alt

ARTIKEL SURYANATION MOTORLAND

INFORMASI DAN CERITA BAGI PARA PENGGILA RODA DUA

ARTIKEL TERBARU

alt
Tips

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

Komunitas isinya orang-orang keren, motor-motor custom-nya ghaib dan di luar nalar, masa iya nama komunitasnya biasa banget. Harus dibikin yang keren dan beda dong! Gimana supaya nama komunitas motor lo nggak kalah keren dengan motor custom lo, check this out, Brads! 1. Ga perlu nama yang panjang-panjang Maksimal 3 atau 4 kata lah, Brads. Alasannya, semakin panjang nama komunitas lo, semakin sulit pula nama tersebut buat diingat oleh orang. Percuma dong punya nama komunitas yang keren banget, yang bikin orang-orang terkesima pas bacanya, eh tapi besoknya orang-orang udah lupa aja dengan nama komunitas lo. 2. Bikin nama yang punya arti Misalnya lo kasih nama komunitas lo “Serigala Motor Club,” karena menurut lo “serigala” itu binatang yang cocok banget buat mencerminkan karakteristik komunitas lo, yaitu orang-orangnya tetap tangguh di saat sendirian, tapi bakal jadi lebih tangguh lagi kalau bersama kawanannya, rebel dan nggak mudah dijinakin, serta selalu setia kawan. Kuncinya, sih, bukan asal keren, tapi pastikan nama yang lo pilih benar-benar sesuai dengan karakteristik komunitas motor yang mau lo bikin, atau orang-orang di dalamnya. 3. Pilih nama yang menunjukkan sebuah kesamaan di komunitas lo Kalau lo nggak suka pakai nama yang punya arti filosofis, lo juga bisa pilih buat kata-kata yang menunjukkan kesamaan di dalam komunitas lo. Misalnya kalau komunitas lo adalah komunitas pecinta motor custom bertema “bobber,” lo bisa banget buat masukin kata “bobber” ini ke dalam komunitas lo. 4. Nggak perlu terpaku dengan kata “community” atau “club” Soalnya, lo bisa bikin nama komunitasnya jadi lebih unik dan keren dengan cara ini, Brads. Sebagai gantinya, lo bisa pakai kata “squad,” “army,” “brotherhood,” “kawanan,” atau kata-kata lainnya yang bisa berarti komunitas, klub, atau perkumpulan. 5. Jangan lupa juga buat diskusi dengan founder yang lain Ingat Brads, yang terpenting dalam komunitas motor itu adalah kebersamaan! Jadi jangan egois waktu nentuin nama komunitas lo. Diskusikan dengan founder lain, dan pastikan mereka juga suka dengan nama komunitas lo. Kalau mereka punya input yang menarik, nggak ada salahnya buat masukin ide mereka ke dalam nama komunitas lo. 6. Pastikan nama komunitas lo unik Kalau sudah ketemu nama komunitas yang lo dan teman-teman lo sukai, jangan lupa juga buat memastikan kalau nama komunitas ini sudah unik dan belum dipakai orang lain. Caranya gampang kok, cukup cari-cari nama komunitas lo ini di Google atau search engine lainnya dan berbagai media sosial. Kalau ternyata sudah dipakai, mending cari nama yang lain. Karena kalau dipaksakan, komunitas lo ini bisa dicap plagiat atau lebih parah, dianggap saingan. Tenang pasti ketemu yang lebih keren dan tetap mencerminkan komunitas lo, kok! Udah punya komunitas yang namanya keren, terus apa? Bikin komunitas lo jadi lebih gede dan besar namanya, supaya makin banyak orang yang tahu dengan komunitas keren lo ini. Salah satu caranya adalah bergabung dengan Suryanation Motorland dan berpartisipasi dalam event-event yang diselenggarakan. Suryanation Motorland sendiri adalah sebuah komunitas motor custom terbesar di Indonesia tempat berkumpulnya para builder, penggila, hingga pengepul motor custom. Lewat komunitas ini dan event-event yang diselenggarakannya, lo bisa bertemu komunitas-komunitas lain dan memperluas koneksi komunitas lo. Bahkan bukannya nggak mungkin lo ketemu orang-orang yang punya visi dan misi yang sama dengan komunitas lo, dan ngajak mereka buat bergabung ke komunitas motor lo ini. Source: https://evermos.com/home/panduan/brand/nama-kelompok-yang-kreatif-dan-bermakna/ https://communitycoach.me/how-do-you-name-your-community/

