Yuk Kenali 5 Ciri V-Belt Motor Matic yang Mau Putus

Yuk Kenali 5 Ciri
V-Belt Motor Matic yang Mau Putus

20 November 2020

 

 

Brads, kepraktisan motor matic yang tinggal gas ditambah sensasi riding yang halus dan gak menyentak-nyentak itu memang nyaman banget dan gak bisa didapatkan dari motor lain. Tapi, dibalik semua itu kalian perhatian gak sih sama v belt motor matic yang dimiliki? Jangan sampai pas lagi asyik sunmori bareng komunitas, v belt motor kalian putus di tengah jalan, lho!

Berbeda dari jenis motor pada umumnya, motor matic menggunakan tipe transmisi Continuously Variable Transmission atau yang sering kita sebut dengan CVT. Pembeda utama dari CVT adalah penggunaan v belt untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang, bukan dengan rantai seperti misalnya pada motor bebek.


Tren Pergantian Rantai ke V-Belt di Motor



Brads, produsen yang pertama kali menggunakan v belt di sepeda motor itu ternyata datang dari Italia pada tahun 1984. Yaitu Vespa, waktu itu pabrikan skuter ini meluncurkan Vespa Corsa 125 yang menggunakan v belt dan CVT sebagai penggeraknya. Nah, semenjak itu banyak produsen roda dua yang mengekor Vespa nih, mulai menggantikan rantai dengan v belt. 

Walaupun di Indonesia Vespa Corsa 125 sudah beredar dari 1991, tren perubahan ke v belt baru ramai di dekade 2000-an Brads. Waktu itu beberapa pabrikan seperti Yamaha, Honda dan Kymco mulai merilis sepeda motor matic dengan v belt sebagai penggeraknya ke pasaran. Kymco di tahun 2000 merilis JetMatic ke pasaran, disusul Yamaha dengan Nouvo dua tahun kemudian.

Bisa dibilang, salah satu pemain yang jadi trendsetter v belt di motor saat itu adalah Yamaha. Mereka mengeluarkan sepeda motor berjenis skuter matic bernama Mio di tahun 2003. Kelahiran Yamaha Mio disambut dengan antusias oleh pengguna roda dua di Indonesia.

Gak mau kalah, Honda pun meluncurkan motor matic bernama Vario di tahun 2006. And the rest is history Brads, motor matic dengan v belt makin banyak dan digemari sama banyak kalangan. Kata data dari Kemenperin juga, penjualan tertinggi sepeda motor tahun 2019 datang dari motor matic yang mencapai lebih dari 80 persen.


V-Belt Komponen Penting untuk Motor Matic