatan 

Daerah Jawa Timur tepatnya Malang Selatan juga bisa jadi alternatif tujuan touring buat komunitas motor. Daya tarik dari destinasi ini adalah rute jalan yang sangat bervariatif, mulai dari tanjakan, tikungan yang tajam, sampai tikungan blindspot akan sangat menantang buat para para bikers. Asyiknya lagi, pemandangan pantai dan pegunungan di sepanjang rute ini juga sangat indah loh Brads. 

  1. Flores 

Destinasi touring selanjutnya adalah di Flores, tepatnya di rute Labuan Bajo sampai Larantuka. Rute perjalanan ini akan menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan trek yang panjang tapi menyenangkan. Bahkan kalian juga bisa singgah di Taman Nasional Komodo saat touring ke Flores. 

  1. Rute Sumatera Barat 

Rute yang bisa dicoba untuk bikers di Sumatera Barat dimulai dari Padang, Lembah Harau, sampai Danau Singkarak. Selain disambut pemandangan alam yang luar biasa indah, bikers juga bisa merasakan tantangan dari jalan yang banyak berkelok-kelok. 

  1. Sulawesi Selatan 

Di daerah Sulawesi Selatan, biker bisa mencoba rute Makassar, Toraja, sampai Palu. Saat melewati rute ini kalian akan merasakan sensasi masuk daerah hutan, perkotaan, bahkan perbukitan loh Brads. Inilah yang membuat rute ini menyenangkan dan nggak membosankan. 

Nah, itu dia Brads informasi tentang touring motor selama pandemi ini sekaligus destinasi touring yang bisa kalian coba. Jangan lupa juga buat selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku ya Brads. Supaya touring bisa berjalan lancar, aman dari covid-19, dan nyaman untuk semua peserta.