alt
Tips

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

Brads, berencana touring ke tempat yang jalurnya rusak alias off-road? Buat motor trail, sport atau adventure, sih, nggak jadi masalah, ya. Tapi gimana dengan pengguna motor matic? Kondisi jalan yang rusak parah dan banyak bebatuan memang bisa jadi kendala buat motor matic, jadi motor pun nggak bisa selincah motor kopling yang tinggal menutup dan buka gas secara simultan. Sebagai pengendara motor matic yang hobi touring atau mencoba buat mulai touring ke berbagai tempat, pastinya butuh teknik dasar berkendara biar bisa melintasi kondisi jalan yang rusak dengan aman. Ini dia beberapa teknik yang perlu lo pahami buat dipersiapkan sebelum touring, Brads: 1. Cara atur gas Brads, respon mesin motor matic lebih lambat dibandingkan motor kopling, karena pada motor sport atau kopling terasa lebih responsif. Jika tuas gas mendadak terbuka secara nggak sengaja, maka gerakan motor juga sontak bisa berubah. Sedangkan motor matic ini kurang cocok digunakan dengan cara buka tutup gas, karena kalau gas dibuka, motor akan jalan karena kopling ganda terbuka. Sebaiknya lo coba atur gasnya sekaligus biar nggak terpengaruh ayunan badan motor. 2. Atur kecepatan Teknik dasar yang nggak kalah penting adalah mengatur kecepatan laju motor sesuai kondisi jalan biar tetap seimbang dan nggak tergelincir. Pastikan lo dalam kecepatan yang sesuai ketika melewati jalan rusak buat mengurangi guncangan yang diterima oleh motor dan badan. Gunakan kecepatan rendah dan selalu melihat speedometer buat menjaga kecepatan kendaraan supaya tetap dalam batas kecepatan wajar. Perlu diingat juga kalau kalau guncangan yang diterima terlalu besar, kemungkinan terjadinya kecelakaan makin besar. Pastikan juga kendali stang lebih kuat supaya motor matic lo bisa terkendali dengan baik ketika melewati jalan yang rusak ini. 3. Penggunaan rem Saat melewati kondisi jalan yang rusak, sebaiknya jangan menggunakan rem depan. Gunakan rem belakang buat mengurangi resiko low slide atau tergelincir saat sedang bermanuver di jalan berbatu atau berpasir. 4. Angkat badan Mengangkat badan bertujuan buat mencegah goncangan dari motor karena jalanan yang nggak rata serta biar konsentrasi lo nggak terganggu. Saat berdiri, beban tubuh harus bertumpu pada lutut (telapak kaki di footstep atau floor step) dan gunakan lutut sebagai lengan ayun atau peredam guncangan dari kendaraan. Kemudian, pastiin seluruh jemari lo memegang stang biar lebih mudah juga dalam meraih tuas-tuas. 5. Gunakan riding gear lengkap Brads, jangan lupa gunakan riding gear yang lengkap dan aman buat mengurangi resiko cedera ketika mengalami kecelakaan. Pastiin lo pake helm yang udah SNI, jaket, dan, sarung tangan, sepatu, sampai masker. Kontur jalan di Indonesia emang macem-macem, nggak semuanya mulus, bahkan ada yang rusak dan berlubang. Makanya lo perlu persiapan ekstra sebelum riding dengan motor matic kesayangan biar tetap aman dan selamat sampai tujuan. Selain tips di atas, sikap tenang juga sangat diperlukan saat berkendara terutama di jalan yang rusak ini. Selain itu, selalu arahkan pandangan ke depan, jangan menunduk apalagi tengok kanan-kiri, biar lo tetap fokus memperhatikan permukaan jalan yang bakal dilalui. Jadi, udah siap touring pakai motor matic kesayangan? Buat lo yang mau touring bareng-bareng anak komunitas, lo bisa gabung ke komunitas Suryanation Motorland, Brads. Langsung aja join grup Facebook Suryanation Motorland Riders di sini. Banyak banget informasi menarik seputar motor dan acara-acara seru yang bakal lo dapetin. Yuk, gabung! Source: https://www.liputan6.com/otomotif/read/5069455/temui-jalan-rusak-bebatuan-saat-touring-pakai-skutik-begini-cara-aman-menghadapinya?page=2 https://www.medcom.id/otomotif/tips-otomotif/Dkq4r04b-trik-melewati-jalan-rusak-pemotor-wajib-coba-cara-ini https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/09/124200115/begini-cara-aman-mengendarai-motor-lewat-jalan-rusak

