Waktu yang Ideal untuk Mengganti Minyak Rem pada Motor

Waktu yang Ideal untuk
Mengganti Minyak Rem pada Motor

11 December 2020

 

Siapa yang tidak tahu soal pentingnya mengganti minyak rem? Brads pasti paham betul kalau minyak rem dan rem itu sendiri adalah salah satu hal krusial untuk sebuah sepeda motor. Sebagai salah satu fungsi keamanan yang paling penting, rem ini ternyata membutuhkan bantuan minyak rem dalam menjalankan fungsinya. Kenapa seperti itu?

 

Jadi gini Brads, sebuah sistem pengereman cakram, di mana kaliper menggigit cakram, membutuhkan bantalan yang disebut kampas rem untuk menurunkan kecepatan dengan gesekan. Gesekan dari kinerja ini menghasilkan panas yang berbanding lurus dengan seberapa cepat laju motor saat itu karena semakin cepat berarti semakin banyak gesekan ketika ngerem. Di sinilah peran minyak rem muncul.

 

Untuk menjaga panas yang dihasilkan dari gesekan, minyak rem yang bersifat cairan dan diwadahi oleh tangki master rem ini menjaga agar kedua logam yang bergesekan tidak kering serta meminimalisir panas yang dihasilkannya. Selain menjadi pelumas, minyak rem juga berfungsi untuk penyalur tenaga hidrolik saat pengereman dilakukan.

 

Minyak Rem dan Perjalanan Jauh