Check Hal-hal Yang Bakal Bikin Sunmori Kamu Makin Seru dan Aman

Check Hal-hal Yang Bakal
Bikin Sunmori Kamu Makin Seru dan Aman

05 February 2021

 

Akhir pekan memang waktu yang cocok untuk menyegarkan badan dan pikiran dari padatnya kesibukan saat weekday Brads! Biasanya kita pasti sudah menjadwalkan satu hari antara Sabtu atau Minggu untuk pergi sunmori bersama teman-teman. Nah sebelum pergi coba liat lagi sunmori check-nya sudah terpenuhi atau belum Brads? Biar makin fun dan aman saat di jalan.

 

Kegiatan sunmori di pagi hari saat akhir pekan itu memang paling cocok buat komunitas motor untuk kumpul-kumpul. Selain jadi ajang silaturahmi, sunmori juga bisa dijadikan momen pelepas lelah dan penat selama hari kerja. Entah rute keliling kota atau sedikit jauh seperti ke daerah pegunungan tetap cocok kok. Beres riding diteruskan dengan makan atau ngopi bareng pasti makin seru.

 

Nah,, demi kelancaran dan kenyamanan saat sunmori, Brads wajib perhatikan dulu beberapa hal yang wajib diikuti. Seperti persiapan sebelum riding serta rute yang akan dilewati nanti.

 

Tips agar Sunmori Tetap Kondusif, Terutama di Masa Pandemi

 

Meski vaksin sudah keluar, Brads masih harus berhati-hati kalau beraktivitas di luar rumah. Terlebih yang melibatkan banyak orang seperti sunmori. Agar tetap aman tapi fun Brad perlu siapkan beberapa hal sebelum melakukan perjalanan.

 

1. Pastikan Badan Sehat

Sebelum jalan, Brads wajib mengecek dulu kondisi badan sendiri, kalau badan terasa kurang sehat lebih baik tetap di rumah saja. Soalnya kondisi imun sedang menurun yang beresiko lebih mudah terpapar virus atau bakteri dari luar sana.


2. Patuhi Protokol Kesehatan

Buat yang ini gak boleh banget untuk dilanggar, soalnya protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak jadi jalan utama kita terhindari dari Covid-19. Brad gak boleh khilaf dan lupa prokes ketika lagi rame-ramenya berkumpul sama teman-teman.


3. Siapkan Safety Gear

Nah yang ini juga sama pentingnya, safety gear seperti helm, jaket, sepatu dan jas hujan gak boleh absen dari motor. Apalagi ketika musim hujan, resiko di jalan nanti akan lebih besar.


4. Cek Kondisi Motor

Kadang saking sudah gak sabarnya kita untuk jalan, sering kelupaan untuk memeriksa kondisi motor. Walaupun jarak yang ditempuh relatif dekat dan menengah kondisi motor seperti tekanan angin ban, CVT serta oli dan busi jangan lupa diperiksa Brads. Kalau ada masalah nanti bisa kerepotan di jalan.


5. Tertib di Perjalanan

Nah tetap yang terpenting adalah mengikuti dan mematuhi peraturan lalu lintas saat sedang konvoi bersama teman-teman. Jangan sampai Brads mendominasi jalanan, karena bukan hanya kita yang menggunakannya.

 

Kalau tips sunmori di atas sudah diikuti, sekarang saatnya Brad menentukan pilihan rute yang akan ditempuh. Kalau ini Brads bisa tentukan sesuai keinginan bareng teman-teman.

 

Beberapa Rute Seru untuk Sunmori

 

Salah satu poin utama dari sunmori check adalah pilihan rute yang ingin ditempuh. Sunday morning ride itu lebih menekankan kepada rekreasi dan menikmati perjalanan Brad, jadi lebih baik mengambil pilihan rute yang dekat hingga menengah. Terus juga yang punya pemandangan indah di sekitarnya.

 

1. Pegunungan

Buat rute pegunungan Brads pasti sudah sering dong menempuhnya di minggu pagi. Nah rute seperti Puncak, Lembang dan dataran tinggi lainnya itu memang cocok buat refreshing. Selain udara yang sejuk mata kita juga disuguhi segarnya pemandangan alam. Tapi Brad perlu kewaspadaan ekstra kalau belum kenal medan, soalnya jalan di pegunungan cenderung berkelok dan naik turun.

 

Buat Brads yang berdomisili di Jabodetabek bisa mengunjungi daerah Puncak via Sentul dan Bukit Pelangi untuk merasakan suasana pegunungan. Kalian yang tinggal di daerah Sumbar bisa mengunjungi, wisata alam Bukit Lawang di Kabupaten Agam.

 

Anak motor Surabaya bisa menempuh city riding dahulu, setelah itu bisa menuju ke arah area wisata Bukit Pacet, Mojokerto. Perjalanan ini kurang lebih akan menempuh waktu tiga jam dengan jarak 77 kilometer.

 

2. Pesisir

Nah buat yang ini sih emang cocok banget, menikmati suara debur ombak dan angin sepoi-sepoi di pesisir pantai. Kontur jalannya pun relatif datar sehingga membuat Brad lebih menikmati suasana di sekitar.

 

Rute seperti ini lebih mudah dicapai kalau Brads memang tinggal di wilayah yang dekat dengan pantai. Misalnya kalian yang berada di Bali tentu bisa menuju Pantai Pandawa atau Pantai Kuta. Atau buat yang tinggal di kawasan Barat Pulau Jawa bisa menelusuri garis pantai Anyer sampai Carita.

 

3. Jalan Protokol Ibukota

Buat Brads yang ingin jarak pendek gak ada salahnya kok menikmati suasana hutan beton ibukota di Minggu pagi. Kapan lagi daerah yang biasanya padat dan ramai menjadi sepi dan bisa dilewati dengan tenang. Pemandangan gedung-gedung pencakar langit juga gak kalah cantik sama rute pegunungan dan pesisir.

 

Salah satu rute yang sering dipakai adalah melewati kawasan Mega Kuningan, lalu menyusuri Jalan Sudirman hingga Bundaran HI dan menutupnya dengan kopdar kecil-kecilan di kafe atau tempat makan favorit.

 

Sudah siap kan Brad buat sunmori di akhir pekan ini? Ingat selalu sunmori checki agar perjalanan tetap aman dan fun. Jangan lupakan juga protokol kesehatan karena virus Covid-19 masih ada di luar sana.