alt
Tips

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

Brads, kalau lo perhatikan, banyak banget motor custom yang pake perban di bagian knalpotnya, terutama pada bagian leher knalpot. Istilah perban ini disebut exhaust wrap atau thermo cool. Motor yang pakai exhaust wrap ini kelihatannya emang keren, tapi sebenarnya fungsi utamanya bukan buat estetika aja, melainkan buat meredam panas yang mengalir pada pipa knalpot. Dengan membungkus menggunakan perban ini, maka panas akan tertahan di kumparan, sehingga bisa menjaga knalpot pada suhu idealnya. Nggak cuma itu aja, exhaust wrap juga bisa melindungi kaki lo dari panas di leher knalpot, terutama buat motor custom yang biasanya memakai knalpot yang aliran pipanya berdekatan dengan kaki pengendara, seperti tracker atau scramble. Ini bisa meminimalisir risiko kaki terluka terkena knalpot yang panas. Selain itu, exhaust wrap juga bisa melindungi kabel-kabel yang ada di area yang dilewati knalpot biar nggak meleleh atau terbakar. Bisa disimpulkan bahwa penggunaan exhaust wrap ini juga cukup penting, karena panas berlebih pada knalpot juga bisa memengaruhi performa mesin. Cara Memasang Exhaust Wrap pada Motor Custom Sebagai peredam panas, exhaust wrap dipasang dengan cara dililitkan di leher knalpot motor mulai dari ujung mesin hingga ke bagian sambungan silencernya. Sebelum mulai memasang, pertama-tama bersihkan dulu knalpot dari kotoran yang menempel. Sementara itu, rendam perban atau exhaust wrap di dalam bak air supaya lebih lentur, mudah dibentuk, dan nggak memicu gatal-gatal saat tersentuh kulit. Kalau knalpot udah dibersihin dan perban udah direndam, mulai lilitkan perban sampai seluruh bagian knalpot tertutup. Lo juga bisa menarik bagian wrap-nya biar lilitan benar-benar kencang. Terakhir, ikat dengan klep biar rapi dan kuat. Biar hasilnya maksimal dan awet, exhaust wrap harus terikat kencang dan jangan ada bagian lilitan yang bertumpuk. Penggunaan exhaust wrap dengan lilitan bertumpuk bisa mengurangi efektifitas komponen tersebut. Sementara kalau nggak terikat kencang, exhaust wrap bisa dengan mudah terbuka dan rentan bergesekan dengan komponen lain atau permukaan jalan. Setelah dipasang, bukan berarti exhaust wrap cuma di biarin aja. Exhaust wrap juga perlu perawatan, yaitu harus dibersihkan dan diganti secara berkala buat mencegah panas berlebih dan masa pakai knalpot yang singkat. Pada kondisi tertentu, penggunaan exhaust wrap yang nggak dirawat juga bisa memicu pecahnya header knalpot. Apa Semua Knalpot Motor Custom Perlu Pakai Exhaust Wrap? Walaupun banyak digunakan pada motor custom, tapi biasanya itu untuk knalpot standar yang berbahan besi biasa. Sementara penggunaan exhaust wrap pada knalpot aftermarket nggak terlalu diperlukan. Hal ini karena bahan knalpot custom atau aftermarket kebanyakan udah pakai bahan stainless atau titanium, sehingga panas yang dihasilkan bahan tersebut nggak setinggi bahan besi biasa. Selain itu, dibandingkan knalpot standar yang pake besi biasa, proses pelepasan panas di knalpot aftermarket umumnya juga jauh lebih cepat. Kalaupun masih tetap pengen memasang exhaust wrap, fungsinya nggak lain cuma buat mendongkrak tampilan motor. Tertarik buat memasang perban atau exhaust wrap pada motor custom lo, Brads? Buat lo yang juga tertarik mendalami motor custom, lo bisa liat referensi dari hasil kolaborasi Suryanation Motorland bersama para builder terbaik di Indonesia di sini. Pastinya banyak banget yang bakal lo temuin di sana. Source: https://momotor.id/news/exhaust-wrap-knalpot-motor/ https://www.gridoto.com/read/223157616/terungkap-ini-alasan-knalpot-aftermarket-enggak-perlu-exhaust-wrap https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/23/170100015/fungsi-perban-knalpot-pada-motor-custom#google_vignette

