alt
Tips

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

04 January 2024

Banyak orang taunya speedometer cuma buat melihat laju kecepatan motor, makanya banyak banget yang meremehkan kalau onderdil satu ini rusak atau mati. Padahal fungsinya nggak cuma itu aja, Brads. Dengan adanya speedometer, kita jadi bisa mengontrol laju kendaraan supaya sesuai dengan aturan lalu lintas yang berlaku.

Speedometer yang nggak berfungsi alias mati ditandai dengan jarum atau angkanya yang nggak bergerak meskipun kendaraan lo sedang digunakan. Ini bikin lo jadi nggak tau seberapa cepat kendaraan lo melaju. Lebih bahayanya lagi bisa memicu terjadinya kecelakaan, karena bikin pengendara sulit mengendalikan kecepatannya.

Speedometer mati nggak cuma menjangkit motor-motor tua aja, tapi ada penyebab lain yang bikin onderdil ini jadi nggak berfungsi. Ini dia penyebab lainnya, Brads! 

1. Kabel speedometer putus

Salah satu penyebab speedometer mati adalah adanya karena ada kabel yang putus. Kabel ini emang rentan putus apalagi kalau usia motor lo udah tua, karena kabel speedometer terbuat dari poros dengan diameter yang ukurannya cuma beberapa milimeter aja dan bahannya cukup lentur. 

2. Gearbox rusak

Laju kendaraan lo juga dipengaruhi oleh gearbox, Brads. Komponen ini berfungsi sebagai penyalur tenaga atau daya pada mesin ke bagian mesin lainnya sehingga menghasilkan pergerakan. Kerusakan pada gearbox juga berkaitan dengan fungsi speedometer. Banyak faktor yang bisa membuat gearbox rusak, di antaranya adalah pemasangan gearbox yang nggak pas, gearbox pecah, atau gigi di dalamnya yang sudah mengecil. 

3. Sensor speedometer rusak

Sensor speedometer berfungsi buat mendeteksi putaran roda dan mengirimkan sinyal ke speedometer buat mengukur kecepatan kendaraan. Kalau sensornya rusak, maka speedometer nggak bakal bisa menerima sinyal. Jadinya lo juga nggak bisa melihat kecepatan motor ataupun indikator lainnya dengan akurat.

4. Magnet rusak

Di dalam speedometer terdapat magnet yang terletak di bagian head motor. Magnet ini yang akan menyalurkan putaran kawat supaya bisa menimbulkan Gaya Gerak Listrik (GGL). Nah, GGL inilah yang bikin jarum speedometer bergerak. Udah pasti kalau sambungan kawat dan magnetnya rusak, jarum jadi nggak bisa berputar dan menunjukkan kecepatan. 

5. Sistem listrik bermasalah

Speedometer yang nggak berfungsi bisa jadi karena adanya sistem kelistrikan yang konslet. Di dalam sistem listrik ini terdapat beberapa sekring di dekat terminal positif baterai. Sekring ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik, makanya kalau salah satu sekringnya rusak, semua komponen yang berhubungan dengan listrik juga jadi terhambat termasuk speedometer. 

 

Cara Merawat Speedometer Biar Nggak Gampang Mati

Jangan lagi nyepelein onderdil ini, Brads, karena panel instrumen speedometer juga terdapat odometer buat mengetahui jarak tempuh sepeda motor. Yuk, rawat speedometer dengan cara ini biar kondisinya tetap oke.

  • Rawat aki motor

Cek kondisi aki motor lo secara berkala. Dengan rutin merawat aki, artinya lo juga  harus mengecek arus listrik apakah masih dalam kondisi normal atau mulai menunjukkan gejala kerusakan. Aki yang sudah habis akan berpengaruh pada fungsi speedometer. Beberapa kasus menyebabkan sejumlah tombol di spidometer digital nggak bisa digunakan.

  • Jangan parkir di bawah sinar matahari

Sebisa mungkin jangan terlalu sering parkir motor di bawah sinar matahari, Brads, karena bisa bikin Filter Polarizer-nya rusak. Awal mula kerusakannya adalah buram, lalu lama kelamaan bakal redup dan blank.  Kalau emang lo sering diparkir di tempat yang terbuka, mending panel speedometernya lo lapisi lagi pake kaca Film. Lo bisa pilih kaca Film yang kegelapannya 20-30 persen aja biar masih bisa melihat indikator speedometer dengan jelas. 

  • Ganti oli tepat waktu

Jangan suka menunda-nunda ganti oli, Btads. Kalau terlambat, nggak cuma mempengaruhi kinerja kabel komponen, tapi bisa bikin motor lo secara keseluruhan cepat rusak.

Nah, itu dia penjelasan mengenai penyebab speedometer lo rusak dan cara merawatnya. Yuk, jaga kondisi onderdil ini biar performa motor tetap optimal saat dipakai riding. Lo juga bisa dapetin insight dan tips bermanfaat lainnya seputar onderdil motor dengan join di grup Facebook Suryanation Motorland Riders, Brads. 

 

Source:

https://www.hondacengkareng.com/faq/speedometer-motor-mati/

https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/rivera-jesica/4-penyebab-speedometer-motor-mati?page=all

https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20220818111348-584-835974/4-penyebab-speedometer-tidak-berfungsi-dan-cara-mengatasinya 

https://otomotif.tempo.co/read/1619007/4-cara-merawat-speedometer-digital-pada-sepeda-motor 

https://oto.detik.com/tips-and-tricks-motor/d-6110169/cara-merawat-spidometer-digital-sepeda-motor-biar-nggak-gampang-rusak

ARTIKEL TERKAIT

...

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

...

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

...

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

...

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

...

Alasan Lo Harus Touring bareng Komunitas Motor Custom

...

Custom dari Motor Matic. Emang Bisa?