alt
Tips

Custom dari Motor Matic. Emang Bisa?

20 December 2023

Bagi para pemula, pasti mengira kalau motor custom itu basisnya cuma dari motor sport, kopling, atau motor bebek aja? Jangan salah, motor matic yang biasa digunakan sehari-hari juga bisa di-custom sesuai keinginan lo, Brads!

Pada dasarnya, semua motor standar dari pabrikan bisa di-custom, asalkan konsepnya jelas. Bahkan menurut salah satu builder, motor matic cukup mudah dirombak untuk dijadikan bahan motor custom. Tapi memang ada tantangan tersendiri saat melakukan custom motor dari matic ini.

Beberapa tantangannya ada pada bagian rangkanya, karena sebagian besar dirombak total, terutama rangka belakang. Selain itu, motor matic yang mempunyai banyak cover body dianggap jadi kesulitan tersendiri bagi beberapa builder, karena di dalam cover body ini tersimpan banyak part-part yang penting, seperti kabel kelistrikan. Sehingga, untuk melindungi part petting tersebut perlu effort lebih untuk membuat cover body custom. Makanya, untuk membangun motor custom dari matic ini bisa membutuhkan waktu yang lumayan lama. 

Buat yang bertanya-tanya motor matic bisa di-custom jadi apa aja, ini dia beberapa contohnya, Brads!

1. Cafe Racer

Motor matic diubah bentuk ke aliran cafe racer contohnya adalah Honda Scoopy dan Yamaha Mio. 

Konsep Honda Scoopy sendiri adalah cafe racer mini dengan proporsi yang pas. Custom ini pun terbilang cukup effort, seperti frame yang dibuat khusus, shock bagian depan dan belakang yang diganti dengan aftermarket, serta ban yang tadinya menggunakan ring 14 diubah jadi ring 12.

Untuk Yahama Mio sendiri, aura cafe racer terlihat di stangnya yang custom, speedometer analog aftermarket dan saklar biar area kokpit terlihat berisi, bagian jok  yang dibuat single seat berbahan kulit sintetis berwarna cokelat dan bagian belakangnya disematkan buntut tawon khas  cafe racer. Buat bagian depannya dipasang headlamp daymaker 7 inci dengan cover berbahan pelat galvanis 1 mm.

2. Chopper

Motor chopper identik menggunakan bahan dari motor kopling atau motor 4 tak dengan kapasitas mesin besar. Siapa yang menyangka kalau motor matic seperti Honda PCX160 bisa dicustom dengan gaya chopper? Motor custom Honda PCX 160 ipunya tampilan yang berubah total. Bentuknya terlihat gagah dan classy dengan aksen warna coklat dan emas, kaki depan menggunakan ring 17, lebar 3,5 inch dibalut ban ukuran 400 dan kaki belakangnya menggunakan velg ukuran yang sama dengan lebar 4 inch dan dibalut dengan ban ukuran 450. Di bagian framenya, motor ini menggunakan sasis dengan material besi ukuran 7/8 inch dengan jok yang menggunakan single seater layaknya chopper ala Amerika pada umumnya.

Saat ini, tren motor custom makin menjamur di kalangan pecinta otomotif. Tujuannya biar terlihat lebih gahar dan sangat di jalan. Namun, lo juga bisa tampil menawan dan keren dengan menggunakan motor custom dari bahan matic. 

Sejumlah part-part motor matic pun diubah biar tampilannya lebih ganteng sesuai karakter personal pemiliknya.

Buat lo yang tertarik melakukan custom motor dari matic, 2 aliran di atas bisa jadi referensi yang keren abis, Brads. Bahkan ke depannya, custom dari basic matic ini bisa makin ramai, karena beberapa bengkel custom udah mulai menggarapnya.

Biar referensi lo makin banyak, lo juga bisa kunjungi Suryanation Iconic Bike, Brads. Di sini lo bisa dapetin inspirasi motor custom dan motor-motor unik lainnya hasil kolaborasi Suryanation Motorland yang dibangun oleh para builder terbaik di Indonesia. 

Source:

https://www.motorplus-online.com/read/253612084/bangun-motor-custom-basis-motor-matic-bisa-enggak-sih-builder-kasih-jawaban?page=2

https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/budi-2/5-aliran-custom-ini-cocok-buat-kamu-terapkan-di-motor-matic-keren-c1c2 

https://www.gridoto.com/read/222136967/mau-custom-skutik-bergaya-cafe-racer-siapkan-dana-segini-sob 

https://www.gridoto.com/read/222137741/yamaha-mio-jadi-cafe-racer-desain-keren-dan-nyaman-buat-harian?page=all

https://malang.jatimnetwork.com/otomotif/pr-3795518416/gokil-motor-matik-honda-pcx-160-dicustom-jadi-chopper-intip-ubahannya

ARTIKEL TERKAIT

...

Tips Bikin Nama Keren Buat Komunitas Motor Custom Lo!

...

Touring dengan Motor Matic Lewat Jalur Rusak? Persiapin Ini, Brads!

...

Pemula Harus Tau, Ini Fungsi Perban pada Motor Custom

...

Mau Modifikasi Warna Motor yang Aman dari Tilang? Coba Velg-nya Aja!

...

Speedometer Motor Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Onderdil Ini!

...

Alasan Lo Harus Touring bareng Komunitas Motor Custom