alt
Tips

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

Bagi anak otomotif terutama penggemar motor, melakukan modifikasi pada motor kesayangan pastinya jadi hal yang sangat menyenangkan. Beberapa orang pasti pengen mengubah warna motornya biar lebih ganteng. Tapi nggak segampang itu, Brads, karena mengubah warna kendaraan bisa dikenakan tilang. Jangan khawatir, lo tetap bisa bikin motor lebih berwarna dan keren dengan modifikasi warna velgnya. Mengubah tampilan velg ini juga jadi salah satu jurus buat menambah nilai estetika motor lo dan biar tampil beda dengan yang lain. Modifikasi Warna Velg Motor Aman dari Tilang Kalau modifikasi warna motor dilarang, kira-kira modifikasi velgnya aja aman atau enggak, ya? Tenang aja, mengubah warna velg motor ini diperbolehkan kok, Brads, karena nggak melanggar aturan yang berlaku di Indonesia. Modifikasi yang nggak diperbolehkan itu mengubah warna motor secara keseluruhan, bentuk, dan plat kendaraan. Jadi jangan takut bakal ditilang di jalan, karena modifikasi ini cukup aman dilakukan dan dari fungsi velgnya pun masih tetap sama alias nggak berubah. Memilih Warna Velg Motor Sesuai Jenis Motor Pemilihan warna pasti jadi yang paling pertama yang lo pikirkan sebelum melakukan memodifikasi warna velg motor. Biasanya, sih, pemilik motor memilih warna sesuai dengan konsep yang pengen diusung. Buat lo yang belum pernah modifikasi velg motor pasti bingung buat nentuin warnanya, lo juga bisa memilih warna berdasarkan jenis motornya biar lebih sesuai dengan gaya motornya. Ini dia pilihan warnanya, Brads! 1. Motor Bebek Motor jenis ini udah cukup lama ada di Indonesia. Velg motor bebek memakai model jari-jari tampilan standar atau velg racing yang desainnya mungkin terlihat lebih ‘culun’ dari motor lainnya. Warna velg yang cocok buat motor bebek di antaranya adalah gold, silver, hitam, atau putih. Tapi, kalau lo pakai velg model racing, pilih yang seperti model palang 3, palang 5 atau model bintang biar nggak terlihat kaku. 2. Motor Matic Motor yang jadi andalan banyak orang nih, Brads buat beraktivitas sehari-hari. Motor matic biasanya udah pake model velg racing dari pabrikannya, tapi warnanya biasanya cuma hitam atau borenze aja. Kalau lo bosan dengan warna yang itu-itu aja, lo bisa bermain dengan banyak warna, karena motor matic sebenarnya bisa pakai warna apa aja. Buat tampilan yang lebih elegan, lo bisa pilih warna putih. Tapi warna merah, kuning, gold, juga banyak dipilih, kok! 3. Motor Sport Melakukan modifikasi velg motor sport nggak susah kok, Brads. Udah banyak juga merek aftermarket yang menyediakan desain velg yang keren. Lo bisa memilih warna velg buat motor sport ini sesuai dengan bodi motor atau tema modifikasi yang diusung. Biasanya, motor sport akan lebih terlihat keren dengan warna yang cerah, seperti merah, putih, biru, silver dan oranye. Jadi, gimana, Brads? Tertarik buat modifikasi velg motor? Modifikasi warna velg apalagi dengan warna yang mencolok pastinya cukup menarik perhatian dan bikin lo tampil berbeda dengan yang lainnya. Lebih puasnya lagi karena modifikasi ini aman dilakukan, jadi tetap aman dari tilang. Selain tentang modifikasi warna velg di atas, lo juga bisa dapetin informasi seputar modifikasi motor lainnya yang aman dari tilang dengan join di grup Facebook Suryanation Motorland Riders. Banyak banget insight dan tips menarik yang bisa lo dapatkan di sini, Brads. Buruan join! Source: https://www.carmudi.co.id/journal/modifikasi-warna-pelek-motor/ https://www.labviral.com/tech/596/13032023/ternyata-mengubah-warna-velg-motor-itu-diperbolehkan-loh

