alt
Tips

Pilih Ban Custom yang Tepat dengan Aliran Modifikasi Lo

20 September 2022

Brad membangun motor custom yang proper butuh perencanaan yang sangat matang. Selain budgeting yang harus sesuai, daftar suku cadang yang ingin dipasang juga harus sesuai sama aliran yang dipilih. Termasuk juga dengan ban custom, jangan sampai asal memilih. Soalnya penggunaan ban yang cocok dan sesuai dengan aliran motor bisa mempertegas aksen dari motor yang Brad bangun.

Penggunaan ban motor sebaiknya memang sesuai dengan aliran custom yang dipilih biar motor terkesan gak keluar jalur atau asal bangun. Tetapi Brads walaupun memilih ban yang sekiranya satu aliran, perlu juga perimbangan lebih jauh soal corak, alur dan lebar tapak ban.

Sebaiknya sebelum memutuskan membeli ban custom Brad pelajari dulu jenis-jenis ban buat motor custom yang ada di pasaran. Biar gak ada lagi tuh istilah salah beli.

 

Tren Custom dan Ban Pilihannya

Tren motor custom di masyarakat memang sedang digandrungi sekali. Brad bisa melihat tiap Sunmori setidaknya ada satu, dua motor yang dikustomisasi sedang asyik riding. Biasanya motor yang sudah beredar itu, pasti menggunakan ban khusus yang sesuai dengan aliran masing-masing.

Saat pemilihan ban custom untuk motor Brad perlu memperhatikan beberapa hal biar gak salah beli. Pertama yang perlu diperhatikan adalah ulir ban yang akan dipilih. Bentuk kembangan motor yang beragam itu untuk memenuhi kebutuhan bikers.

Lalu perhatikan juga ukuran ban yang akan dipilih, kalau Brad masih menggunakan pelek bawaan motor lebih baik menaikkan ukuran ban hanya dua tingkat. Soalnya, kalau tidak mengikuti lebih dari itu ban motor bisa bersentuhan dengan suspensi dan juga spakbor.

 

Macam-macam Jenis Ban Custom

Brads di pasaran jenis ban yang dijual itu beragam, mulai dari ukuran, desain alur hingga pola kembangan. Akibatnya beberapa dari kita mungkin merasa bingung untuk memilih karena opsi yang bertebaran, bahkan untuk ukuran ban sudah biasa nempel di motor kita.

Apalagi ban custom, perlu jenis ban yang sesuai bentuknya agar masuk dengan pakem aliran custom yang dipilih. Untuk itu Brad bisa baca nih tiga merk ban motor yang jadi favorit builder saat membangun motor custom.

1. Firestone

Ban buatan Taiwan ini sangat proper untuk dipasangkan dengan motor chopper. Karakter ban ini, biasanya memiliki dinding ban lebih tinggi dari yang umumnya beredar di pasaran. Selain itu tulisan FIRESTONE berkelir putih yang bisa ditambahkan white wall bisa menambah kesan klasik pada motor. Bukan Cuma itu pola ulir di tapak ban juga lebih sederhana desainnya, pilihan ulir ada garis lurus atau zig-zag di permukaan ban. Brad bisa memilih tipe Deluxe Champion, Coker Diamond Tread dan Ribbed Dirt Track.

2. Shinko

Kalau yang satu ini juga jadi salah satu pilihan pertama buat builder. Harga yang relatif terjangkau serta kualitasnya yang bagus menjadi alasan ban ini banyak dipilih. Untuk motor custom beraliran café racer, street tracker, bobber dan lain-lain biasanya menggunakan ban ini. Buat kalian yang memilih aliran dua alam seperti tracker atau scrambler memang paling cocok menggunakan ban jenis ini. Buat dua aliran tersebut biasanya menggunakan ukuran 120-17, 150-17 dan tersedia pilihan hingga ukuran velg 19 inci.

3. Avon

Buat penggunaan ban jenis ini biasanya digunakan di motor-motor besar macam Harley-Davidson. Ban jenis ini sendiri tersedia beberapa tipe seperti Avon Speedmaster, MK-II, Roadrunner dan Roadrider. Variannya sendiri tersedia dari lingkar 16 hingga 21 inch. Aliran motor yang cocok dengan ban custom ini yaitu, yang berkonsep bobber atau chopper.

 

Peringatan untuk Tetap Menjaga Keamanan Ban

Walaupun ban sudah diganti dengan yang proper Brad gak boleh khilaf soal keamanannya. Jangan sampai mengganti ban hanya dengan tujuan estetika saja tapi tidak memperhatikan sisi keselamatan yang lebih penting dan utama.

Kalau ban yang digunakan tidak sesuai dan asal pilih handling motor pasti akan terdampak langsung. Pengendalian motor bisa terasa lebih kaku dan melawan daripada sebelumnya dan beresiko merusak kaki-kaki kalau tidak diubah. Selain itu sisi kenyamanan pun akan terganggu dengan bantingan motor yang lebih keras dari sebelumnya.

Berikutnya tarikan motor pun akan terasa lebih berat kalau ukuran ban naik terlalu tinggi. Pabrikan sudah menghitung dengan pasti tenaga yang keluar dengan beban kendaraan. kalau ban naik tapi mesin tidak dioprek, tentu akan membutuhkan kerja lebih berat dari mesin untuk menggerakkan motor.

 

Brads setelah baca ini mengganti ban custom pasti akan terasa lebih mudah. Yang terpenting jangan sampai perubahan yang dilakukan malah jadi membahayakan.

ARTIKEL TERKAIT

...

Awas Kena Tilang! Hindari Modifikasi Motor yang Dilarang Ini!

...

Mau makin keren? Saatnya Belajar Freestyle Motor bareng Komunitasmu

...

Check Hal-hal Yang Bakal Bikin Sunmori Kamu Makin Seru dan Aman

...

Jangan Ngaku Bikers Kalo Belum Nonton Film-Film Ini

...

Pasang Skid Plate Untuk Motor Dual Purpose

...

Tips Fotografi Motor Untuk Konten Media Sosialmu