alt
Tips

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

05 January 2024

Bagi anak otomotif terutama penggemar motor, melakukan modifikasi pada motor kesayangan pastinya jadi hal yang sangat menyenangkan. Beberapa orang pasti pengen mengubah warna motornya biar lebih ganteng. Tapi nggak segampang itu, Brads, karena mengubah warna kendaraan bisa dikenakan tilang.

Jangan khawatir, lo tetap bisa bikin motor lebih berwarna dan keren dengan modifikasi warna velgnya. Mengubah tampilan velg ini juga jadi salah satu jurus buat menambah nilai estetika motor lo dan biar tampil beda dengan yang lain. 

Modifikasi Warna Velg Motor Aman dari Tilang 

Kalau modifikasi warna motor dilarang, kira-kira modifikasi velgnya aja aman atau enggak, ya? Tenang aja, mengubah warna velg motor ini diperbolehkan kok, Brads, karena nggak melanggar aturan yang berlaku di Indonesia. Modifikasi yang nggak diperbolehkan itu mengubah warna motor secara keseluruhan, bentuk, dan plat kendaraan. Jadi jangan takut bakal ditilang di jalan, karena modifikasi ini cukup aman dilakukan dan dari fungsi velgnya pun masih tetap sama alias nggak berubah.

Memilih Warna Velg Motor Sesuai Jenis Motor

Pemilihan warna pasti jadi yang paling pertama yang lo pikirkan sebelum melakukan memodifikasi warna velg motor. Biasanya, sih, pemilik motor memilih warna sesuai dengan konsep yang pengen diusung. Buat lo yang belum pernah modifikasi velg motor pasti bingung buat nentuin warnanya, lo juga bisa memilih warna berdasarkan jenis motornya biar lebih sesuai dengan gaya motornya. Ini dia pilihan warnanya, Brads! 

1. Motor Bebek

Motor jenis ini udah cukup lama ada di Indonesia. Velg motor bebek memakai model jari-jari tampilan standar atau velg racing yang desainnya mungkin terlihat lebih ‘culun’ dari motor lainnya. Warna velg yang cocok buat motor bebek di antaranya adalah gold, silver, hitam, atau putih. Tapi, kalau lo pakai velg model racing, pilih yang seperti model palang 3, palang 5 atau model bintang biar nggak terlihat kaku. 

2. Motor Matic

Motor yang jadi andalan banyak orang nih, Brads buat beraktivitas sehari-hari. Motor matic biasanya udah pake model velg racing dari pabrikannya, tapi warnanya biasanya cuma hitam atau borenze aja. Kalau lo bosan dengan warna yang itu-itu aja, lo bisa bermain dengan banyak warna, karena motor matic sebenarnya bisa pakai warna apa aja. Buat tampilan yang lebih elegan, lo bisa pilih warna putih. Tapi warna merah, kuning, gold, juga banyak dipilih, kok!

3. Motor Sport

Melakukan modifikasi velg motor sport nggak susah kok, Brads. Udah banyak juga merek aftermarket yang menyediakan desain velg yang keren. Lo bisa memilih warna velg buat motor sport ini sesuai dengan bodi motor atau tema modifikasi yang diusung. Biasanya, motor sport akan lebih terlihat keren dengan warna yang cerah, seperti merah, putih, biru, silver dan oranye.

Jadi, gimana, Brads? Tertarik buat modifikasi velg motor?

Modifikasi warna velg apalagi dengan warna yang mencolok pastinya cukup menarik perhatian dan bikin lo tampil berbeda dengan yang lainnya. Lebih puasnya lagi karena modifikasi ini aman dilakukan, jadi tetap aman dari tilang. Selain tentang modifikasi warna velg di atas, lo juga bisa dapetin informasi seputar modifikasi motor lainnya yang aman dari tilang dengan join di grup Facebook Suryanation Motorland Riders. Banyak banget insight dan tips menarik yang bisa lo dapatkan di sini, Brads. Buruan join! 

Source:

https://www.carmudi.co.id/journal/modifikasi-warna-pelek-motor/

https://www.labviral.com/tech/596/13032023/ternyata-mengubah-warna-velg-motor-itu-diperbolehkan-loh

ARTIKEL TERKAIT

...

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

...

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

...

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

...

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

...

Alasan Lo Harus Touring bareng Komunitas Motor Custom

...

Custom dari Motor Matic. Emang Bisa?