alt
Tips

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

Banyak orang taunya speedometer cuma buat melihat laju kecepatan motor, makanya banyak banget yang meremehkan kalau onderdil satu ini rusak atau mati. Padahal fungsinya nggak cuma itu aja, Brads. Dengan adanya speedometer, kita jadi bisa mengontrol laju kendaraan supaya sesuai dengan aturan lalu lintas yang berlaku. Speedometer yang nggak berfungsi alias mati ditandai dengan jarum atau angkanya yang nggak bergerak meskipun kendaraan lo sedang digunakan. Ini bikin lo jadi nggak tau seberapa cepat kendaraan lo melaju. Lebih bahayanya lagi bisa memicu terjadinya kecelakaan, karena bikin pengendara sulit mengendalikan kecepatannya. Speedometer mati nggak cuma menjangkit motor-motor tua aja, tapi ada penyebab lain yang bikin onderdil ini jadi nggak berfungsi. Ini dia penyebab lainnya, Brads! 1. Kabel speedometer putus Salah satu penyebab speedometer mati adalah adanya karena ada kabel yang putus. Kabel ini emang rentan putus apalagi kalau usia motor lo udah tua, karena kabel speedometer terbuat dari poros dengan diameter yang ukurannya cuma beberapa milimeter aja dan bahannya cukup lentur. 2. Gearbox rusak Laju kendaraan lo juga dipengaruhi oleh gearbox, Brads. Komponen ini berfungsi sebagai penyalur tenaga atau daya pada mesin ke bagian mesin lainnya sehingga menghasilkan pergerakan. Kerusakan pada gearbox juga berkaitan dengan fungsi speedometer. Banyak faktor yang bisa membuat gearbox rusak, di antaranya adalah pemasangan gearbox yang nggak pas, gearbox pecah, atau gigi di dalamnya yang sudah mengecil. 3. Sensor speedometer rusak Sensor speedometer berfungsi buat mendeteksi putaran roda dan mengirimkan sinyal ke speedometer buat mengukur kecepatan kendaraan. Kalau sensornya rusak, maka speedometer nggak bakal bisa menerima sinyal. Jadinya lo juga nggak bisa melihat kecepatan motor ataupun indikator lainnya dengan akurat. 4. Magnet rusak Di dalam speedometer terdapat magnet yang terletak di bagian head motor. Magnet ini yang akan menyalurkan putaran kawat supaya bisa menimbulkan Gaya Gerak Listrik (GGL). Nah, GGL inilah yang bikin jarum speedometer bergerak. Udah pasti kalau sambungan kawat dan magnetnya rusak, jarum jadi nggak bisa berputar dan menunjukkan kecepatan. 