alt
Tips

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

07 January 2024

Brads, berencana touring ke tempat yang jalurnya rusak alias off-road?

Buat motor trail, sport atau adventure, sih, nggak jadi masalah, ya. Tapi gimana dengan pengguna motor matic?

Kondisi jalan yang rusak parah dan banyak bebatuan memang bisa jadi kendala buat motor matic, jadi motor pun nggak bisa selincah motor kopling yang tinggal menutup dan buka gas secara simultan. Sebagai pengendara motor matic yang hobi touring atau mencoba buat mulai touring ke berbagai tempat, pastinya butuh teknik dasar berkendara biar bisa melintasi kondisi jalan yang rusak dengan aman. 

Ini dia beberapa teknik yang perlu lo pahami buat dipersiapkan sebelum touring, Brads:

1. Cara atur gas

Brads, respon mesin motor matic lebih lambat dibandingkan motor kopling, karena pada motor sport atau kopling terasa lebih responsif. Jika tuas gas mendadak terbuka secara nggak sengaja, maka gerakan motor juga sontak bisa berubah. Sedangkan motor matic ini kurang cocok digunakan dengan cara buka tutup gas, karena kalau gas dibuka, motor akan jalan karena kopling ganda terbuka. Sebaiknya lo coba atur gasnya sekaligus biar nggak terpengaruh ayunan badan motor. 

2. Atur kecepatan

Teknik dasar yang nggak kalah penting adalah mengatur kecepatan laju motor sesuai kondisi jalan biar tetap seimbang dan nggak tergelincir. Pastikan lo dalam kecepatan yang sesuai ketika melewati jalan rusak buat mengurangi guncangan yang diterima oleh motor dan badan. Gunakan kecepatan rendah dan selalu melihat speedometer buat menjaga kecepatan kendaraan supaya tetap dalam batas kecepatan wajar.

Perlu diingat juga kalau kalau guncangan yang diterima terlalu besar, kemungkinan terjadinya kecelakaan makin besar. Pastikan juga kendali stang lebih kuat supaya motor matic lo bisa terkendali dengan baik ketika melewati jalan yang rusak ini. 

3. Penggunaan rem

Saat melewati kondisi jalan yang rusak, sebaiknya jangan menggunakan rem depan. Gunakan rem belakang buat mengurangi resiko low slide atau tergelincir saat sedang bermanuver di jalan berbatu atau berpasir.

4. Angkat badan

Mengangkat badan bertujuan buat mencegah goncangan dari motor karena jalanan yang nggak rata serta biar konsentrasi lo nggak terganggu. Saat berdiri, beban tubuh harus bertumpu pada lutut (telapak kaki di footstep atau floor step) dan gunakan lutut sebagai lengan ayun atau peredam guncangan dari kendaraan. Kemudian, pastiin seluruh jemari lo memegang stang biar lebih mudah juga dalam meraih tuas-tuas.

5. Gunakan riding gear lengkap

Brads, jangan lupa gunakan riding gear yang lengkap dan aman buat mengurangi resiko cedera ketika mengalami kecelakaan. Pastiin lo pake helm yang udah SNI, jaket, dan, sarung tangan, sepatu, sampai masker. 

Kontur jalan di Indonesia emang macem-macem, nggak semuanya mulus, bahkan ada yang rusak dan berlubang. Makanya lo perlu persiapan ekstra sebelum riding dengan motor matic kesayangan biar tetap aman dan selamat sampai tujuan. 

Selain tips di atas, sikap tenang juga sangat diperlukan saat berkendara terutama di jalan yang rusak ini. Selain itu, selalu arahkan pandangan ke depan, jangan menunduk apalagi tengok kanan-kiri, biar lo tetap fokus memperhatikan permukaan jalan yang bakal dilalui.

Jadi, udah siap touring pakai motor matic kesayangan?  Buat lo yang mau touring bareng-bareng anak komunitas, lo bisa gabung ke komunitas Suryanation Motorland, Brads. Langsung aja join grup Facebook Suryanation Motorland Riders di sini. Banyak banget informasi menarik seputar motor dan acara-acara seru yang bakal lo dapetin. Yuk, gabung!

 

Source:

https://www.liputan6.com/otomotif/read/5069455/temui-jalan-rusak-bebatuan-saat-touring-pakai-skutik-begini-cara-aman-menghadapinya?page=2

https://www.medcom.id/otomotif/tips-otomotif/Dkq4r04b-trik-melewati-jalan-rusak-pemotor-wajib-coba-cara-ini

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/09/124200115/begini-cara-aman-mengendarai-motor-lewat-jalan-rusak

ARTIKEL TERKAIT

...

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

...

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

...

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

...

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

...

Alasan Lo Harus Touring bareng Komunitas Motor Custom

...

Custom dari Motor Matic. Emang Bisa?