5. Sistem listrik bermasalah Speedometer yang nggak berfungsi bisa jadi karena adanya sistem kelistrikan yang konslet. Di dalam sistem listrik ini terdapat beberapa sekring di dekat terminal positif baterai. Sekring ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik, makanya kalau salah satu sekringnya rusak, semua komponen yang berhubungan dengan listrik juga jadi terhambat termasuk speedometer. Cara Merawat Speedometer Biar Nggak Gampang Mati Jangan lagi nyepelein onderdil ini, Brads, karena panel instrumen speedometer juga terdapat odometer buat mengetahui jarak tempuh sepeda motor. Yuk, rawat speedometer dengan cara ini biar kondisinya tetap oke. Rawat aki motor Cek kondisi aki motor lo secara berkala. Dengan rutin merawat aki, artinya lo juga harus mengecek arus listrik apakah masih dalam kondisi normal atau mulai menunjukkan gejala kerusakan. Aki yang sudah habis akan berpengaruh pada fungsi speedometer. Beberapa kasus menyebabkan sejumlah tombol di spidometer digital nggak bisa digunakan. Jangan parkir di bawah sinar matahari Sebisa mungkin jangan terlalu sering parkir motor di bawah sinar matahari, Brads, karena bisa bikin Filter Polarizer-nya rusak. Awal mula kerusakannya adalah buram, lalu lama kelamaan bakal redup dan blank. Kalau emang lo sering diparkir di tempat yang terbuka, mending panel speedometernya lo lapisi lagi pake kaca Film. Lo bisa pilih kaca Film yang kegelapannya 20-30 persen aja biar masih bisa melihat indikator speedometer dengan jelas. Ganti oli tepat waktu Jangan suka menunda-nunda ganti oli, Btads. Kalau terlambat, nggak cuma mempengaruhi kinerja kabel komponen, tapi bisa bikin motor lo secara keseluruhan cepat rusak. Nah, itu dia penjelasan mengenai penyebab speedometer lo rusak dan cara merawatnya. Yuk, jaga kondisi onderdil ini biar performa motor tetap optimal saat dipakai riding. Lo juga bisa dapetin insight dan tips bermanfaat lainnya seputar onderdil motor dengan join di grup Facebook Suryanation Motorland Riders, Brads. Source: https://www.hondacengkareng.com/faq/speedometer-motor-mati/ https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/rivera-jesica/4-penyebab-speedometer-motor-mati?page=all https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20220818111348-584-835974/4-penyebab-speedometer-tidak-berfungsi-dan-cara-mengatasinya https://otomotif.tempo.co/read/1619007/4-cara-merawat-speedometer-digital-pada-sepeda-motor https://oto.detik.com/tips-and-tricks-motor/d-6110169/cara-merawat-spidometer-digital-sepeda-motor-biar-nggak-gampang-rusak

ARSIP ARTIKEL

FILTER

KATEGORI ARTICLE

Semua Artikel

Merupakan pilihan dari kumpulan artikel Suryanation Motorland yang akan memberi kamu wawasan yang semakin luas

84 Artikel

URUTKAN

84 Artikel